[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 25 Menit 48 Detik 

Kenali Teknik Analisis Data dan Kegunaanya Bagi Industri

Belajar Data Science di Rumah 17-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b97318c82e1a6270000984c2cded86fa_x_Thumbnail800.jpg

Apa itu teknik analisis data? Pasti kita sering mendengar atau membaca pertanyaan tersebut. Well pada dasarnya, teknik analisis data adalah serangkaian proses menggunakan metode dan tools tertentu untuk mengolah data dan mendapatkan informasi yang berguna untuk tujuan tertentu. Saat ini, dunia terus berkembang, termasuk dunia analisis data yang terus menghasilkan metode-metode baru yang lebih efektif dan tepat sasaran untuk suatu kebutuhan. Di era modern seperti saat ini, produksi data terus meningkat, bahkan peningkatannya sudah membentuk model eksponensial yang artinya sangat naik drastis. 


Produksi data yang sangat tinggi ini belum dibarengi dengan pemanfaatannya. Dari total data yang diproduksi dunia, data yang berhasil dianalisis masih kurang dari 10%. Hal ini yang menyebabkan peluang pemanfaatan teknik analisis data untuk berbagai tujuan masih terus digali agar pemanfaatan data lebih optimal, salah satunya dengan cara mengembangkan berbagai metode analisis data baru. Pemanfaatan teknik analisis data cukup menjadi concern bagi pekerja di dunia data. Hal ini karena hasil dari analisis data memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat hasil analisis data? Yuk kita bahas bersama!


1. Pahami Lebih Dalam Teknik Analisis Data

Sebelum membahas manfaat dari hasil analisis data, mari kita ulas secara singkat apa yang dimaksud dengan teknik analisis data. Teknik data analisis adalah proses mengumpulkan, membangun model, menganalisis data untuk mengekstrak insight yang mendukung proses decision making. Ada beberapa metode dan teknik untuk menganalisis data, tergantung dari industri dan tujuannya. Selain itu, tools yang digunakan juga beragam, mulai tools untuk data biasa hingga big data. 


Baca juga : 4 Cara Implementasi Teknik Analisis Data untuk Bangun Insight 


2. Menginformasikan Decision Making

Dari perspektif manajemen, manfaat dari analisis data adalah membantu kita membuat keputusan berdasarkan fakta dengan intuisi sederhana. Misalnya, kita bisa memahami tempat yang tepat untuk berinvestasi, mendeteksi peluang, memprediksi income, atau menghalau situasi yang tidak bisa sebelum terjadi dan menyebabkan masalah yang serius. Selain itu, kita juga bisa memperoleh insight yang relevan dari semua aspek pada perusahaan.

Teknik Analisis Data


3. Mengurangi Biaya

Manfaat analisis data yang kedua adalah bisa mengurangi biaya. Dengan bantuan teknologi yang baik seperti analisis prediktif, perusahaan bisa mendapatkan peluang untuk berkembang, trends, dan pattern dalam data dan rencana mereka agar strategi yang dibangun tepat sasaran. Secara bersamaan, hasilnya dapat digunakan untuk mengurangi pengeluaran dan sumber daya karena tidak perlu diimplementasikan pada strategi yang salah. Selain itu, di bidang supply chain, analisis data juga bisa digunakan untuk memprediksi situasi yang tidak disangka-sangka yang membutuhkan biaya besar.


4. Customer Targeting yang Lebih Baik

Customer merupakan elemen paling krusial dalam bisnis. Dengan analisis data kita bisa mendapatkan perspektif dari semua aspek yang berhubungan dengan customer. Kita bisa memahami channel mana yang customer gunakan untuk berkomunikasi dengan kita, demografis customer, interestnya, perilaku, dan lain sebagainya. Dalam jangka panjang, hal ini akan mendorong kesuksesan strategi marketing, membantu kita mengidentifikasi customer yang potensial, dan mencegah sumber daya terbuang. Kita juga bisa menganalisis kepuasan pelanggan dengan menganalisis review yang ditinggalkan oleh customer.

Teknik Analisis Data


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Teknik Analisis Data bersama DQLab

Tertarik belajar analisis data tapi bingung mulai dari mana? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Klik button di bawah ini atau kunjungi DQLab.id untuk mengakses modul gratis ‘Introduce to Data Science’ menggunakan R dan Python serta ebook yang bisa diakses free 24 jam sebagai langkah awal mengenal analisis data. Selamat belajar Sahabat DQ!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!