BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 5 Menit 40 Detik 

Kenali Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d1bea4735c8d8dbf2a67ec0e52a14ac9_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan hal yang berperan penting terhadap hasil analisis data yang kamu lakukan. Memilih teknik analisis data yang tepat sama hal nya dengan memilih teknik ketika akan memasak bahan makanan mentah. Enak atau tidaknya makanan yang kamu masak tentu akan sangat bergantung dari teknik yang digunakan. Begitupun hasil analisis data, akurat atau tidaknya hasil analisis data ternyata akan dipengaruhi oleh teknik yang digunakan. Begitu juga dengan kesesuaian hasil analisa.

Teknik analisis data tentu sangatlah beragam, hal ini disesuaikan dengan keragaman jenis data yang ada. Tidak semua jenis data bisa dianalisis menggunakan teknik yang sama. Oleh karena itulah, praktisi data haruslah peka dan bisa memutuskan dengan baik. Teknik pengolahan data jika dilihat dari bentuk datanya, bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu teknik kualitatif untuk data yang tidak memuat angka, serta teknik kuantitatif untuk data yang memang berisi angka. Nah tapi bagaimana jika metode yang digunakan ini adalah Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif? Wah, metode apa tuh, namanya panjang banget? Nah, agar tidak bingung lagi, yuk kita kenalan dengan metode ini!


1. Apa itu Analisis Deskriptif?

Teknik Analisis Data

Analisis Deskriptif merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk menganalisis data. Seperti namanya, deskriptif yang berarti penggambaran lengkap mengenai data dengan cara mendeskripsikannya. Analisis ini merupakan analisis tahap pertama dan paling sederhana yang digunakan untuk mengenal data yang ada lebih lanjut. Dari sinilah kemudian kita bisa memastikan apakah data yang digunakan tersebut cukup dianalisis dengan menggunakan teknik ini atau harus lanjut ke teknik inferensial atau teknik lainnya. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai masalah atau fenomena yang sedang dijadikan masalah.


Baca juga : 4 Tahapan Teknik Analisis Data untuk Implementasinya


2. Apa itu Analisis Kualitatif?

Teknik Analisis Data

Analisis kualitatif merupakan analisis yang bisa dilakukan untuk data yang berbentuk kualitatif juga. Apa sih data kualitatif itu? Jadi, data kualitatif merupakan data yang berbentuk non angka serta sangat sulit untuk diubah menjadi bentuk angka. Data kualitatif ini umumnya berisi data-data yang lebih menekankan pada kualitas dibandingkan kuantitasnya. Semakin dalam penjelasan yang didapat dari narasumber, maka akan semakin bagus data tersebut. Karena datanya berbentuk non angka, dalam penelitian ini akan sangat berhubungan dengan data deskriptif dari orang-orang atau perilaku yang diamati.


3. Kenalan dengan Analisis Deskriptif Kualitatif 

Teknik Analisis Data

Analisis Deskriptif Kualitatif merupakan teknik analisis data yang mengkombinasikan analisis deskriptif dengan analisis kualitatif. Dimana pada metode ini kita akan mendeskripsikan fenomena yang terjadi secara ilmiah maupun secara natural. Penelitian ini akan lebih menekankan pada karakteristik, kualitas, serta keterkaitan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya. Sehingga sikap, pertentangan, hubungan, serta pandangan yang terjadi antar responden menjadi beberapa faktor yang membuat teknik ini akan menggambarkan kondisi yang sebenarnya tanpa harus melakukan manipulasi pada variabelnya.


4. Contoh Analisis Deskriptif Kualitatif

Teknik Analisis Data

Jika kita sudah membahas satu persatu mengenai analisis deskriptif kualitatif, maka di poin ini kita akan membahas tentang contohnya. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk kualitatif dengan cara mendeskripsikannya adalah Word Cloud. Teknik analisis ini sering ditemukan untuk analisis sentimen, dimana data yang digunakan hanya berupa pendapat atau data kualitatif. Kata-kata yang muncul di Word Cloud menunjukkan kata-kata yang ada di dalam data. Semakin sering data tersebut digunakan dalam data, maka ukuran yang akan ditampilkan dalam Word Cloud akan semakin besar. Begitupun sebaliknya, ukuran yang ditampilkan dalam Word Cloud akan semakin kecil jika semakin jarang kata tersebut muncul di dalam data.


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Analisis Data di DQLab, Yuk!

Gimana? Seru kan tahapan analisis data? Kamu bisa mempelajari proses analisis data lebih lanjut di DQLab, loh. Nah, DQLab sendiri merupakan lembaga kursus khusus untuk bidang Data Science yang dilakukan secara online. Ada banyak modul yang ditulis dalam bahasa yang ringan dan menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti R, Python, dan SQL. Selain modul premium, kamu juga bisa menikmati free modul, loh. Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar di DQLab dan nikmati semua modul yang ada!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :