FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 47 Menit 51 Detik 

Kenali Teknik Analisis Data Prediktif Data Historis

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/007e0afb3c854bf88de6fbbbd9503740_x_Thumbnail800.jpeg

Pengolahan data merupakan salah satu proses yang pasti akan ditemui oleh para praktisi data, baik Data Analyst, Data Scientist, dan praktisi data lainnya. Pada dasarnya, data yang dikumpulkan di awal merupakan raw data atau data mentah, dan biasanya akan sulit untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sehingga proses pengolahan data ini akan sangat dibutuhkan, karena pada tahapan ini lah data mentah akan diubah menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk keberlangsungan perusahaan atau organisasi.


Teknik pengolahan data yang ada sangatlah banyak, sehingga seorang praktisi data sudah seharusnya bisa membedakan setiap teknik yang ada. Hal ini akan berdampak pada hasil analisis data, karena berbeda teknik yang digunakan tentu akan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Analisis data prediktif merupakan salah satu teknik analisis data yang akan dibahas dalam artikel kali ini.


Penasaran dengan teknik analisis ini? Yuk, simak pembahasannya!


1. Jenis-Jenis Teknik Analisis Data

Teknik Analisis Data


Teknik analisis data yang umum digunakan dapat dibagi menjadi empat jenis, berikut adalah penjelasan dari masing-masing tipe data:

  • Analisis deskriptif digunakan untuk lebih mengenal data karena pada analisis ini kita bisa mengidentifikasi sesuatu yang telah terjadi sebelumnya di masa lalu dengan memanfaatkan data historis.

  • Analisis diagnostik digunakan untuk mencari sebab akibat atau alasan dari kejadian di masa lalu dari data historis.

  • Analisis prediktif digunakan untuk memprediksi keadaan yang akan datang dengan melihat tren data berdasarkan pola yang terjadi di masa lalu dan saat ini.

  • Analisis preskriptif digunakan untuk menentukan tindakan serta keputusan yang harus diambil untuk masa depan, terlebih untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan.


Baca juga : Step by Step Implementasi Teknik Analisis Data


2.Teknik Analisis Data Prediktif

Teknik Analisis Data

Teknik analisis prediktif menjadi salah satu jenis analisis yang akan sangat dibutuhkan karena kita bisa memprediksi keadaan yang akan datang dengan membandingkan pola dari data historis dengan saat ini. Biasanya setiap pola akan berulang dalam rentang waktu tertentu. Analisis data prediktif memanfaatkan gabungan ilmu matematika, statistika, dan juga machine learning. Analisis prediktif ini sudah banyak digunakan di berbagai sektor bisnis, seperti retail, keuangan, manufaktur, kesehatan.


3. Alasan Membutuhkan Teknik Analisis Data Prediktif

Teknik Analisis Data


Teknik analisis data prediktif sudah dimanfaatkan sejak lama, sebelum teknologi machine learning mulai booming digunakan. Para teknisi, ilmuwan, pelaku bisnis, dan profesi lainnya membutuhkan analisis data prediktif untuk memperkirakan aktivitas yang akan dilakukan sehingga bisa mendapatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan atau organisasi. 


Perkembangan ilmu machine learning membuat pemodelan prediktif menjadi lebih luas dari sebelumnya. Terlebih jika bisa memanfaatkan data mining, deep learning, serta komputasi yang diskalakan yang memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang lebih “dalam”.


4.Cara Kerja Analisis Data Prediktif

Teknik Analisis Data

Analisis prediktif merupakan aktivitas dinamis yang akan terus berubah karena adanya data terbaru untuk mengupdate prediksi yang sudah ada. Teknik ini akan melibatkan proses pembersihan data, training model, deployment, output, training ulang, deployment ulang bersama dengan kemampuan untuk menyerap data secara real time. Umumnya analisis prediktif ini akan didasarkan pada teknik machine learning lanjutan. 


Data Scientist dapat menggunakan deep learning dan algoritma yang komplek untuk menganalisis banyak variabel sehingga bisa membuat model prediktif yang cocok untuk big data. Beberapa metode analisis prediktif yang umum digunakan adalah analisis regresi, decision tree, analisis time series, serta penggunaan jaringan neural deep learning.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar proses pengolahan data jika kamu sudah lulus dari background pendidikan non IT adalah dengan mengambil kursus. Salah satu lembaga kursus yang harus kamu coba adalah DQLab. Tenang saja, DQLab akan membantumu untuk belajar analisis data dari tahap dasar. Tunggu apalagi? Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun ini.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :