PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 34 Menit 55 Detik

Kenali Tentang Apa itu Machine Learning Model, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 14-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-07-2023-11-14-172018_x_Thumbnail800.jpg

Semua orang mungkin sudah mengetahui apa itu AI, karena dengan adanya AI ini kita menjadi cukup terbantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita. AI ini juga memiliki percabangan teknologi lainnya, salah satunya adalah machine learning. Machine learning ini berkembang setiap harinya dengan ditandai oleh digitalisasi yang membuat kemudahan dalam berbagai macam aspek di kehidupan kita. 


Machine learning ini adalah salah satu bidang keilmuan yang memungkinkan suatu mesin untuk membuat suatu keputusan secara mandiri yang dilatih untuk dapat berpikir seperti selayaknya manusia. Untuk melatih machine learning ini harus melalui proses pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan data-data lama atau data sebelumnya untuk bisa menemukan suatu pola yang tepat.


Dengan mengikuti pola yang sudah dibuat, mesin bisa membuat suatu keputusan dengan otomatis. Ketika kalian mendalami machine learning ini, kalian akan menemukan machine learning model. 


Pada artikel kita kali ini, kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan machine learning model, jadi mari kita simak pembahasan di bawah ini!


1. Apa itu Machine Learning Model?

Machine learning model merupakan suatu program komputer yang biasa digunakan untuk bisa mengenali pola dalam data maupun membuat sebuah prediksi dari kumpulan data yang sudah terkumpulkan. Untuk membuat machine learning ini diperlukan algoritma machine learning yang dilatih dengan menggunakan data berlabel, data tidak berlabel, dan juga data campuran.


Algoritma machine learning ini juga memiliki beberapa macam perbedaan tergantung dari tujuan. Dengan menggunakan algoritma tertentu, data tersebut akan dimodifikasi untuk bisa mengelola berbagai macam pekerjaan tertentu dengan lebih baik dan juga menjadi suatu machine learning model.


Machine Learning

Credit by Flaticon


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Training Machine Learning Model

Machine learning model ini harus dilatih terlebih dahulu sebelum siap untuk dipakai. Nah, pada proses training model ini praktisi data harus menggunakan tools yang tepat sesuai dengan jenis algoritma dan juga data yang akan mereka gunakan.


Penggunaan tools yang tepat akan mempercepat proses dalam pembuatan machine learning model ini. Praktisi data ini tidak harus lagi membuat hal baru dari awal, karena mereka bisa menggunakan banyak sekali tools yang bisa digunakan. 


3. Algoritma Machine Learning

Ada banyak orang yang menganggap jika machine learning model dan juga algoritma machine learning adalah hal yang sama satu sama lain. Tetapi pada kenyataannya kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Jadi, algoritma machine learning adalah suatu metode matematika yang biasa digunakan dalam menemukan pola yang ada dalam suatu kumpulan data yang jumlahnya cukup banyak.


Nah, perhitungan yang digunakan untuk menggunakan algoritma ini sering diambil dari berbagai macam keilmuan yang memiliki hubungan dengan matematika seperti statistik, kalkulus, dan juga aljabar linear.


Machine Learning

Credit by OSC Medcom - Medcom.id


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Perbedaan Machine Learning Model

Pada machine learning ada sekitar 3 jenis algoritma yang dapat praktisi data gunakan, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan juga Reinforcement Learning. Ada banyak model machine learning dan hampir semuanya akan berdasarkan pada algoritma machine learning tertentu.


Contohnya seperti algoritma klasifikasi dan juga regresi yang cukup populer yang merupakan bagian dari Supervised Learning, untuk algoritma clustering adalah bagian dari algoritma Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning sendiri dapat melakukan proses training dan testing secara bersamaan.


Gimana sahabat DQ? Nggak perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login