FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 0 Menit 32 Detik 

Kenali Tentang Python: Pengertian Hingga Cara Menginstallnya

Belajar Data Science di Rumah 24-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dc1dde31fb0f5b35780d79e18271bff3_x_Thumbnail800.png

Perkembangan Data Science di Indonesia memang terbilang terlambat jika dibandingkan negara-negara lain. Beberapa tahun ke belakang ini, Data Science baru mulai booming di Indonesia, sementara di negara lain telah mulai dari 4-5 tahun sebelumnya. Ini tentu saja dipengaruhi juga oleh perkembangan teknologi digital. Karena data-data yang dihasilkan dari teknologi digital hanya bisa diselesaikan secara efektif dan efisien dengan menggunakan ilmu Data Science.


Secara umum, software yang digunakan oleh praktisi data antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain pasti akan berbeda karena harus menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Namun ada beberapa software yang rata-rata pasti digunakan oleh Data Scientist. Python menjadi salah satu software tersebut. Meskipun telah diciptakan sejak 1991, hingga saat ini Python masih mampu mempertahankan eksistensinya. Nah, gimana sih cara menginstall Python tersebut? Yuk, simak caranya!


1. Sekilas Tentang Python

Python merupakan salah satu software pengolahan data yang biasa digunakan oleh Data Scientist. Menariknya, Python bersifat lebih fleksibel, karena bisa melakukan banyak hal lainnya selain mengolah data, seperti wrangling data, scrapping, mendeploy model yang sudah ada ke dalam website, dan masih banyak lagi. Jika dibandingkan dengan R, Python tentu akan lebih kuat dan mudah digunakan jika berhadapan dengan penerapan Machine Learning dengan data yang berskala besar.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Library Python untuk Data Science

Fleksibilitas Python ditunjukkan dengan banyaknya library yang dimiliki. Setiap library tentu dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda. Namun jika diperhatikan lebih teliti, sebenarnya Python hanya membutuhkan lima library saja untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan Data Science, yaitu Numpy untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan angka, Pandas untuk manajemen dan membersihkan data (manipulasi data), Scipy untuk memproses algoritma dan perhitungan matematika, Scikit-Learn untuk Machine Learning, serta Matplotlib dan Seaborn untuk menghasilkan visualisasi yang menarik.


3. Meng-Install Python dengan Installer

Meng-install Python bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah dengan menggunakan installer. Langkah-langkah yang bisa digunakan adalah:

  • Buka halaman Python di https://www.python.org/downloads/

  • Jika kamu menggunakan Windows, maka klik Download Python di bagian Windows. Sementara jika selain Windows, kamu bisa menyesuaikan nya.

  • Setelah berhasil di-download, klik hasil download mu. Kemudian akan muncul Python Set-up.

  • Klik œInstall Now, kemudian di bagian Add Python to Path bisa dicentang ataupun tidak.

  • Setelah itu akan muncul verifikasi, maka klik Yes.

  • Proses install telah selesai, jangan lupa klik Close dan coba gunakan program Python tersebut.

    4. Meng-install melalui Microsoft Store

    Cara lain yang bisa digunakan untuk meng-install Python adalah melalui Microsoft Store. Langkah-langkahnya adalah:

    • Buka Command Prompt dengan cara mengetik cmd di bagian search laptop mu.

    • Kemudian ketikkan Python3

    • Jika Python belum terinstall, maka komputer akan otomatis membuka Microsoft Store.

    • Cara lainnya, kamu bisa langsung membuka Microsoft Store dan mencari Python.

    • Setelah menemukan Python, klik di bagian Get untuk meng-install

    • Jika telah berhasil, di bagian Install on My Device klik pin to Start agar muncul di menu Start

    • Untuk menggunakannya, kamu bisa membuka Command Prompt lagi dan mengetikkan Python3


    Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


    5. Belajar Python dengan DQLab, Yuk!

    Kamu bisa mulai belajar Python dengan mengakses modul yang paling sederhana, yaitu free modul untuk Python yang berjudul œIntroduction to Data Science with Python. Modul ini cocok sekali untuk kamu yang masih pemula. Setelah itu, kamu bisa mulai mengakses berbagai modul premium Python yang ada di DQLab. Ada banyak study case yang diangkat, bahkan study case ini adalah study case yang umum terjadi di industri. Untuk bisa mengakses modul-modul inu, kamu hanya perlu bergabung menjadi member di DQLab. Gampang banget kan? Yuk, tunggu apa lagi!


    Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


    Mulai Belajar
    Data Science Sekarang
    Bersama DQLab

    Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
    Kecilmu Mengenal Data Science.

    Buat Akun Gratis Dengan :

    https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

    https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

    Atau Buat Dengan :