MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 25 Menit 32 Detik 

Yuk, Kenali Tiga Sumber Data Sekunder yang Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f5cc8c8365724ed8db26359cd8401979_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan salah satu komponen penting dalam suatu penelitian. Menurut sifatnya, jenis data terbagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Namun menurut cara memperolehnya data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Masing-masing jenis data memiliki teknik tersendiri. Data primer menggunakan teknik pengumpulan data primer, begitu pula data sekunder menggunakan teknik pengumpulan data sekunder. 


Teknik pengumpulan data merupakan salah satu bagian penting dalam proses penelitian. Teknik pengumpulan data harus dilaksanakan dengan sesuai agar mempermudah proses analisis data. Agar data terkumpul dengan baik dan sesuai maka terdapat langkah pengumpulan data dan teknik pengumpulan data yang perlu dilakukan sehingga data menjadi valid dan menghasilkan kesimpulan yang tidak diragukan hasilnya. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui sumber-sumber data sekunder.


1. Penelitian Kepustakaan


Penelitian kepustakaan merupakan salah satu sumber data sekunder. Umumnya penelitian kepustakaan dilakukan untuk mengetahui karya peneliti sebelumnya yang dirasa cukup relevan dengan topik penelitian si peneliti. Terdapat beberapa langkah dalam proses penelitian kepustakaan. Pertama, menentukan atau memilih topik penelitian yang akan dicari. Kedua, mencari buku atau artikel yang berkaitan dengan topik penelitian. Ketiga, memahami isi buku atau artikel. Setelah kita memahami isi artikel tersebut, hal itu dapat menjadi referensi sumber data yang kita gunakan.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Media Massa


Media massa merupakan salah satu sumber data sekunder yang cukup mudah didapatkan. Media massa yang digunakan dapat berupa media cetak atau media elektronik. Media cetak contohnya adalah surat kabar, majalah dan buletin. Contoh dari media elektronik adalah televisi dan radio. Namun sejalan dengan perkembangan internet masa kini, kita dapat pula memperoleh data dari artikel online atau official website. Selain itu kita juga bisa mendapatkan data sekunder yang bersumber dari video-video yang sedang trend atau viral.


3. Instansi Pemerintahan atau Swasta


Nah, instansi merupakan salah satu sumber data yang cukup populer terutama di kalangan mahasiswa. Biasanya mahasiswa memperoleh data sekunder untuk penelitian dari instansi swasta maupun pemerintah. pada umumnya data yang terkumpul di instansi dapat berupa arsip (rekaman kegiatan atau dokumentasi baik berupa berkas, foto, video dan jenis file lainnya). Selain itu pada masa kini terdapat banyak pula official website instansi yang tersedia secara terbuka untuk dapat diakses datanya.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif



4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!