Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenalkan Coding Python Sederhana pada Anak Sejak Dini

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2023-07-15-024122_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu tools yang menjadi favorit banyak orang dalam menghadapi era big data. Perkembangan teknologi digital ini merupakan hal yang baru dalam kehidupan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi ini juga menghilangkan banyak pekerjaan lama yang sudah bisa digantikan oleh komputer. Sehingga untuk bisa bertahan di era ini, mau tidak mau kita harus terus beradaptasi dengan teknologi yang ada.


Banyak orang tua yang mulai menyadari bahwa skill coding menjadi salah satu skill yang akan dibutuhkan untuk masa depan. Hal ini menjadi dasar mengapa mereka mulai mengajarkan anaknya dengan coding-coding sederhana, termasuk coding Python. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa proses belajar coding adalah hal yang rumit, maka proses pembelajaran coding untuk anak-anak harus dibuat menyenangkan. Dalam artikel ini akan dibahas tentang coding sederhana Python yang menyenangkan untuk anak, sehingga proses belajar akan terasa mirip dengan bermain. Yuk, simak pembahasannya!


1. Tebak Angka

Python

Pict by Gifa

Coding pertama yang bisa dicoba untuk mengenalkan coding Python pada anak adalah tebak angka. Caranya cukup mudah, dimana kita bisa membuat program sederhana yang meminta anak untuk menebak angka acak antara 1 hingga 100. Penentuan angka yang akan ditebak bisa dicari dengan menggunakan fungsi random yang ada di Python. Kemudian kita bisa memberikan petunjuk apakah angka yang ditebak terlalu besar atau terlalu kecil hingga anak berhasil menebak angka tersebut.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pola Bintang

Coding sederhana lain yang bisa dicoba adalah membuat pola bintang. Program yang bisa mencetak pola bintang sederhana ini bisa berdasarkan input dari anak berupa jumlah baris. Berikut adalah coding yang bisa digunakan:

baris = int(input("Masukkan jumlah baris: "))

for i in range(1, baris + 1):

    print("*" * i)

Hasilnya adalah sebagai berikut:

Python

Pict by Gifa


Dari hasil running, kita bisa melihat bahwa baris yang dimasukkan adalah 3, sehingga bintang nya akan ditampilkan dalam tiga baris.


3. Kalkulator Sederhana

Kia juga bisa membuat kalkulator sederhana yang memungkinkan anak untuk melakukan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Berikut adalah coding yang bisa digunakan:

def tambah(x, y):

    return x + y

def kurang(x, y):

    return x - y

def kali(x, y):

    return x * y

def bagi(x, y):

    return x / y

print("Pilih operasi matematika:")

print("1. Penjumlahan")

print("2. Pengurangan")

print("3. Perkalian")

print("4. Pembagian")


pilihan = input("Masukkan pilihan (1/2/3/4): ")

angka1 = float(input("Masukkan angka pertama: "))

angka2 = float(input("Masukkan angka kedua: "))

if pilihan == '1':

    print("Hasil penjumlahan:", tambah(angka1, angka2))

elif pilihan == '2':

    print("Hasil pengurangan:", kurang(angka1, angka2))

elif pilihan == '3':

    print("Hasil perkalian:", kali(angka1, angka2))

elif pilihan == '4':

    print("Hasil pembagian:", bagi(angka1, angka2))

else:

    print("Pilihan tidak valid")

Jika berhasil di running, maka nanti kita akan diminta untuk memilih angka 1 sampai 4 yang mewakili penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, seperti yang sudah ditulis di coding. Selanjutnya kita bisa memasukkan angka pertama dan kedua yang akan diproses. Hasilnya akan seperti ini:

Python

Pict by Gifa


4. Kartu Ucapan

Program sederhana lainnya yang bisa dibuat adalah kartu ucapan. Kita bisa membuat program yang meminta nama penerima dan mengeluarkan kartu ucapan kreatif. Berikut adalah coding yang bisa digunakan:

nama_penerima = input("Masukkan nama penerima: ")


print("Selamat ulang tahun,", nama_penerima, "!")

print("Semoga hari ulang tahunmu penuh dengan kebahagiaan dan keceriaan.")

print("Semoga semua harapanmu tercapai dan hidupmu diberkahi.")

print("Selamat ulang tahun!")

Hasilnya adalah:

Python

Pict by Gifa


Dengan menggunakan coding tersebut, anak bisa belajar membuat coding untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Jika sudah mahir, maka anak bisa mengkombinasikan coding tersebut dengan coding yang lebih kompleks untuk memberikan ucapan lainnya selain ucapan selamat ulang tahun.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab.  DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login