PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 57 Menit 10 Detik

Kepoin Contoh Sederhana Penerapan SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b72543a4a807b740bb1234d6d029ad59_x_Thumbnail800.jpeg

Structured Query Language atau yang biasa disebut dengan SQL menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup sering dipakai dan digunakan oleh para praktisi data. SQL ini digunakan untuk bisa mengakses segala hal yang berhubungan dengan database, baik dalam membuat database itu sendiri, mengubah isinya, maupun untuk menghapus data. Fungsi-fungsi yang bisa dilakukan dalam SQL ini akan dikelompokkan ke dalam kelompok besar seperti DDL(Data Definition Language) dan juga DML (Data Manipulation Language) yang lebih mengarah ke dalam proses manipulasi datanya. 


SQL juga memiliki statement di dalamnya, salah satunya yang ingin kita bahas adalah statement GROUP BY. GROUP BY ini memiliki fungsi untuk melakukan grouping atau pengelompokkan data. Seorang praktisi data pastinya akan bertemu dengan keadaan yang dimana mengharuskan mereka untuk menghitung data dengan berdasarkan groupnya. Misalkan kalian ingin menghitung sebuah nilai penjualan selama bertahun-tahun dari berbagai macam daerah, untuk bisa mendapatkan hasilny, maka kalian bisa mengelompokkan data-data tersebut dengan berdasarkan tahun maupun bulan. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang statement penggabungan atau pengelompokkan yang ada di dalam SQL yang bernama statement GROUP BY.


1. Definisi GROUP BY SQL

GROUP BY ini adalah query yang biasa digunakan dengan menyatakan SELECT untuk bisa mengatuer data yang identik ke dalam group. GROUP BY ini juga mengikuti klausa dari WHERE yang dimana klausa atau statement ini ada di dalam pernyataan SELECT dan mendahului dari statement ORDER BY.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Query GROUP BY

Setelah mengetahui definisi dari GROUP BY SQL, untuk poin kali ini kita akan melihat bentuk query yang ada pada GROUP BY ini, bisa dilihat di bawah ini:


SELECT column_name(s)

FROM table_name

WHERE condition

GROUP BY column_name(s)

ORDER BY column_name(s);


Kalin bisa menggunakan query tersebut asalkan kalian memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pada penggunaan GROUP BY ini akan dilakukan bersamaan dengan SELECT, yang dimana kolom yang akan digunakan untuk GROUP BY ini juga harus masuk pada kolom yang ada di SELECT.

  • Kedua, ketika kalian menggunakan statement WHERE, maka GROUP BY haruslah ditulis setelah statement WHERE, namun jika tidak maka GROUP BY akan langsung bisa ditulis setelah FROM.


3. GROUP BY dalam Multiple Column

GROUP BY jenis ini memiliki fungsi untuk bisa digunakan di dalam mengelompokkan data dengan menggunakan kriteria dari dua kolom maupun lebih. Misalnya kita ingin mengelompokkan customer id dengan country. Untuk syntaxnya adalah sebagai berikut ini:



SELECT COUNT (CustomerID), Country

FROM Customers

GROUP BY Country;


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. GROUP BY dengan JOIN SQL

Selanjutnya ada GROUP BY dengan Join SQL jika kalian ingin menggabungkan 2 jenis tabel yang berbeda. Di dalam hal ini kalian akan menggabungkan table orders dan juga shippers.

Tabel Orders:

SQL


Table Shippers:

SQL


Untuk syntaxnya sendiri yaitu seperti berikut ini:

SELECT Shippers.ShipperName,

COUNT(Orders.OrdersID) 

AS NumberOfOrders 

FROM Orders

LEFT JOIN Shippers

ON Orders.ShipperID = Shippers.ShippertID

GROUP BY ShipperName;


Maka akan menghasilkan seperti berikut ini:

SQL


Yuk, nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login