2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 14 Jam 0 Menit 56 Detik

Kepoin Microsoft Excel & Cara Membuat Grafiknya

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-08-2024-05-08-210059_x_Thumbnail800.jpg

Pengolahan data adalah salah satu pekerjaan yang cukup sering dikerjakan oleh para praktisi data. Untuk mengolah data ini praktisi data pastinya membutuhkan tools yang bisa membantu mereka dalam mengolah datanya. Salah satu tools yang bisa mereka pakai adalah Microsoft Excel. Excel ini bisa membantu para praktisi data untuk mengolah dan juga menganalisis data. Selain mengolah dan juga menganalisis data, excel bisa digunakan untuk membuat visualisasi data.


Visualisasi data di dalam excel ini berupa sebuah grafik sederhana untuk menampilkan data-data yang sudah kita olah sebelumnya. Di dalam proses visualisasi data, memiliki jenis grafik yang beragam, mulai dari jenis column, bar, pie, line, dan lain sebagainya. Penggunaan grafik dalam excel ini juga bisa memudahkan para pembaca dalam memahami data. Nah, kira-kira bagaimana sih cara membuat grafik di dalam excel? Mari kita lihat pembahasan pada artikel kita kali ini!


1. Apa Itu Microsoft Excel?

Microsoft excel adalah sebuah perangkat lunak spreadsheet yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi spreadsheet yang sangat populer di dunia dan digunakan secara luas di berbagai macam bidang, seperti bisnis, teknologi, sampai dengan pendidikan. Excel ini memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengelola, dan juga menganalisis data dalam bentuk tabel yang terdiri dari baris dan kolom.


Dengan menggunakan excel ini, kalian bisa melakukan berbagai macam tugas seperti perhitungan matematika, membuat grafik, membuat laporan, dan banyak lagi. Excel ini juga sangat sering digunakan untuk analisis data yang lebih lanjut seperti pemodelan keuangan, statistik, dan juga peramalan. 


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu proses merepresentasikan data dengan menggunakan beberapa elemen visual seperti grafik, diagram, dan lain sebagainya. Visualisasi data ini sangat penting di dalam proses analisis data agar menghasilkan hasil analisis data dalam bentuk visual yang menarik dan mudah dipahami oleh para pembacanya. Aplikasi ini digunakan untuk proses visualisasi data yang sangat beragam dengan berbagai macam kelebihan dan juga kekurangannya tergantung dari apa yang dibutuhkan oleh para pengguna excel ini.


3. Apa Itu Grafik Excel?

Secara sederhananya, grafik adalah elemen visual yang merepresentasikan data dalam sebuah worksheet. Kalian akan bisa menganalisis data secara lebih efisien dengan melihat grafik di excel daripada angka dalam kumpulan datanya. Excel ini mencakup berbagai macam grafik yang bisa kalian gunakan untuk mewakili data kalian. Membuat grafik di Excel ini cukup mudah. Dengan melihat grafik membantu kalian untuk menganalisis berbagai macam metrik hanya dengan melihatnya sekilas. 

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Cara Membuat Grafik Excel

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya yaitu proses visualisasi data bisa dengan mudah dibaca dengan menggunakan berbagai macam visual seperti grafik, diagram batang, diagram lingkaran, maupun bentuk lainnya. Excel ini, memiliki langkah-langkah yang bisa kalian terapkan untuk membuat grafik yaitu seperti berikut ini:

  1. Pilihlah data yang ingin kalian buat dalam bentuk grafik

  2. Cari menu insert lalu klik menu tersebut

  3. Pilihlah jenis grafik seperti apa yang kalian butuhkan

  4. Kalian bisa mengatur posisi grafik tersebut tergantung kebutuhan kalian

  5. Kalian juga bisa mengkustomisasi grafik tersebut mulai dari judul dan juga warna dari grafik tersebut.


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login