3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 58 Menit 57 Detik

Kepoin Panduan Singkat Penggunaan Python

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2023-12-15-131815_x_Thumbnail800.jpg

Python sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dan dipakai oleh banyak programmer dan juga praktisi data. Hal ini karena, Python menjadi salah satu bahasa yang cocok dengan para pemula karena bahasa ini cukup sederhana, mudah dipelajari, dan juga mudah dipahami. 


Alasan mengapa Python ini mudah dipahami dan cukup sederhana adalah memiliki struktur sintaks yang rapi. Jika kita bandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, bahasa pemrograman Python ini cenderung memiliki perintah yang lebih singkat. Python juga sudah bisa kalian pakai di berbagai jenis sistem operasi seperti Linux, Mac OS, dan juga Windows.


Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Python dan cara menggunakan Python ini, DQLab sudah merangkumnya pada artikel kali ini. Ayo kita simak pembahasannya!


1. Apa itu Bahasa Pemrograman Python?

Python adalah bahasa pemrograman yang serba guna dan juga sudah banyak sekali digunakan oleh para programmer dan praktisi di dunia, dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer. Dengan menggunakan Python pengguna dapat mencoba bidang coding manapun yang mereka inginkan.


Bahasa Python ini juga sudah sering dipakai dalam pembuatan berbagai jenis program, contohnya seperti pembuatan IoT atau Internet of Things, website, aplikasi mobile, bahkan Python ini menjadi salah satu sarana untuk mempelajari hacking.

Python

Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Cara Menggunakan dan Menginstall Python

Bahasa Python ini bisa kalian gunakan dalam berbagai jenis sistem operasi seperti Linux, Mac OS, dan juga Windows. Dengan kemudahan ini sudah dipastikan untuk menginstall Python tidaklah sulit seperti bahasa pemrograman lainnya yang mengharuskan kalian menginstall programnya terlebih dahulu, hal ini karena sebagian besar sistem operasi sudah mempunyai compiler Python di dalamnya.


Untuk langkah-langkah bagaimana kita menginstall Python seperti berikut ini:

  • Hal pertama adalah kalian bisa mengunjungi website resmi Python yaitu python.org dan kalian dapat mengunduhnya di laman tersebut.

Python


  • Setelah kalian mengunduh Python dalam komputer kalian, kalian juga bisa mengecek versi Python kalian jika sebelumnya sudah pernah diinstall, caranya adalah kalian bisa mengetik perintah pada Command Prompt. Untuk perintahnya seperti berikut ini:

Python

  • Langkah selanjutnya adalah, kalian bisa menjalankan file instalator Python. Pilihlah menu Install for all users agar bisa dipakai oleh semua user yang ada di komputer.

  • Lalu pilihlah lokasi Python yang akan kalian install. Klik next dan aktifkan Add python.exe to path agar command prompt dapat mengenali perintah tersebut ditujukan untuk Python.

  • Setelah selesai semua jangan lupa untuk klik Finish untuk bisa menyelesaikan proses instalasinya.


3. Struktur Bahasa Python

Pastinya setiap bahasa pemrograman memiliki struktur bahasanya masing-masing dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan Python pastinya memiliki struktur bahasa yang berbeda dengan bahasa lainnya.


Untuk penjelasannya seperti berikut ini:

  • Statement

    Statement adalah instruksi atau kalimat perintah yang diberikan dalam beberapa baris untuk bisa dieksekusi oleh komputer. Dalam bahasa Python, penulisan ini tidak diakhiri dengan tanda titik-koma.

    Tetapi, jika kalian ingin menuliskan beberapa jenis statement maka kalian harus memisahkannya dengan titik-koma. Selain itu ketika kalian menuliskan string pada Python haruslah menggunakan tanda petik baik petik tunggal maupun petik ganda.


  • Variabel

    Variabel adalah tempat menyimpan sementara yang bisa digunakan untuk menyimpan data atau informasi yang memiliki sifat mutable atau dapat diubah. Untuk penulisan variabel dalam Python memiliki beberapa aturan seperti karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah (_), karakter selanjutnya dapat berupa huruf atau garis bawah (_) atau angka, dan karakter pada nama variabel yang memiliki sifat sensitif yang mengharuskan huruf kecil dan besar dibedakan.


  • Operator

    Operator adalah simbol yang biasa digunakan untuk mengubah nilai satu variabel dengan variabel lainnya. Ada beberapa jenis operator dalam Python seperti operator aritmatika, operator perbandingan, operator bitwise, operator logika, dan operator lainnya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL



4. Contoh Penggunaan Python

Python ini biasa dipakai dalam pengembangan situs dan juga perangkat lunak, visualisasi data, otomatisasi tugas, dan membuat analisis data. Hal ini karena Python memiliki sifat yang relatif mudah dipelajari dan bahasa ini juga sudah digunakan secara luas oleh non-programmer seperti akuntan dan juga ilmuwan untuk membantu tugas mereka.


Kalian juga bisa menggunakan Python ini untuk berbagai jenis tugas seperti membuat data analisis dan machine learning, untuk mengembangkan sebuah website ataupun membuat website, mengotomatisasikan berbagai jenis tugas dengan menuliskan code untuk membangun proses otomatis tersebut istilahnya adalah scripting.


Hai Sobat Python dan Data Enthusiast! Siapa di antara kalian yang ingin menguasai pemrograman Python dan menjadi ahli analisis data? Saatnya kalian bergabung dalam Bootcamp Python bersama DQLab! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengubah karir dan meraih impian kalian. 


Bersama DQLab, mari bersinergi menggapai puncak keahlian Python dan analisis data! Daftar sekarang dan mari bersama-sama membentuk masa depan yang cerah! Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :