2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 43 Menit 3 Detik

Kepoin Tutorial Hapus Elemen pada Python

Belajar Data Science di Rumah 05-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2024-05-03-181227_x_Thumbnail800.jpg

Di dalam proses pengembangan, sering sekali kita menghadapi beberapa situasi yang dimana mengharuskan kita untuk menghapus elemen tertentu dari struktur data. Struktur data seperti list, dictionary, dan set adalah bagian integral dari proses software software development di Python. List biasanya digunakan untuk menyimpan sekumpulan data yang bisa diubah, dictionary digunakan untuk menghubungkan kunci dan nilai, sedangkan untuk set biasa digunakan untuk menyimpan kumpulan elemen unik. 


Dengan memahami metode penghapusan yang efisien, developer atau pengembang bisa mengoptimalkan kinerja dari script code mereka dan mengelola data dengan lebih efisien lagi. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa cara menghapus elemen pada bahasa pemrograman Python yang bisa kalian gunakan ketika sedang mengembangkan suatu software. Mari kita simak bersama pembahasannya!


1. Menggunakan Kata Kunci ‘del’

Salah satu cara mudah untuk menghapus sebuah elemen dari daftar dengan berdasarkan indeks adalah dengan menggunakan kata kunci ‘del’. Kata kunci ‘del’ memungkinkan kita untuk bisa menghapus elemen atau potongan dari daftar yang ada. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat sintaks berikut ini bagaimana cara untuk menghapus elemen dari daftar dengan berdasarkan indeks dengan menggunakan ‘del’.

Python


Untuk keluarannya seperti berikut ini:

Python

Pada contoh diatas, elemen pada indeks 2 (nilai 30) dihapus dari daftar dengan menggunakan kata kunci ‘del’.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan Metode ‘pop()’

Cara lain atau metode lainnya untuk menghapus elemen dari daftar dengan berdasarkan indeks adalah dengan menggunakan metode ‘pop()’. Metode ‘pop()’ tidak hanya bisa menghapus elemen pada indeks yang ditentukan tetapi juga mengembalikan elemen yang dihapus. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat sintaks dibawah ini yang menggunakan metode ‘pop()’.

Python

Untuk output dari sintaks diatas seperti berikut ini.

Python

Pada contoh diatas, elemen pada indeks 2 dihapus dari daftar dengan menggunakan metode ‘pop()’. Jadi elemen yang dihapus ini disimpan ke dalam variabel ‘removed_element’.


3. Menggunakan Metode ‘remove()’

Jika kalian sudah mengetahui nilai elemen yang ingin kalian hapus, kalian bisa menggunakan metode ‘remove()’ untuk menghapusnya dari daftar datanya. Namun, tidak seperti metode sebelumnya, metode ‘remove()’ ini menghapus kemunculan pertama elemen tertentu, bukan indeks tertentu. Berikut adalah sintaks untuk menghapus elemen dari daftar dengan menggunakan metode ‘remove()’.

Python

Untuk outputnya seperti berikut ini.

Python

Dalam contoh diatas, kemunculan pertama elemen dengan nilai 30 yang dihapus dari daftar dengan menggunakan metode ‘remove()’.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menggunakan Pemahaman Daftar

Pemahaman daftar adalah cara ringkas dan juga berguna untuk bisa memanipulasi daftar dengan menggunakan Python. Ini juga menyediakan cara untuk menghapus elemen dari daftar dengan berdasarkan indeksnya. Berikut contoh bagaimana cara untuk menghapus elemen dari daftar dengan berdasarkan indeks menggunakan pemahaman daftar. 

Python

Untuk outputnya seperti di bawah ini:

Python

Dalam contoh diatas, pemahaman daftar digunakan untuk mengulangi elemen daftar dan mengecualikan elemen pada indeks 2.


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login