Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Keseharian Data Scientist, Siap Berkarir 2024?

Belajar Data Science di Rumah 08-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2024-04-06-211927_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist ini memiliki beragam job description, tapi pada umumnya job description dari data scientist ini adalah pengambilan informasi dari berbagai macam sumber, menganalisis data, dan mendapatkan insight baru yang bermanfaat untuk perusahaan kedepannya. Untuk itu, data scientist menggunakan berbagai macam metode untuk menyelesaikan tugasnya tersebut seperti metode analitik, tools AI untuk mengotomatiskan pekerjaan-pekerjaan tertentu, metode statistik, dan juga mengembangkan solusi baru untuk bisa mengoptimalkan keputusan bisnis dari sebuah perusahaan. 


Jenjang karir menjadi seorang data scientist ini dapat ditentukan dengan jelas karena masih tergolong profesi yang cukup baru. Jika kalian tertarik menjadi seorang data scientist kalian harus memahami beragam job description dari data scientist. Apa sajakah penjelasan mengenai job description data scientist ini? Yuk kita simak artikel berikut ini!


1. Melakukan Riset

Job description yang pertama adalah data scientist akan melakukan sebuah riset tentang data yang akan mereka teliti. Data scientist akan melakukan riset dengan menggunakan berbagai macam sumber, mulai dari data dari sumber yang internasional, data publik, dan juga data dari pihak ketiga.


Tujuan dari melakukan riset ini adalah untuk mengambil sebuah solusi, mencapai objektif dari suatu bisnis yang ada di perusahaan dan juga mengembangkan perusahaan tersebut agar bisa bersaing di dalam pasar bisnis. Dengan riset data, data scientist bisa melakukan proses-proses selanjutnya menjadi lebih mudah karena sudah meneliti terlebih dahulu sebelum melakukan proses data.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengumpulkan, Menganalisis, dan Mentransformasi Data

Selain melakukan riset terhadap data yang ingin diteliti, data scientist juga memiliki job desc lainnya yaitu mengumpulkan, menganalisis, dan juga mentransformasikan data. Data scientist melakukan tanggung jawab ini agar ia bisa mendapatkan informasi baru yang bisa berguna untuk perusahaan, dan juga bisa memberikan kesimpulan yang bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh perusahaan. 

Data Scientist


3. Membuat Report Data

Setelah data scientist melakukan proses-proses data, selanjutnya mereka akan dituntut untuk membuat sebuah report yang harus dilaporkan kepada perusahaan. Untuk report ini bisa dalam kurun waktu setiap hari, setiap minggu, ataupun pada periode-periode tertentu tergantung kebutuhan dari perusahaan mereka. Report ini biasanya berbentuk dashboard yang memiliki isi banyak sekali chart, atau sering disebut dengan visualisasi data. Jadi seorang data scientist juga harus paham akan tools yang akan digunakan untuk membuat visualisasi data ini.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Identifikasi Trend dan Pola

Identifikasi trend dan pola, juga termasuk salah satu job desc yang harus mereka kuasai. Jadi, data scientist harus bisa menjelaskan hasil analisis dan juga hasil visualisasi data mereka. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa memanfaatkan data-data hasil analisis dari data scientist perusahaan.


Selain itu, data scientist juga harus paham akan trend, pattern dan juga pola yang ada di dalam sebuah data. Biasanya, dalam sebuah data pastinya memiliki trend dan pola yang berbeda, maka dari itu, seorang data scientist harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasikan trend dan juga pola data yang mereka analisis. 


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Sahabat DQ juga bisa gali potensi dari materi Machine Learning dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login