3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 13 Menit 38 Detik

Keselamatan & Keamanan Data, Ini Role Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-04-2024-01-29-153740_x_Thumbnail800.jpg

Data Engineer adalah salah satu profesi yang memegang peranan penting dalam perusahaan. Digitalisasi yang terjadi di berbagai sektor membuat data menjadi hal yang krusial bahkan bernilai sangat mahal dalam sebuah perusahaan. Data ini bisa dijadikan sebagai dasar dan penentu arah langkah kebijakan yang akan dipilih agar perusahaan tersebut dapat memaksimalkan keuntungan serta meminimalisir kerugian yang akan didapatkan.


Sebagai posisi yang berperan penting dalam keberlangsungan perusahaan, Data Engineer tentunya memiliki beberapa job description yang harus dilakukan. Salah satunya adalah peran dalam menjaga keselamatan dan keamanan data yang merupakan tanggung jawab krusial. Dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, fokus pada aspek keselamatan dan keamanan data menjadi elemen utama untuk memastikan integritas dan kerahasiaan informasi.


Dalam artikel ini akan dibahas beberapa poin utama yang menyoroti pentingnya keselamatan dan keamanan data yang menjadi tugas Data Engineer. Yuk, simak pembahasannya!


1. Implementasi Praktik Keamanan Data

Data Engineer

Secara umum, Data Engineer bertanggung jawab untuk merancang, menerapkan, dan memastikan praktik keamanan data yang efektif. Dalam hal ini mencakup beberapa aspek, diantaranya adalah:

  • Enkripsi Data bertujuan untuk memastikan data yang disimpan dan dipertukarkan akan dienkripsi untuk melindungi kerahasiaan informasi.

  • Authentication dan Authorization bertujuan untuk mengimplementasikan sistem otentikasi yang kuat dan kontrol akses yang tepat sehingga bisa meminimalisir bahkan mencegah akses ilegal.

  • Pemantauan Keamanan dimana bertujuan untuk memasang sistem pemantauan keamanan agar bisa mendeteksi dan merespons kejadian keamanan dengan cepat.


2. Kepatuhan Regulasi Data

Data Engineer

Mengingat peraturan dalam perlindungan data yang semakin ketat, maka seorang Data Engineer perlu memastikan bahwa sistem dan proses yang ada telah mematuhi regulasi yang berlaku. Dalam hal ini mencakup:

  • GDPR, HIPAA, dan Lainnya. Data Engineer perlu memahami dan mengimplementasikan persyaratan dari regulasi-regulasi data seperti General Data Protection Regulation (GDPR) atau Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA).

  • Kebijakan Privasi. Data Engineer bertugas untuk mengembangkan dan menegakkan kebijakan privasi yang sesuai dengan standar dan hukum yang berlaku.

3. Security Incident Management

Data Engineer

Meskipun telah melakukan berbagai usaha preventif untuk menjaga keamanan data, namun kejadian janggal yang berkaitan dengan keamanan tetap memiliki peluang untuk terjadi.


Oleh karena itu, seorang Data Engineer harus siap menghadapi kejadian keamanan dan memiliki rencana yang efektif untuk menanggapi insiden-insiden tersebut, diantaranya adalah:

  • Pencegahan Kejadian Keamanan, dimana Data Engineer bisa mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko kejadian keamanan.

  • Pemulihan dan Investigasi, dimana Data Engineer merancang prosedur pemulihan yang cepat dan efektif serta melakukan investigasi menyeluruh terhadap kejadian keamanan.


4. Pelatihan dan Kesadaran Keamanan

Data Engineer

Kesadaran keamanan menjadi kunci untuk mengurangi risiko keamanan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). Dalam konteks ini, seorang Data Engineer perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pelatihan Karyawan. Data Engineer perlu mengadakan pelatihan rutin bagi karyawan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang ancaman keamanan dan praktik-praktik yang aman.

  • Kampanye Kesadaran. Data Engineer dapat melakukan kampanye kesadaran keamanan yang dilakukan secara kontinyu untuk memastikan semua pemangku kepentingan memahami pentingnya peran mereka dalam menjaga keamanan data.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Keselamatan dan keamanan data bukanlah tugas yang bisa dilakukan satu kali saja, tetapi merupakan aspek terus-menerus yang harus diintegrasikan ke dalam seluruh data life cycle. Data Engineer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi tidak hanya dapat memanfaatkan data dengan efektif tetapi juga melakukannya dengan aman dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Keselamatan dan keamanan data bukanlah hanya tanggung jawab teknis tetapi juga berkontribusi pada keberhasilan dan keberlanjutan organisasi secara keseluruhan.


Menjadi seorang data engineer yang sukses membutuhkan kombinasi keterampilan teknis dan pemahaman tentang konsep data engineering. Penguasaan tools dalam pekerjaan Data Engineer bisa membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :