[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 8 Menit 50 Detik 

Ketahui Data Analisis Di Excel Untuk Proses Analisis Yang Lebih Akurat

Belajar Data Science di Rumah 11-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1fb750e9f66fa29db02fc47534ae808a_x_Thumbnail800.png

Data analisis di Excel sudah banyak dimanfaatkan dalam bisnis misalnya perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Seperti yang sudah diketahui, Excel adalah aplikasi dari paket Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah angka. Aplikasi ini dapat membantu perhitungan lebih cepat dan akurat. Excel menyediakan fungsi-fungsi, rumus, dan sebagainya untuk mendukung proses tersebut.


Salah satu tools yang disediakan Excel adalah data analisis. Umumnya digunakan untuk melakukan proses analisis atau perhitungan statistik dari yang mudah sampai yang rumit. Tools ini ada di dalam package namun tidak serta merta ada di bar menu, jadi harus ditambahkan terlebih dahulu dengan Add-Ins Toolpak. Bagaimana caranya? Yuk simak pembahasannya.


1. Menambahkan Fitur Data Analisis

Toolpak adalah tools yang diberikan oleh Excel yang di dalamnya terdapat fitur untuk melakukan data analisis. Dengan fitur data analisis kita dapat melakukan perhitungan statistik dengan fungsi yang disediakan seperti ANOVA, z-test dan t-test, correlation, dan lain-lain. Menambahkan Toolpak cukup mudah. Klik menu File di Excel kemudian pilih Option. Setelah muncul kotak dialog, klik Add-Ins, pilih Analysis Toolpak, dan klik Go. Centang Analysis Toolpak lalu klik OK. Jika berhasil, fitur data analisis akan muncul di bar menu Data. 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Menggunakan Fitur Data Analisis

Setelah menambahkan fitur data analisis, sekarang kita belajar bagaimana cara menggunakannya. Penggunaan fitur data analisis di Excel cukup mudah. Pilih bar menu Data kemudian klik Data Analysis. Akan muncul kotak dialog dimana berisi fungsi-fungsi yang tersedia. Pilih sesuai yang kita terapkan pada data yang dimiliki. Setelah dipilih akan muncul kotak dialog lagi dimana kita bisa menginput range dari data yang kita punya dan dimana output yang dihasilkan akan diletakkan. Kemudian klik OK.


3. Kelebihan Penggunaan Excel Untuk Data Analisis

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa diperoleh dalam penggunaan Excel untuk data analisis yaitu lebih fleksibel dalam penggunaannya karena memiliki banyak tools yang mendukung, aplikasinya familiar bagi banyak orang, mudah dipelajari dan digunakan juga cepat dalam memproses perintah, bisa menghubungkan dengan berbagai sumber data, dan tidak mahal. Beberapa kelebihan ini yang menjadikan Excel banyak digunakan dalam proses analisis baik di perusahaan atau instansi. Bagi pemula yang mulai belajar tentang data analisis, aplikasi ini juga menjadi pilihan yang baik dan perlu dikuasai. 

Baca juga : Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula


4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!