GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Ketahui Tahapan Pengolahan Data Statistik Dalam Data Science

Ketahui Tahapan Pengolahan Data Statistik Dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/41d82502f21238def9e19c0a35cf8119_100_persen.png

Pengolahan data statistik merupakan tahapan penting ketika bekerja dengan data. Sebagai seorang praktisi data, tahapan ini termasuk krusial karena berdampak pada proses selanjutnya yaitu proses analisis. Jika data tidak diolah dengan benar dan tidak menggunakan metode yang tepat, maka hasilnya bisa jadi kurang relevan.


Paham jenis-jenis data yang akan diolah juga penting dikuasai agar bisa menentukan metode yang tepat dalam pengolahan data statistik. Jenis-jenis data bisa berdasarkan waktu pengumpulannya, sifat datanya, sumber datanya, dan sebagainya. Selanjutnya kita akan lebih mudah dalam melakukan tahapan pengolahan data statistik. Apa saja tahapannya? Yuk simak dibawah ini.

1. Pengumpulan Data

Pengumpulan data merupakan tahap awal dalam pengolahan data statistik dimana akan mencari informasi yang berhubungan dengan penelitian yang sedang dikerjakan. Data bisa dikumpulkan dengan beberapa cara seperti dengan wawancara, kuesioner, angket, studi pustaka, dan sebagainya. Data yang terkumpul bisa berupa data kuantitatif yaitu data berbentuk angka atau data kualitatif yaitu data berbentuk narasi. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Editing dan Koding Data

Data yang sudah terkumpul selanjutnya akan dilakukan pengeditan yang bertujuan untuk memeriksa apakah data yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum dan melihat korelasi data dengan penelitian yang sedang dikerjakan. Dari data yang sudah lengkap dan sesuai dengan penelitian kemudian dilakukan koding data yaitu data diklasifikasikan atau dikelompokkan seperti berdasarkan kemiripan data agar memudahkan proses analisis. Editing dan koding data ini perlu ketelitian agar data yang diperoleh untuk digunakan dalam pengolahan data merupakan data yang utuh dan sesuai untuk keperluan penelitian.

3. Penyajian Data dan Analisis

Penyajian data dan analisis dilakukan setelah data terkumpul serta melewati proses editing dan koding data. Data yang sudah ada ini kadang sulit dibaca karena wujud data yang beragam. Oleh karena itu data perlu disajikan dengan baik agar mudah dipahami. Data umumnya disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Dengan menyajikan data dalam bentuk grafik atau tabel, data juga lebih mudah untuk dilakukan analisis. Ada beberapa teknik dalam analisis data seperti analisis deskriptif dan inferensial. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!