Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Keunggulan Menerapkan Data Science dalam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 18-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/43f44e973d8c0e098d2c96acb2421ac5_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era kecanggihan teknologi ini berbagai perusahaan semakin bertambah dan dunia bisnis pun semakin meluas. Perkembangan dunia teknologi masa kini memberikan berbagai dampak dalam dunia bisnis. Data menjadi salah satu hal yang penting dalam perusahaan. Keberadaan data yang melimpah ini perlu diproses menggunakan data science agar hasil analisis datanya berguna bagi perusahaan. Kira-kira bagaimana data science bisa membantu bisnis?


Dalam dunia bisnis, update terhadap kemajuan teknologi adalah suatu keharusan. Untuk bersaing dalam dunia bisnis, kita harus dapat mengetahui keadaan pasar dan trend masa kini. Hal ini bisa dilakukan dengan terus mengupdate data perusahaan dan menganalisisnya dengan teknik yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa keunggulan menerapkan data science dalam bisnis sehingga kamu bisa menerapkannya kelak. Yuk simak bersama-sama!


1. Mengidentifikasi Peluang Baru

Dalam dunia bisnis, salah satu tujuan utama adalah meningkatkan peluang bisnis dan melihat kesempatan. Adakalanya pebisnis kurang bisa melihat peluang atau keadaan pasar di lapangan. Hal ini dapat dibantu dengan pemrosesan data yang tepat untuk memudahkan dalam mengidentifikasi peluang baru. Data perusahaan yang dianalisis menggunakan dasar data science pasti akan memberikan hasil analisis yang lebih maksimal pula.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Memaksimalkan Profit

Profit atau keuntungan merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Untuk memaksimalkan profit perusahaan, perusahaan perlu memikirkan strategi yang tepat dalam pemasaran. Keberadaan data perusahaan seperti data transaksi, data stok, dan lainnya sangat diperlukan dalam perencanaan strategi. Namun, data perusahaan yang ada tersebut perlu dianalisis lebih lanjut untuk menghasilkan keputusan yang tepat.

Data Science


3. Membantu dalam Hal Manajemen Bisnis

Suatu perusahaan pada umumnya akan berjalan dengan baik jika memiliki manajemen yang baik dalam pengelolaan perusahaan. Pengaturan manajemen yang baik dapat dipelajari dan dianalisis dengan memanfaatkan data perusahaan sesuai keperluan. Data yang ada tersebut perlu dianalisis menggunakan data science dan pengguna dapat memilih algoritma atau teknik apa saja yang diperlukan. Pada akhirnya akan diperoleh hasil analisis yang memberikan kesimpulan dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 


Data Science


4. Meminimalisir Penipuan

Saat ini mayoritas transaksi jual beli dilakukan dengan cara digital atau online. Proses ini tentu memudahkan penjual maupun pembeli seperti waktu yang lebih efisien, proses yang lebih mudah, dan lainnya. Namun perlu diketahui pula bahwa risiko tetap ada seperti adanya penipuan atau kejahatan online, yang biasa dikenal pula dengan cyber crime. Cyber crime dapat dicegah dengan cara menerapkan algoritma data science yang dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan sehingga pihak perusahaan dapat mengantisipasi hal-hal yang kurang wajar.


Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science saat ini telah digunakan oleh mayoritas perusahaan. Hal ini menunjukkan pentingnya data science dalam penerapan bisnis. Jika kamu ingin mengetahui proses penerapan data science, kamu bisa coba belajar di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login