MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 17 Menit 17 Detik 

Keuntungan dan Manfaat Integrasi Data dalam Big Data

Belajar Data Science di Rumah 21-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9183bd626b98ca466c8bf988ceb49b9c_x_Thumbnail800.png

Data Enthusiast pasti sudah mengenal apa itu Data Integration. Tapi, sebelum kita sama-sama membahas tentang manfaat integrasi data dalam Big Data. Kami akan mengulas sedikit mengenai apa itu Data Integration dalam Big Data. Secara umum Big data Integration itu menggabungkan data yang berasal dari berbagai sumber dan format perangkat lunak yang berbeda, lalu dapat ditampilkan dan dapat terpadu dari data yang terkumpul tersebut kepada pengguna. Hal ini sangat penting untuk diterapkan di Big Data karena tanpa adanya integrasi data maka kamu tidak memiliki cara untuk mengakses data yang dikumpulkan dari satu sistem ke sistem lainnya secara cepat. Meskipun sebenarnya ada cara konvensional yang dapat kamu gunakan yaitu dengan menggunakan sistem import dan export database atau spreadsheet, tapi cara ini tidak efektif dilakukan jika perusahaan kamu selalu melakukan update data secara real-time.


Salah satu aplikasi bisnis yang paling umum dari integrasi data adalah data warehouse, yang merupakan lokasi terpusat untuk penyimpanan data perusahaan. Dengan menggunakan gudang data, kumpulan data terkait dari sistem yang berbeda dapat dianalisis secara berdampingan dan wawasan yang lebih baik dapat diambil dari informasi ini dengan lebih cepat dan mudah. Terlepas dengan keterkaitan antara integrasi data dan big data, lalu sebenarnya apa manfaat integrasi data dalam big data ? dan mengapa itu sangat penting ? Tenang saja, artikel ini akan menjawab hal tersebut. Yuk, scroll terus artikelnya sampai bawah.

1. Menghemat Waktu Melalui Integrasi Data

Saat data yang diperlukan untuk menjawab suatu permasalahan bisnis tersebar di beberapa sistem, tim, atau aplikasi, mengumpulkan semua data yang diperlukan dari sumber yang berbeda ini bisa memakan waktu yang sangat lama. Jika permasalahan bisnis yang kamu coba pecahkan membutuhkan waktu lama, maka dengan mengumpulkan dan mengintegrasikan data secara manual itu berarti bahwa data tidak lagi relevan atau tidak akurat dengan permasalahan yang saat itu sedang terjadi. Melakukan integrasi data di cloud adalah tren baru. Tidak hanya mudah dan cepat karena adaptor dan konektor yang dibuat sebelumnya dapat dengan mudah direplikasi, tetapi arsitektur iPaaS telah dirancang untuk membuat integrasi B2B yang kompleks menjadi sederhana: pemetaan telah dibuat lebih sederhana, serta memungkinkan integrasi arsitek untuk bekerja dengan standar dan format data yang berbeda.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab

2. Menghilangkan Kesalahan

Menghilangkan kesalahan dalam kumpulan data yang digunakan untuk Business Intelligence sekaligus untuk pengambilan keputusan adalah salah satu keuntungan serta manfaat utama integrasi data. Ketika data dikumpulkan secara manual, maka setiap tools, database dan hak akses tiap user harus diperhitungkan dengan benar dan dipersiapkan sebelum mengumpulkan data, yang artinya bahwa setiap sumber data yang diabaikan atau ditambahkan pada menit-menit terakhir menghasilkan kumpulan data yang tidak lengkap sebagai hasil finalnya. ini juga berarti bahwa protokol pelaporan harus berfungsi kembali setiap kali sumber data baru ditambahkan. Namun, ketika sistem integrasi data dilakukan dengan benar, maka kesalahan dari sumber yang diabaikan tidak terjadi dan laporan dapat dijalankan dan diakses secara real time. Selain itu juga, dengan menerapkan sistem integrasi data maka apabila terjadi kehilangan data di sistem cabang maka masih ada backup data di sistem pusat, kita hanya perlu mengambil data lagi dari sistem pusat. Hal ini juga dapat membantu dalam proses maintenance.

3. Kerjasama Antar Sistem dengan Integrasi Data

Ketika suatu perusahaan memiliki suatu sistem untuk menyimpan data berharga yang dapat diintegrasikan ke seluruh departemen, atau data tersebut dapat diakses oleh perusahaan secara keseluruhan baik internal atau eksternal, bahkan bukan hanya dalam lingkup tim ataupun individu semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan kamu. Hal ini untuk mengantisipasi bahwa begitu pentingnya jika orang yang memiliki suatu kepentingan yang relevan untuk mendapatkan data relevan yang mereka butuhkan juga. Dengan integrasi data dapat mengotomatiskan beberapa proses yang sebelumnya bersifat manual. Maka itu jelas akan berdampak positif pada cara kamu mengelola bisnis kamu, karena sistem integrasi data fleksibel dalam melakukan pengaksesan untuk memudahkan kerjasama antar departemen bahkan antar kantor cabang sekalipun dengan cepat.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!

4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!