Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Keuntungan Ikut Pelatihan Excel di Era Teknologi

Belajar Data Science di Rumah 20-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2023-07-20-193309_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah sebuah program spreadsheet yang digunakan oleh user untuk mengorganisir data dalam jumlah besar dengan berbagai fitur powerfulnya seperti perhitungan matematika, grafik dan chart yang beragam, membuat pivot table, dan lainnya. Dengan menggunakan excel, manajemen dan penyajian data juga lebih mudah sehingga informasi yang akan disampaikan lebih mudah dipahami oleh pembaca. 


Pelatihan excel sangat penting terutama di era digital yang menggunakan otomatisasi dan IoT seperti saat ini. Setelah mengikuti pelatihan dan menguasai excel, kamu tidak akan menyesal karena semua pekerjaan akan jauh lebih mudah. Penasaran apa saja benefit dari mengikuti pelatihan excel? Yuk kita simak bersama!



1.  Value Lebih Bagi Job Seeker

Sebagai seorang job seeker, kita akan menampilkan kemampuan terbaik kita. Ketika kita sudah mengikuti pelatihan excel, artinya kita memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh kandidat yang lain. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan skill komplit. Ketika kita menampilkan experience mengikuti pelatihan excel pada CV, recruiter akan tertarik dan kita lolos screening CV. selain itu, dengan mengikuti pelatihan excel, kemampuan kita untuk menggunakan excel akan semakin meningkat sehingga ketika uji kompetensi, kita akan semakin mudah untuk mengerjakannya dan peluang kita untuk lolos semakin tinggi.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Melakukan Manajemen Data Lebih Mudah

Excel tidak hanya sebuah lembar kerja berisi banyak kotak. Tools ini berguna untuk mengelola data dengan lebih mudah. Bayangkan kita punya ribuan data, bagaimana caranya kita mengurutkan ribuan data tersebut dari yang terkecil ke terbesar, atau berdasarkan urutan alfabet. Untungnya, excel punya berbagai fitur powerful, misalnya fitur sort yang bisa membantu kita untuk mengurutkan data hanya dengan satu kali klik. Selain sort, ada fitur dan rumus lainnya yang pasti akan sangat berguna untuk mengelola data numerik dan string lebih mudah.


3. Dapat Digunakan dalam Berbagai Bidang

Excel digunakan di berbagai industri. Hampir semua profesi yang menggunakan teknologi digital menggunakan excel untuk mengolah data. Misalnya, seorang guru menggunakan excel untuk menghitung nilai setiap siswanya, seorang teller bank menggunakan excel untuk mengelola data nasabah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika kita mahir menggunakan excel, maka kita bisa mengerjakan banyak hal yang berhubungan dengan data. Contoh pekerjaan yang tidak akan jauh dari excel adalah business analyst, manajer project, manajer marketing, asisten administrasi, dan lain sebagainya.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Resume atau CV Lebih Menarik

Seperti yang telah dijelaskan pada poin satu, saat melamar pekerjaan, proses screening CV merupakan proses yang sangat penting karena kita harus bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu kandidat. Jika kita mencantumkan pelatihan excel pada resume kita, maka kita memiliki nilai lebih dari kandidat lain dan membuat recruiter tertarik untuk berdiskusi dengan kita. Pada saat interview kita akan ditanya mengenai pelatihan tersebut, apa yang kita pelajari, apa yang kita kerjakan, dan lain sebagainya.


Ingin belajar semua fitur excel dan penggunaan excel di berbagai bidang industri? Yuk belajar bersama  Bootcamp Data Analyst with Excel


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login