PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 49 Menit 30 Detik

Kiat-Kiat Cara Bikin Portfolio Data Science, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 15-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-05-1-2023-08-15-214706_x_Thumbnail800.jpg

Portofolio data science adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin memasuki dunia data sebagai data scientist. Portofolio yang bagus adalah portofolio yang mudah dipahami oleh para pembaca dan jelas menyampaikan informasi yang sesuai dengan topik yang sedang diangkat. Jika kalian ingin membuat portofolio data analyst, ada banyak elemen yang perlu diperhatikan.


Elemen yang perlu diperhatikan seperti judul kasus dari portofolio kalian, studi kasus apa yang diangkat, penyelesaian permasalahan dari kasus yang diangkat, library apa saja yang digunakan, proses pengolahan datanya, pembahasan dan juga hasil kesimpulannya. Dengan adanya portofolio ini akan memberikan kalian sebuah kesempatan untuk menunjukkan kompetensi milik kalian dan juga pengalaman kerja milik kalian. Pada artikel kali ini kita akan membahas terkait bagaimana cara membuat portofolio data science untuk para jobseeker dan fresh graduate.


1. Informasi Diri

Sebelum kalian masuk ke dalam isi portofolio, kalian perlu memperkenalkan diri kalian. Pada bagian ini kalian bisa jelaskan secara singkat tentang diri kalian sendiri kepada recruiter, fokus apa saja yang kalian lakukan dan dalami, dan juga bagian apa saja yang kalian kuasai. Mungkin kalian bisa menemukan kalimat yang tepat untuk menulis informasi diri kalian dengan menggunakan sebuah pertanyaan seperti bidang apa yang kalian minati di data science, bisa juga dengan kalian tertarik dengan bidang data science, dan lain sebagainya.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Memiliki Judul Kasus yang Jelas

Portofolio data science haruslah memiliki judul kasus yang jelas. Kalian dapat membuat judul yang menggambarkan isi dari portofolio milik kalian. Dengan melihat judul portofolio kalian, para rekruter akan menilai apakah antara judul, isi, dan juga tujuan dari kasus atau project kalian sesuai apa tidak dalam portofolio kalian. Kalian bisa membuat portofolio dengan bentuk tulisan maupun presentasi yang bisa dipublikasikan pada beberapa platform. 

Data Science

Credit by David Venturi blog


3. Testimoni dari Klien

Kalian juga bisa menyertakan suatu blog dalam portofolio kalian. Dengan memasukkan blog ini akan memiliki nilai tambah untuk kalian di mata recruiter. Saat kalian memiliki blog pribadi, akan menunjukkan bahwa kalian akan memiliki kemampuan dalam hal bercerita dan juga menjelaskan data yang kompleks dengan cara singkat, jelas, dan juga mudah untuk di pahami. Cara ini bisa menunjukkan bahwa kalian dapat menjelaskan data dengan bahasa yang mudah dipahami.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Contoh Portofolio Data Science

Salah satu contoh portofolio data science adalah milik Hannah Yan Han. Hannah Yan Han adalah seorang data scientist profesional yang juga sebagai generatif artist. Portofolio milik Hannah dibuat dalam bentuk sebuah website, disana kalian akan melihat beberapa macam hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh Hannah Yan Han. Ada tiga kategori yang di highlight pada website miliknya yaitu Data Visualization, Creative Coding, dan juga Data Science. Hannah Yan Han juga menambahkan beberapa informasi milik dirinya pada bagian about me.

Data Science

Credit by Hannah Yan Han blog


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login