FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 7 Menit 36 Detik 

Kiat-Kiat Jitu Belajar MySQL dari Nol

Belajar Data Science di Rumah 05-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ed9d326e27741166c217efc69a4cdca0_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat kita sudah memasuki dunia IT pastinya kita tidak asing dengan yang namanya SQL, pastinya kita sering sekali menjumpai bahasa pemrograman yang satu ini. Jadi tidak heran kalau banyak sekali calon-calon programer mulai serius belajar SQL, karena SQL ini sangatlah penting jika kita ingin melamar kerja di perusahaan-perusahaan. 


SQL atau Structured Query Language adalah bahasa pemrograman standar yang mempunyai kegunaan, fungsi, dan juga tujuan untuk dapat mempermudah pengerjaan kita dalam memproses pengolahan database. SQL juga banyak digunakan karena sangatlah unggul dalam sisi pengajuan request atau permintaan terhadap programnya. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya kita belajar MySQL dari nol. Jadi simak terus artikel ini!


1. Pahami Apa itu MySQL

MySQL merupakan software database management system yang menggunakan perintah dasar SQL. MySQL juga software yang open source yang memiliki dua lisensi yaitu Free Software dan juga Shareware. Bedanya ialah jika Free Software penggunaan aplikasi cukup bebas, sedangkan Shareware memiliki penggunaan yang cukup terbatas.


Karena MySQL ini termasuk kedalam jenis RDBMS (Relational Database Management System), maka untuk istilah seperti kolom, tabel, dan juga baris pastinya akan dipakai pada software database ini. SQL merupakan bahasa yang digunakan di dalam MySQL yang dipakai untuk pengambilan data pada database yang terstruktur.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Pengenalan SQL Untuk Pemula

Jadi sebelum kita menuju step selanjutnya yaitu mengoding SQL. Kita tentunya harus bisa memahami konsep-konsep di dalam SQLnya itu sendiri. Pemahaman konsep SQL yang benar pastinya akan memudahkan kita untuk melakukan proses pengolahan data dengan bahasa pemrograman ini. 


SQL itu pada dasarnya adalah bahasa pemrograman standar yang biasa kita gunakan untuk menuliskan berbagai macam permintaan ataupun request saat mengolah database. Jenis-jenis SQL juga ada berbagai macamnya dan juga memiliki beberapa perintah yang hanya berfungsi khusus pada sistem database tertentu. Syntax pada SQL ini juga mematuhi standar dari sistem ANSI.


3. Syarat-syarat SQL

Sebenarnya untuk kalian yang masih pemula untuk mempelajari syarat-syarat penting yang ada pada SQL tidaklah terlalu sulit jika kalian sudah memiliki dasar mengenai coding. Jadi ketika kita hendak menggunakan SQl untuk memudahkan mengelola website pribadi ataupun website milik perusahaan, maka kita harus memperhatikan apa saja kebutuhan penting untuk melakukan proses mengolah data.


Kebutuhan tersebut adalah memiliki kemampuan basic untuk bisa menggunakan software CSS dan HTML. Bisa mengakses sistem database RDBMS seperti MySQL, SQL Server, MS Acces dan lain sebagainya, dan juga kalian diharapkan mampu menguasai bahasa pemrograman untuk menulis skrip ASP atau PHP.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Fungsi SQL

Setelah kita memahami apa itu SQL maka disini kita akan mempelajari fungsi yang dimiliki oleh SQL. Jadi SQL memiliki fungsi untuk menghapus sebuah data pada database, selain itu SQL juga dapat mengubah sebuah prosedur baru dan juga menyimpan semua data baru tersebut di dalam sebuah database. SQL juga dapat mengatur dari hak ases yang ada dalam tabel, prosedur, dan lain sebagainya.


Bagi kalian yang ingin menjadi seorang admin, dengan adanya SQL ini pastinya membantu kalian untuk mengakses dan juga mengubah database sesuka kalian. Kalian pun bisa menjalankan sebuah query ataupun mengambil data di dalamnya jika kalian membutuhkan data tersebut.


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!.


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :