PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 30 Menit 37 Detik

Kiat Singkat Chat GPT untuk Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 29-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e0cd5744e76b02c4cf10c40fe308e8dd_x_Thumbnail800.jpg

Pada zaman sekarang teknologi semakin hari semakin berkembang dan membuat kita sebagai manusia harus siap dan juga bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi ini. Secara sadar maupun tidak, perkembangan teknologi yang terjadi membuat banyak sekali urusan manusia menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Contohnya adalah asisten virtual, asisten virtual ini bisa kita manfaatkan seperti menyalakan lampu, menjadi mesin pencarian, dan lain sebagainya.


Contoh lainnya adalah Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer). Chat GPT ini adalah sebuah model bahasa yang dibangun oleh manusia dengan menggunakan machine learning. Jadi Chat GPT ini dilatih dengan menggunakan metode deep learning yang bisa melatih software ini pada dataset yang cukup besar dan hampir semua datanya menggunakan bahasa manusia, yang kemudian digunakan untuk membangun sebuah sistem yang bisa memahami dan juga merespon semua kata atau bahasa manusia secara alami.


Kalian bisa memanfaatkan chat GPT untuk memenuhi kebutuhan kalian seperti pertanyaan. Jika kalian adalah seorang pemula untuk belajar  Excel, kalian bisa memanfaatkan chat gpt ini untuk membantu kalian melihat rumus-rumus yang ada di  Excel. Penasaran bagaimana cara mengoperasikan chat gpt ini untuk membantu kalian para pemula untuk bisa memahami rumus-rumus di excel? Yuk simak artikel di bawah ini!


1. Masukkan Pertanyaan pada Chat GPT

Langkah pertama kalian bisa membuka laman dari chat gpt ini lalu log in dengan akun kalian agar bisa masuk ke dalam chat gpt. Setelah kalian log in kalian bisa melihat tampilan new screen pada laman chat gpt, pada bagian inilah kalian bisa memasukkan atau memberikan pertanyaan kalian mengenai rumus-rumus excel. Kalian bisa melihat pada gambar di bawah ini:

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Rumus yang Sering Digunakan

Dalam excel pastinya menyediakan banyak sekali rumus di dalamnya. Kita juga bisa mengakses menu rumus atau formula di dalam excel, khusus untuk bisa menemukan semua jenis formula yang tersedia. Bagi para pemula, biasanya mereka hanya perlu memahami dan menguasai formula atau rumus yang umum digunakan. Nah, untuk bisa mengetahui rumus yang sering dipakai, kalian bisa menggunakan chat gpt untuk membantu kalian mencarinya. Bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:


Excel


3. Mencari Formula Tertentu

Pastinya ketika dalam pekerjaan yang memiliki keterkaitan dengan data, semua keadaan akan mungkin terjadi. Mungkin kita bisa bertemu dalam sebuah kondisi yang mengharuskan kita menggunakan rumus tertentu yang jarang dipakai atau tidak pernah digunakan sama sekali. Nah, kita bisa menyelesaikan masalah ini dengan memanfaatkan chat gpt untuk mencari rumus yang tidak pernah kita temui sebelumnya. Misal kita ingin menghasilkan sebuah angka acak antara 0 dan 1, kalian bisa menggunakan rumus RAND, jika kalian bingung bagaimana caranya menggunakan rumus ini kalian bisa menanyakan kepada chat gpt, seperti dibawah ini:

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Meminta Penjelasan Mengenai Suatu Rumus Tertentu

Di dalam excel ada banyak sekali formula atau rumus yang bisa kalian gunakan dalam mengolah data, yang seringkali membuat kita bingung bagaimana cara penggunaan satu rumus dengan rumus lainnya. Ketika kita mempresentasikan hasil temuan kepada perusahaan, pastinya perusahaan akan meminta kita menjelaskan detail dari rumus yang kita pakai. Walaupun itu hanya sebuah kemungkinan tetapi kita tetap harus mengetahui rumus apa yang kita pakai dan bisa menjelaskan detail rumus yang kita pakai. Nah, chat gpt ini bisa memberikan kalian penjelasan mengenai rumus yang kalian pakai seperti contoh di bawah ini.

Excel


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login