SAVETEMBER HEMAT MAKSIMAL! DISC. 95%
Belajar Data 6 Bulan HANYA Rp. 149K!
0 Hari 2 Jam 50 Menit 45 Detik

Coba Beberapa Project Data Analyst di Bawah Ini

Belajar Data Science di Rumah 05-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d8b27d8194d5c1abb0987707f20e287c_x_Thumbnail800.jpeg

Data analyst merupakan salah satu profesi yang saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar. Peran data analyst sangat penting dalam perusahaan karena dapat dikatakan data analyst merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Untuk menjadi seorang data analyst kita perlu melewati proses belajar baik itu melalui kursus atau belajar dengan seseorang yang lebih mampu. Pada saat mengikuti kursus data analyst biasanya seseorang akan mengerjakan beragam project data analyst.


Mempelajari tentang data analyst hampir sama dengan kita mempelajari materi sekolah. Kita perlu sering-sering berlatih untuk meningkatkan skill dan mengasah kemampuan. Dengan mengerjakan project data analyst kita akan dapat terbiasa menyelesaikan permasalahan data dengan beragam studi kasus dan teknik analisis data yang digunakan pun juga berbeda-beda. Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa modul DQLab yang isinya materi maupun project yang cocok digunakan untuk belajar bagi para pemula.


1. Statistics using R for Data Science

Pada modul yang berjudul Statistics using R for Data Science akan dibagi melalui beberapa chapter. Pada chapter pertama peserta akan belajar mengenai statistik mulai dari pengertian statistik, mengapa statistik itu penting, jenis-jenis data dan estimasi karakteristik data. Selain itu peserta juga dapat mencoba untuk mengetikkan kode sederhana seperti membaca dataset dengan csv, mengubah tipe data, menghitung estimasi nilai dan lainnya. Pada chapter selanjutnya peserta akan mempelajari mengenai analisis deskriptif, pengenalan uji hipotesis, serta analisis hubungan dua variabel.

Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Fundamental Data Visualization using R

Visualisasi data merupakan salah satu proses penting dalam analisis data. Salah satu software yang bisa digunakan untuk data visualization adalah R. Dalam modul ini peserta akan mempelajari mengapa visualisasi data dibutuhkan dan bagaimana cara memvisualisasikan data. Selain itu peserta juga dapat mempelajari jenis-jenis grafik apa saja yang cocok dan sesuai untuk visualisasi data dan peserta akan mencoba mengerjakan sebuah studi kasus sederhana yang tujuannya untuk mengukur pemahaman peserta terhadap modul yang telah dikerjakan.

Data Analyst


3. Data Science in Finance: Credit Risk Analysis

Selain mengerjakan modul yang berisi pengetahuan singkat terkait analisis data maupun visualisasi data peserta juga dapat mengerjakan project yang dapat digunakan sebagai gambaran dalam berbagai industri, salah satunya adalah dalam industri keuangan.. Pada modul ini peserta akan mengenali credit risk dan credit rating serta manfaatnya untuk industri finansial. Selain itu peserta juga akan mengenali konsep Decision Tree dan implementasi masyarakat Decision Tree digunakan dalam modul ini adalah algoritma C5.0 dan peserta akan mencoba menggunakan algoritma tersebut memahami outputnya serta mengevaluasi model dan menggunakan model untuk prediksi.

Data Analyst


4. Data Science in Marketing: Customer Segmentation

Selain dalam bidang keuangan peserta juga dapat menerapkan data science dalam bidang marketing yaitu salah satunya adalah untuk customer segmentation. Peserta nantinya akan mempelajari beberapa chapter yang masing-masing terdapat berbagai sub bab yang akan dipelajari seperti pengertian mengenai customer segmentation dan pentingnya customer segmentation. Selain itu peserta juga akan mempelajari mengenai persiapan data yang siap digunakan untuk analisis lanjut. Adapun untuk clustering dan algoritma pada modul ini algoritma yang akan dikerjakan adalah algoritma K-Means.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Mengerjakan project data analyst merupakan salah satu upaya bagi peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam menganalisis data dan mencari pengalaman dengan berbagai studi kasus yang berbeda-beda.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :