FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 44 Menit 20 Detik 

Kiat Sukses Kursus Data Analyst Otodidak Lebih Terarah

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/038610a353010ac06f0b801324bc9bc8_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst merupakan salah satu profesi primadona saat ini, yang memiliki tanggung jawab, untuk memahami sumber data lalu menerjemahkan data agar dapat diolah dan dijadikan laporan dalam bentuk grafik/gambar yang hasilnya akan disampaikan pada pihak terkait sebagai suatu pendukung keputusan guna membantu proses peningkatan bisnis, manajemen dan pengolahan data di suatu perusahaan. Oleh karena itu, menjadi seorang Data Analyst baik pemula maupun senior membutuhkan keahlian-keahlian khusus seperti, memahami dasar-dasar ilmu statistika dan matematika dengan baik, memahami konsep data mining, kemampuan bahasa pemrograman Python, R dan SQL, memahami algoritma machine learning, dan mampu memvisualisasikan data. 


Mengikuti kursus data analyst online dapat berguna untuk mengasah sekaligus meningkatkan keahlian kamu terkait Data Analyst secara otodidak dan mandiri. Selain waktu belajar yang fleksibel kamu juga dapat menentukan lingkungan belajar yang nyaman sesuai dengan yang kamu inginkan karena semua materi diunggah melalui platform online. Kursus data analyst secara online lebih hemat waktu dan biaya karena, kamu tidak memerlukan biaya transportasi untuk menuju tempat kursus. Tapi, terkadang kamu merasa apakah dengan mengikuti kursus data analyst otodidak akan maksimal dalam mengasah dan meningkatkan skill kamu?


Untuk itu simak artikel dibawah ini kiat sukses kursus data analyst otodidak yang terarah versi DQLab!


1. Belajarlah Seolah-Olah Kamu Belajar Secara Offline

data analyst

Belajarlah seokah-olah kamu belajar secara offline atau tatap muka, dengan begitu kamu jadi lebih disiplin terutama dalam menyisihkan waktu beberapa jam dalam seminggu untuk belajar dan kamu dapat menemukan tempat yang tenang untuk belajar. Bila perlu buat target harian atau mingguan, kira-kira dalam waktu sekian hari kamu harus sudah memahami materi apa. Dengan begitu, kamu jadi memiliki tanggung jawab dalam belajar.


Jangan pernah lewatkan tugas yang diberikan, karena itu bisa menjadi bahan portfolio kamu. Banyak kursus yang menyediakan sertifikat tiap kali kamu menyelesaikan modul atau materi, salah satu contoh adalah DQLab. DQLab sendiri merupakan platform online untuk kamu yang ingin belajar serta memulai karir di bidang data. Dengan mengikuti kursus data analyst di DQLab, kamu akan mendapatkan kompetensi fundamental yang dibutuhkan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Perbanyak Latihan dan Mengulang Materi

data analystdata analyst

Agar kamu dapat memaksimalkan kursus data analyst online kamu adalah dengan memperbanyak latihan dan mengulang materi. Seperti contoh di DQLab, pada setiap akhir materi akan diberikan mini project dengan studi kasus sederhana hingga yang advanced. Dengan sering mengerjakan tipe-tipe soal seperti itu kita dapat memahami pola soal yang dimaksud sehingga tidak akan gagap jika model soalnya diganti atau dimodifikasi.


Selain itu, salah satu keunggulan kursus data analyst secara online adalah materi yang dapat diulang-ulang sehingga, jika dirasa kamu belum paham mengenai materi tertentu kamu bisa mengulang nya sampai kamu paham. Tapi ingat, jangan terlalu memforsir untuk terus belajar sediakan waktu untuk merefresh otak kamu agar otak kamu dapat mencerna materi dengan baik.


3. Konsisten

Self control adalah kunci untuk bisa tetap konsisten. Langkah untuk konsisten yang pertama adalah harus membuat komitmen yang spesifik dan konkret, lalu komitmen kamu harus terukur dan bisa diuraikan  ke sub aktivitas yang lebih kecil, kemudian kamu harus membuat target yang wajar untuk dicapai dalam jangka pendek misalnya seperti dalam seminggu kamu harus menguasai tentang materi variabel dan tipe data dalam python, setelah kamu menentukan target jangka pendek kamu dapat melakukan evaluasi sesuai waktu yang kamu perlukan.


4. Proaktif di Forum Diskusi dan Komunitas

data analyst

Melalui forum diskusi, kamu dapat proaktif dalam mengajukan pertanyaan dan kamu juga akan mendapatkan umpan balik. Dengan begitu, kamu dapat bertukar informasi dengan siswa lain mengenai kendala kamu dalam menghadapi materi tertentu. Diskusi akan memaksa kamu untuk menunjukkan seberapa baik kamu menguasai materi. Sedangkan menjawab pertanyaan dari orang lain adalah ujian besar bagi pemahaman kamu sendiri mengenai materi tertentu. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Ikuti Data Analyst Career Track dari DQLab Sekarang!!!

Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :