TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 27 Menit 40 Detik

Kiat Sukses saat Mengikuti Bootcamp Python

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2024-01-05-153726_x_Thumbnail800.jpg

Mengikuti bootcamp python menjadi salah satu cara agar seorang pemula bisa meningkatkan skill dan keterampilannya dalam ranah analisis data. Suatu usaha yang pastinya perlu diacungi jempol apabila pemula mau mendedikasikan waktunya demi sesuatu hal yang bermanfaat seperti mengikuti bootcamp python.


Namun, rasa malas seringkali menghantui para peserta saat bootcamp masih berlangsung. Hal ini tentunya harus segera diatasi apabila calon lulusan bootcamp ini ingin lulus dan segera mendapatkan pekerjaan impiannya di bidang data.


Meskipun rasa malas ini terbilang wajar bagi setiap individu, tetapi kita tidak boleh menganggap biasa dan meremehkan rasa malas ini dalam setiap fase pembelajaran selama peserta mengikuti bootcamp. Diperlukan strategi dan pendekatan untuk mengatasi rasa malas sehingga dapat segera diatasi. Semua ini memerlukan pola pikir atau mindset yang sesuai dengan setiap tahap perkembangan yang dilalui peserta bootcamp.


Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengatasi rasa malas saat mengikuti bootcamp Python. Ingin tahu lebih lanjut? Simak selengkapnya dalam artikel ini!


1. Ingat pada Tujuan Awal

Ingatlah bahwa komitmen kamu untuk menyelesaikan bootcamp Python merupakan langkah pertama menuju keberhasilan meraih karir di industri data. Dalam perjalanan ini, jangan pernah lengah atau mudah menyerah. Peringatkan dirimu sendiri secara teratur tentang tujuan awalmu ketika memutuskan untuk mengikuti bootcamp ini. Pertanyaan mendasar seperti apakah ini benar-benar keinginanmu sendiri atau mendapatkan tekanan dari pihak lain perlu dijawab dengan jujur. Hanya kamu yang bisa menjawab ini.


Jika keinginanmu adalah aspirasimu sendiri, mantapkan tekadmu dan gunakan tujuan tersebut sebagai pendorong motivasi. Kenali nilai-nilai dan manfaat yang ingin kamu peroleh dari bootcamp ini, serta bagaimana itu dapat membantu mencapai tujuan karier atau pribadimu. Di saat-saat sulit, refleksikan kembali tekad dan keinginan tersebut agar dapat mempertahankan semangat.


Namun, jika partisipasimu datang karena tekanan dari pihak luar, pertimbangkan kembali motivasimu. Mungkin ada keuntungan atau peluang yang belum kamu lihat pada awalnya. Jika memang inisiatif ini sejalan dengan keinginan mu, pertimbangkan kembali manfaat jangka panjangnya. Tetapi, jika tekanan tersebut tidak sejalan dengan nilai dan keinginanmu, pertimbangkan apakah ada opsi atau penyesuaian yang dapat dilakukan.

Python

Sumber Gambar: Bulutistan


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Fokus pada Tujuan Akhir

Bootcamp Python umumnya memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi lulusannya untuk menentukan tempat kerja yang sesuai dengan keinginan mereka. Selain mempertahankan fokus pada tujuan awal, penting juga untuk merenungkan tujuan akhir dari partisipasi dalam bootcamp ini. Apakah tujuanmu hanya berkisar pada peningkatan keterampilan semata ataukah mencakup aspirasi memulai karier di industri teknologi?


Mengidentifikasi tujuan akhir dengan jelas membantu mengarahkan langkah-langkahmu selama bootcamp dan setelahnya. Jika hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, tentukan secara spesifik area mana yang ingin kamu kuasai dan bagaimana peningkatan tersebut akan diterapkan dalam situasi dunia nyata.


Sebaliknya, jika tujuanmu adalah memulai karier di industri teknologi, buatlah rencana yang lebih terperinci. Evaluasilah kebutuhan industri, jaringan profesional yang dapat dikembangkan selama bootcamp, dan peluang kerja yang tersedia. Sertakan pula langkah-langkah konkret untuk membangun portofolio yang menarik dan mendapatkan pengalaman praktis yang dapat menonjolkan kemampuanmu.


3. Merubah pola pikir bahwa belajar Python itu menyenangkan

Seringkali, peserta bootcamp Python terlalu membebani diri mereka sendiri sehingga rasa malas dapat datang menghampiri. Jika dirimu terpengaruh oleh rasa malas, cobalah untuk membuka diri terhadap alternatif pembelajaran dan ubah pola pikir bahwa mempelajari bahasa pemrograman Python seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Python

Sumber Gambar: CodeOp


Menggabungkan elemen kesenangan dalam pembelajaran dapat membantu meredakan tekanan dan meningkatkan motivasi. Pertama-tama, pertimbangkan untuk menemukan proyek kecil atau tantangan yang menarik bagi dirimu. Proyek ini dapat memberikan konteks nyata untuk penerapan konsep yang telah dipelajari dan membuat pembelajaran lebih berarti.


Selain itu, gunakan sumber daya yang lebih interaktif, seperti platform belajar daring yang menawarkan tantangan kode, permainan, atau simulasi. Pembelajaran dengan cara ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membantu menjaga keceriaan selama proses belajar.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Jangan Lupa Istirahat yang Cukup

Rasa malas saat mengikuti bootcamp Python juga dipicu oleh kurangnya istirahat yang memadai. Dalam upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran dan penyerapan materi, seringkali peserta terlalu terfokus pada intensitas belajar tanpa memberikan waktu yang cukup untuk istirahat dan pemulihan.


Istirahat bukan hanya tentang fisik tetapi juga mengenai keseimbangan mental. Menghadapi layar komputer atau buku belajar untuk waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan tingkat konsentrasi. Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan waktu istirahat singkat antara sesi belajar. Istirahat ini dapat mencakup berjalan-jalan sebentar, meditasi singkat, atau sekadar melihat sesuatu yang menyegarkan mata


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?


  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :