Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Komponen Utama dari Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 01-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-07-2024-05-01-111532_x_Thumbnail800.jpg

Azure Machine Learning merupakan salah satu platform yang dimiliki oleh Microsoft. Platform ini memungkinkan para Developer dan Data Scientist untuk melatih, menyebarkan, dan mengelola model Machine Learning di cloud. Selain itu, Azure Machine Learning juga menyediakan berbagai tools dan layanan yang dapat memudahkan para pengguna dalam mengembangkan solusi Machine Learning, mulai dari pemrosesan data hingga pembuatan model dan penyebarannya.


Salah satu contoh penggunaan Azure Machine Learning adalah pengguna bisa menerapkan berbagai teknik Machine Learning seperti Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning pada data mereka di platform. Pengguna dapat melatih model, mengevaluasi kinerjanya, dan menyesuaikan parameternya sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan algoritma-algoritma machine learning yang telah tersedia di dalam Azure Machine Learning.


Namun, sebelum sampai di tahap tersebut, ada baiknya kita mengenal beberapa komponen utama dari Azure Machine Learning yang akan dibahas dalam artikel di bawah ini. Check this out!


1. Azure Machine Learning Studio

Machine Learning

Pict by Microsoft


Azure Machine Learning Studio merupakan salah satu komponen utama dari Azure Machine Learning. Komponen ini adalah web interface yang intuitif sehingga memungkinkan para penggunanya untuk mengeksplor, memproses, dan menganalisis data, serta membuat, melatih, dan mengevaluasi model Machine Learning. Dengan interface yang memungkinkan untuk drag-and-drop, pengguna dapat dengan mudah membangun workflow Machine Learning tanpa harus menulis kode.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Azure Machine Learning Service

 Machine Learning

Pict by Microsoft


Komponen utama selanjutnya adalah Azure Machine Learning Service. Komponen ini berupa layanan yang menyediakan berbagai tools dan sumber daya untuk mengelola life cycle dari Machine Learning, mulai dari pendaftaran model hingga penyebaran dan pemantauan model. Layanan ini dapat memungkinkan kolaborasi antara tim, otomatisasi alur kerja, dan juga peningkatan model secara terus-menerus.


3. Azure Machine Learning Compute

Machine Learning

Pict by Microsoft


Azure Machine Learning Compute juga merupakan komponen utama yang tidak kalah penting dalam Azure Machine Learning. Komponen ini adalah layanan yang menyediakan infrastruktur komputasi yang diperlukan dalam proses training model Machine Learning dengan cepat dan efisien. Layanan ini dapat dengan mudah diubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan, sehingga memungkinkan para pengguna untuk melatih model pada data yang berskala besar dengan cepat.


4. Azure Machine Learning Pipelines

Machine Learning

Komponen utama terakhir yang dibahas dalam artikel ini adalah Azure Machine Learning Pipelines. Komponen ini merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengeksekusi, dan mengelola workflow machine learning yang kompleks. Pipelines ini bisa menyelesaikan berbagai tugas, seperti pra-pemrosesan data, training model, serta evaluasi model. Tidak hanya itu,  pipelines  dapat dijalankan secara otomatis sesuai waktu yang dijadwalkan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Pengguna dapat memanfaatkan kekuatan komputasi cloud untuk mengembangkan, melatih, dan mengevaluasi model Machine Learning dengan cepat dan efisien dengan Azure Machine Learning. Platform ini juga menyediakan berbagai fitur seperti integrasi dengan tools dan layanan lain dalam ekosistem Microsoft Azure, dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman dan framework Machine Learning, dan kemampuan untuk melakukan penyebaran model ke berbagai lingkungan, baik di cloud maupun di edge.


Kita bisa memulai dengan  mempelajari Machine Learning di DQLab. Selain modul pembelajaran, kita juga bisa mengikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner yang diadakan oleh DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login