SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 26 Menit 56 Detik

Konsep Gaussian Distribution untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 24-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-03-2024-01-24-170722_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seorang data analyst, pemahaman tentang teori statistik merupakan hal yang paling penting untuk melakukan analisis data yang valid dan akurat. Pemahaman teori statistik akan memberikan dasar yang kuat untuk interpretasi hasil analisis data, dan dapat membantu dalam membuat keputusan berdasarkan bukti-bukti yang valid.


Namun, seperti yang kita ketahui bahwa konsep statistik tentunya banyak sekali dan data analyst perlu jeli untuk memilah dan memilih konsep mana yang cocok dalam menunjang pekerjaannya. Salah satu statistik yang mendasar dan penting untuk dipahami oleh seorang data analyst adalah Distribusi Gaussian atau distribusi normal.


Dalam dunia yang semakin dikuasai oleh data, pemahaman konsep Gaussian distribution menjadi kunci untuk keberhasilan seorang data analyst. Distribusi normal memberikan dasar untuk berbagai metode statistik dan analisis data yang digunakan dalam pengambilan keputusan.


Oleh karena itu, melibatkan diri dalam pemahaman yang mendalam terhadap distribusi Gaussian adalah langkah penting untuk memperkaya keterampilan dan meningkatkan kualitas analisis data. Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai pentingnya mempelajari Gaussian distribution dalam konteks pekerjaan sebagai data analyst.


Simak yuk penjelasannya sahabat DQLab!


1. Membantu dalam Pengujian Hipotesis dan Tingkat Kepercayaan Statistik

Distribusi Gaussian memainkan peran penting dalam pengujian hipotesis. Banyak metode inferensi statistik, seperti uji t dan uji z, bergantung pada asumsi bahwa data memiliki distribusi normal. Dengan memahami Gaussian distribution, seorang data analyst dapat dengan lebih percaya diri menggunakan teknik-teknik ini dan memberikan hasil yang lebih dapat diandalkan.

Data Analyst

Sumber Gambar: Science Direct


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Sebagai Representasi Ideal dalam Analisis Data yang Akurat

Distribusi Gaussian, atau dikenal juga sebagai distribusi normal, seringkali muncul secara alami dalam berbagai fenomena di kehidupan sehari-hari dan dunia bisnis. Banyak variabel acak yang dapat diobservasi, seperti tinggi badan atau hasil pengukuran alat, memiliki pola distribusi yang mendekati Gaussian.


Oleh karena itu, pemahaman konsep ini memungkinkan data analyst untuk membuat asumsi yang lebih akurat ketika menganalisis data nyata.


3. Pemahaman Lebih Lanjut tentang Parameter Statistik

Distribusi Gaussian sangat terkait dengan konsep parameter statistik seperti mean dan deviasi standar. Pemahaman mendalam terhadap parameter-parameter ini memungkinkan seorang data analyst untuk merinci dan menginterpretasikan data dengan lebih baik. Sebagai contoh, deviasi standar dapat memberikan gambaran tentang seberapa bervariasinya data dari rata-ratanya.

Data Science

Sumber Gambar: Machine Learning Mastery


4. Memberikan Manfaat dalam Pengambilan Keputusan

Pemahaman yang mendalam terhadap distribusi Gaussian memberikan kepercayaan diri dalam menyimpulkan temuan analisis data. Data analyst yang mahir dalam memahami distribusi normal dapat memberikan informasi yang lebih kaya dan bermakna kepada pemangku kepentingan. Hal ini membantu mereka dalam membuat keputusan yang lebih baik.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Membantu pemodelan dan Machine Learning

Dalam banyak aplikasi machine learning, asumsi distribusi normal seringkali diterapkan. Memahami Gaussian distribution dapat membantu data analyst dalam memilih dan menerapkan model-model yang sesuai dengan data yang dimilikinya. Hal ini termasuk pemilihan fitur, normalisasi data, dan evaluasi hasil prediksi.


Jadi, teman-teman, sekarang kalian tahu bahwa statistik adalah senjata rahasia yang digunakan oleh Data Analyst untuk memahami data dan membuat keputusan yang cerdas. Jangan takut untuk mempelajari lebih lanjut tentang statistik, karena ini adalah alat yang sangat berguna dalam dunia analisis data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login