DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 27 Menit : 21 Detik

Kuasai 3 Skill Utama Ini untuk Menjadi Data Engineer Profesional

Belajar Data Science di Rumah 25-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/73873c5feddd0bd9f03f02ad11528da0_x_Thumbnail800.jpg

Akhir-akhir ini, profesi yang bergerak dibidang IT semakin banyak dilirik. Terlebih lagi karena banyaknya perusahaan yang memilih teknologi digital sebagai cara menawarkan produknya. Bahkan ada juga perusahaan yang menjadikan teknologi digital ini sebagai salah satu produk. Tak hanya programmer dan developer, ternyata Data Engineer juga mulai banyak dibutuhkan.

Tentunya untuk menjadi seorang Data Engineer, ada beberapa hal-hal tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya saja menguasai matematika, statistika, dan programming. Selain itu kemampuan dalam perpikir cepat dan logis tentunya sangat dibutuhkan, mengingat profesi ini merupakan profesi yang cukup “vital”. Data Analyst dan Data Scientist akan kesusahan dalam bekerja jika yang menempati posisi Data Engineer tidak bisa profesional.

Nah, untuk menjadi seorang Data Engineer yang profesional, ada beberapa skill utama yang harus dikuasai. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menguasai SQL, Python, dan Java/Scala

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses dan memanipulasi data. SQL akan membantu untuk proses mengakses dan mengambil data, menjalankan query, bahkan menghapus data dari database. Karena Data Engineer hampir setiap hari berhubungan dengan database, maka SQL menjadi skill wajib yang harus dikuasai.

Selain SQL, Python dan Java/Scala juga menjadi skill utama yang dibutuhkan. Python digunakan dalam proses manajemen data, termasuk melakukan pengolahan data. Hal ini karena python memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam menguraikan kode dan data sehingga menjadi lebih mudah terbaca. Sedangkan Java dan Scala digunakan dalam proses pengembangan lebih lanjut karena memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding Python.

Baca Juga : Berkarir Menjadi Data Engineer, Intip 3 Tips Soft Skill untuk Menghadapi Era Big Data

2. Cloud Platform

Lahirnya big data membuat banyak perusahaan mulai melirik Cloud Platform sebagai media penyimpanan data. Teknologi cloud computing memungkinkan pengguna untuk menyimpan data baik itu dalam skala kecil maupun skala yang jauh lebih besar namun tidak perlu lagi membutuhkan ruang penyimpanan di komputer si pengguna. Cloud platform yang banyak dipakai hingga saat ini sangat banyak, misalnya Amazon Web Services, Google Cloud Computer, dll. Sehingga kemampuan untuk menggunakan cloud platform ini termasuk salah satu skill utama yang harus dikuasai Data Engineer.

3. Data Pipelines

Skill selanjutnya yang harus dikuasai untuk menjadi seorang Data Engineer adalah Data Pipelines. Data pipeline digunakan untuk prose pengiriman suatu data dari database satu ke database lainnya. Kemudian data tersebut akan disimpan ke dalam Data Warehouse. Dalam proses membangun Data Pipelines ini dapat menggunakan SQL Query, External API, ataupun menggunakan script khusus. Sebagian besar perusahaan akan menugaskan Data Engineer untuk membangun Data Pipelines yang terbaik.

Baca Juga : 3 Tips Sukses Belajar Data Analyst Tanpa Latar Belakang IT Maupun Statistik

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2.  Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!