TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 23 Menit 7 Detik

Kuasai Python untuk Persiapan Karir yang Cemerlang

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ae9d42a779fee5a94b674a8e05528ff6_x_Thumbnail800.jpg

Python banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Spotify, Netflix, Pinterest, bahkan NASA dalam meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Tidak hanya membantu dalam bidang industri, Python juga digunakan dalam menganalisis data penelitian. Bidang pendidikan yang sering menggunakan Python diantaranya adalah matematika, statistika, biologi, dan bioinformatika. Bahkan menurut survei yang dilakukan Stack Overflow tahun 2022, Python menjadi bahasa pemrograman yang paling populer keempat setelah Javascript, HTML/CSS, dan SQL. 


Seiring dengan transformasi digital menuntut Sahabat DQ juga harus memiliki kemampuan pemahaman di Python. Hal ini karena hampir seluruh perusahaan akan berfokus pada big data dalam mengambil keputusan. Jika kalian memiliki kemampuan spesifik dalam mengaplikasikan Python, bukan tidak mungkin karir Sahabat DQ akan cemerlang. Apa sebenarnya Python dan bagaimana perannya di industri? Baca penjelasan artikel berikut ini!


1. Apa Itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Python banyak digunakan untuk kebutuhan otomatisasi tugas, menganalisis data, hingga digunakan developer untuk membangun software atau website. Dilihat dari perannya, Python sangat mudah digunakan untuk kebutuhan apapun karena merupakan general purpose language. Artinya, Python fleksibel digunakan dan memang tidak dikhususkan untuk membantu menyelesaikan masalah tertentu. 


Python


Selain bersifat general, bahasa pemrograman Python banyak digunakan karena kodenya lebih mudah dipahami karena sintaks yang dibangun sangat sederhana. Keunggulan ini menjadikan Python ramah bagi pemula dan banyak dipilih sebagai bahasa pemrograman pertama untuk mengasah kemampuan coding lebih dalam. Beberapa fungsi Python di perusahaan adalah web development, analisis data dan machine learning, keamanan siber, otomatisasi atau scripting, dan pembuatan software, dan masih banyak lagi.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Python Untuk Web Development

Membangun situs website dengan menggunakan Python berarti kalian dapat menuliskan kode yang nantinya dapat beroperasi di server dibandingkan di browser. Para developer lebih sering menggunakan Python untuk kebutuhan URL routing, pengiriman data dari dan untuk server, memastikan keamanan data, serta memproses data yang dibutuhkan. Untuk menunjang kebutuhan web developer, Python dilengkapi dengan fitur kerangka kerja seperti Flask dan Django.


Python


Django adalah sebuah kerangka kerja berorientasi web yang membantu Python melakukan web development. Django menawarkan beberapa komponen utama seperti otentikasi, panel manajemen, struktur untuk mengunggah file, mesin template, dan URL routing. Selain Django, Flask juga merupakan fitur kerangka kerja Python dalam web development. Semua komponen dalam modul ini dibuat untuk dijalankan dalam konteks server. Sayangnya, Flask bersifat mikro framework. Artinya, hanya memiliki sedikit fitur atau fiturnya terbatas. Karena hal inilah, Flask lebih ringan untuk digunakan dibandingkan Django.


3. Python Untuk Analisis Data dan Machine Learning

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang erat dan sering digunakan data scientist. Sebab Python memudahkan proses analisis data seperti visualisasi data, manipulasi data, perhitungan statistik, bahkan memodelkan data dengan mengaplikasikan sejumlah algoritma. Python memiliki fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan untuk kebutuhan tersebut. Selain itu, Python juga mendukung beragam format data. Ini pasti sangat membantu praktisi data yang memiliki data dari berbagai sumber. Otomatis akan memiliki sejumlah data dengan format yang berbeda-beda. Mengekstrak data ke dalam Python tentu lebih praktis.


Python


Python dilengkapi dengan beragam libary, modul, dan kerangka yang membantu kebutuhan machine learning. Untuk mengaplikasikannya, kalian tinggal menuliskan atau memanggil library yang dibutuhkan dengan sintaksnya masing-masing. Beberapa library yang digunakan untuk kebutuhan machine learning adalah:

  • Pandas digunakan untuk mengombinasikan, mengelompokkan, dan mengklasifikasikan data yang berasal dari berbagai sumber seperti Excel, SQL database, CSV, dan sebagainya.

  • NumPy digunakan untuk menyelesaikan operasi matematika yang rumit diselesaikan dengan sintaks sederhana. NumPy juga banyak digunakan untuk menangani berbagai permasalahan lain, seperti gambar, suara, dan operasional biner lainnya.

  • Matplotlib dipakai untuk kepentingan visualisasi data yang melibatkan grafik, plot, histogram, dan lain-lain.

  • Seabron berfungsi membaca dan memahami data-data untuk kemudian dipetakan dalam bentuk grafis statistik, sehingga dapat menghasilkan plot yang informatif.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Python Untuk Digital Security

Perkembangan era digital mengharuskan seseorang untuk memahami digital security. Karena hampir semua data privasi pengguna teknologi dengan mudah dapat diakses melalui digital. Seperti identitas pada layanan web, perangkat lunak antivirus, kartu SIM ponsel, dan perangkat lain selalu menggunakan data pribadi. Sehingga dibutuhkan teknologi khusus untuk mengamankan data-data tersebut. Salah satu bidang yang menangani ini adalah cyber security. Secara umum, cyber security berguna untuk mengurangi risiko serangan dunia maya dan melindungi dari eksploitasi sistem, jaringan, dan teknologi lain yang ilegal. 


Python


Pemahaman yang kuat tentang bahasa pemrograman membantu para pakar keamanan digital dunia untuk bisa menangani berbagai permasalahan kejahatan di dunia maya, dan memiliki pemahaman yang baik tentang arsitektur suatu sistem berarti lebih mudah untuk mempertahankannya. Salah satu bahasa pemrograman yang digunakan pada bidang ini adalah Python. Python umumnya digunakan untuk mengirim paket TCP ke mesin, melakukan analisis malware, dan membuat sistem deteksi penyusupan dengan ketergantungan minimal pada alat pihak ketiga.


5. Persiapkan Karirmu di DQLab!

Penjelasan di atas hanyalah bagian kecil dari penggunaan Python di industri. Cukup beragam dan bermanfaat ya Sahabat DQ? Setelah mengetahui bahwa Python ramah bagi pemula, merupakan bahasa pemrograman yang general sehingga dapat digunakan di kebutuhan apa saja, dan sintaksnya sederhana, tentu kalian semakin tertarik untuk mempelajarinya. Apalagi bagi kalian yang menginginkan karir yang cemerlang di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini. DQLab adalah jawaban terbaik untuk kalian memulai mempelajari Python. 


Saat ini, DQLab memberikan fasilitas Live Class yang membantu kalian untuk memahami penggunaan Python secara menyeluruh. Salah satunya adalah Bootcamp Data Analyst with Python & R. Pada kelas ini, kalian akan belajar skill Data Analyst secara intensif lewat materi fundamental Python & SQL untuk mengolah dan menganalisa data. Kalian bisa mengakses rekaman dan materi selamanya dengan satu kali daftar, loh!


Python


Tunggu apalagi, yuk segera Sign Up dan daftarkan diri kalian untuk mempersiapkan karir yang cemerlang bersama DQLab!

Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya 


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :