3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 42 Menit 35 Detik

Kuasai Skill Ini untuk Raih Profesi Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 04-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2024-02-03-104346_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, pernahkah kalian mendengar profesi data engineer? Ya, data engineer termasuk salah satu profesi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai bidan. Seorang data engineer memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap data perusahaan mulai dari merancang, membangun, memelihara infrastruktur data yang nantinya akan digunakan oleh data scientist atau data analyst. Macam-macam skill data engineer pun dibutuhkan untuk memaksimalkan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya.


Profesi data engineer memiliki peranan penting dalam menjaga dan memelihara infrastruktur data. Beberapa tugas data engineer yaitu membuat kumpulan data yang selaras dengan kebutuhan bisnis, mengembangkan algoritma untuk mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat, membangun dan memelihara arsitektur pipeline database, berkolaborasi dengan manajemen untuk memahami tujuan perusahaan, dan masih banyak lainnya.


Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa macam skill data engineer.


1. Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan suatu hal yang harus dipahami oleh para praktisi data. Machine learning ini merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang dikembangakan untuk dapat belajar sendiri tanpa arahan dari penggunanya. Machine learning ini juga perlu dikenali oleh data engineer sehingga dapat memudahkan data scientist dalam menganalisis data menggunakan algoritma-algoritma machine learning yang tersedia.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menggunakan ETL

ETL yang merupakan singkatan dari extract, transform, and load merupakan suatu proses menggabungkan data dari berbagai sumber ke dalam gudang data. ETL berbeda dengan proses ELT. ETL mentransformasikan satu set data terstruktur ke format terstruktur lainnya, sedangkan ELT tidak hanya mengatasi data terstruktur, melainkan data tidak terstruktur pula yang dapat disimpan. Secara singkat terdapat lima langkah proses ETL, yaitu mengekstrak, membersihkan, mengubah, memuat dan menganalisis.

Data Engineer


3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan salah satu skill data engineer yang perlu dipelajari oleh calon data engineer. Seorang data engineer menggunakan bahasa pemrograman untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Bahasa pemrograman disebut pula sebagai sistem komunikasi antara manusia dan mesin untuk menginstruksikan komputer dalam melakukan tugas tertentu.


Beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan data engineer antara lain seperti Python, MangoDB, Power BI, Snowflake, Tableau, SQL, dan masih banyak lainnya. 

Data Engineer


4. Pengetahuan Database

Database atau kumpulan data merupakan salah satu komponen penting dalam perusahaan. Database ini perlu disiapkan dan dikelola dengan maksimal. Tugas utama data engineer adalah menyimpan dan mengolah data mentah agar bisa diproses oleh praktisi data lainnya seperti data analyst maupun data scientist.


Oleh karena itu data engineer perlu memiliki pengetahuan terkait database seperti data warehousing maupun cloud computing. Pengetahuan ini berguna untuk proses penyimpanan data dari berbagai lokasi maupun platform.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Setiap profesi memerlukan skill atau keahlian dalam bidangnya untuk memperlancar tugas yang akan dilakukan. Begitu halnya dengan data engineer. Salah satu skill yang dibutuhkan oleh data engineer adalah menguasai bahasa pemrograman dan paham akan penerapannya. Kamu bisa belajar beberapa bahasa pemrograman di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :