3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 53 Menit 2 Detik

Kulik Belajar Macro VBA di Excel Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 15-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-08-2024-01-13-094046_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah salah satu software atau tools yang biasa digunakan oleh praktisi data untuk membantu berbagai kebutuhan. Microsoft excel dikenal memiliki banyak manfaat seperti untuk pengolahan data, tabulasi data, visualisasi data, dan lainnya. Microsoft excel juga memiliki berbagai rumus atau fungsi yang bisa digunakan untuk tugas khusus, contohnya seperti untuk topik ekonomi. Pada artikel kali ini kita akan belajar excel untuk programming topik Macro atau VBA.


Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju ini membutuhkan update ilmu yang dapat menyesuaikan dengan keadaaan masa kini. Hal ini tentunya juga membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sebagai contoh, pada era perkembangan teknologi ini data semakin mudah diakses dan perlu dikelola dengan sebaik mungkin.


Oleh karena itu diperlukan pula kehadiran para praktisi data yang mampu dalam bidangnya. salah satunya adalah praktisi data yang menguasai bahasa pemrograman seperti Microsoft excel.


1. Pengertian VBA

VBA (Visual Basic for Application) merupakan turunan dari bahasa visual basic yang dikembangkan oleh Microsoft. VBA ini turunan bahasa pemrograman BASIC (Beginners’ All-Purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz pada tahun 1963. VBA ini berisi kode-kode yang bisa digunakan untuk diskusi dan tanya jawab mengenai permasalahan excel. VBA ini bisa diakses tidak hanya di Excel, namun bisa diakses pada program office lainnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengertian Macro

Macro excel merupakan baris-baris perintah yang menggunakan bahasa pemrograman VBA. Macro adalah suatu fungsi yang disimpan dalam menu visual basic. Macro bisa digunakan untuk mengotomatisasi tugas berulang dan bisa dijalankan saat pengguna harus melakukan tugas. Untuk mengaktifkan macro excel bisa memeriksanya dan masuk melalui macro dan security. Macro ini juga berfungsi untuk mengefisiensikan pekerjaan dalam membuat laporan pada Microsoft Excel hanya dengan sekali klik pada tombol macro.


3. Macam Kontrol pada VBA

VBA dapat menempatkan kontrol di lembar atau menempatkannya di Userform. Beberapa macam kontrol pada VBA antara lain

  • kotak teks, bidang kosong tempat pengguna dapat mempelajari cara mengambil kotak teks di lembar kerja

  • kotak daftar, daftar drop down dari nama pengguna dapat membuat pilihan

  • kotak kombo, sama dengan kotak daftar tetapi jika tidak ada dalam daftar pengguna dapat mengisi pilihannya sendiri

  • kotak centang, bidang yang dapat diperiksa untuk menyimpan informasi

  • tombol opsi, sama dengan kotak centang namun tidak bergantung satu sama lain

  • userform, mengajarkan cara membuat userform VBA


4. Langkah Belajar Macro VBA Excel

Adapun langkah-langkah belajar macro VBA Excel dasar antara lain

  • membuat folder khusus belajar VBA Excel sehingga dapat menyimpan hasil belajar dan file-file belajar

  • menampilkan tab developer

  • membuat file baru

  • membuka visual basic editor

  • membuat module baru

  • membuat macro pertama

  • membuat tombol perintah atau command button


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Penguasaan microsoft excel termasuk salah satu hal yang perlu dikuasai oleh para praktisi data. Kamu bisa belajar dasar-dasar excel serta berbagai fungsi di dalamnya dengan belajar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Data Analyst with Excel.  


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :