JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 10 Jam 15 Menit 0 Detik

Kumpulan Coding Python Sederhana, Pemula Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1d37a42a765da288c43d06ecbff8ef2d_x_Thumbnail800.jpeg

Bahasa Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer pada akhir ini. Alasannya adalah python dapat membuat dan juga membangun sebuah situs web dan perangkat lunak, mengotomatisasikan sebuah tugas, dan juga bisa melakukan sebuah analisis data dengan berbagai macam script code. Python juga bisa membuat berbagai macam program yang cukup berbeda dan tidak khusus untuk beberapa masalah tertentu. 


Python juga menjadi salah satu pilihan yang banyak dipilih oleh para programmer karena software ini mempunyai kelebihan seperti sangat user friendly dan juga menjadi salah satu bahasa yang cukup fleksibel. Bahasa ini juga cukup mudah dipelajari oleh pemula. Codingan di dalam ptython juga sangat beragam seperti codingan sederhana. Codingan sederhana ini akan kita tampilkan di dalam artikel berikut ini jadi simak terus ya!


1. Menampilkan Sebuah Tabel Perkalian

Di dalam sebuah tabel perkalian pastinya nantinya akan ada angka yang di loop atau di ulang-ulang. Untuk bisa menampilkan tabel tersebut, kalian akan membutuhkan sebuah elemen dalam python dengan nama loop. Elemen ini nantinya akan digunakan untuk bisa mengulangi sebuah urutan atau mengulang objek iterable, yaitu sebuah obejek yang memang dapat diulang kembali. 


Fungsi loop yang dipakai disini adalah fungsi range(). Jadi kalian akan mencantumkan rentang angka perkaliannya ke dalam tanda kurung. untuk sintaksnya sendiri itu seperti berikut ini: 


Python


Untuk hasilnya sendiri itu adalah seperti berikut ini:

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Menampilkan Nomor Acak

Python juga memiliki sebuah elemen modul. Pada poin kali ini kita akan menggunakan elemen modul random. Modul random ini biasanya diugunakan untuk mengahasilkan atau menampilkan nomor acak. Untuk bisa menggunakannya kalian bisa menggunakan kode random() untuk bisa menghasilkan nomor acak, lebih tepatnya adalah di antara nomor 0 sampai dengan nomor 1. Sebagai contoh untuk poin kali ini adalah sepeti berikut ini:

Python


Untuk hasilnya adalah seperti berikut ini:

Python

3. Menampilkan Kalender

Contoh berikutnya adalah menampilkan kalender. Jika kalian ingin menampilkan sebuah kalender, maka kalian dapat membuat programnya dengan menggunakan bahasa python ini. hal yang pertama kalian harus lakukan adalah mengimpor kalendernya dari modul python. Modul ini mirip dengan poin sebelumnya, bedanya adalah ini akan menampilkan sebuah kalender. Dengan menggunakan modul ini, nantinya kalian akan bisa menampilkan sebuah kalender yang lengkap dengan tahun, bulan, dan juga tanggalnya. Untuk bentuk sintaksnya bisa kalian lihat di gambar berikut ini:


Python


Untuk hasilnya seperti berikut ini:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Mengurutkan Kata Sesuai Abjad

Untuk bisa mengurutkan sebuah kata-kata sesuai dengan abjadnya, python memiliki elemen bernama string. Elemen ini adalah terdiri dari serangkaian karakter. Jadi dalam alfabet bahasa indonesia mempunyai sekitar 26 karakter. Dengan menggunakan elemen string ini, kalian bisa memasukkan kata-kata yang kalian inginkan. Untuk sintaksnya sendiri bisa kalian lihat pada gambar berikut ini:


Python


Nantinya akan muncul hasil seperti berikut ini:

Python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login