Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Kumpulan Formula Excel untuk Atur Keuanganmu

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c5af6ec95e73fe170c7cae355d3f08a_x_Thumbnail800.jpeg

Rumus Excel merupakan salah satu fitur powerful yang dimiliki oleh microsoft Excel untuk mengidentifikasi hubungan antara nilai dalam cell spreadsheet, melakukan perhitungan matematis menggunakan nilai-nilai yang ada pada cell, dan menampilkan nilai yang dihasilkan dalam cell yang telah kita pilih.


Uniknya, rumus-rumus dasar seperti penambahan, pengurangan, persentase, pembagian, rata-rata, perkalian, bahkan format tanggal dan waktu dapat diaplikasikan dengan mudah dan cepat.


Salah satu operasi yang tidak banyak orang tahu adalah operasi terkait dengan keuangan, investasi dan finansial. Apakah bisa diselesaikan dengan menggunakan Excel? Jawabannya bisa banget teman-teman. Daripada susah-susah hitung secara manual pastinya bikin pusing.


Operasi terkait keuangan, laporan arus kas, neraca keuangan, analisis investasi, laporan laba rugi seringkali dihandle atau ditugaskan oleh analis keuangan maupun perencana keuangan. 


Mereka bertugas untuk membuat keputusan apakah layak atau tidak ketika ingin mengambil investasi berdasarkan parameter keuangan yang sudah dibuat dan ditetapkan.


Di bidang keuangan, Excel merupakan ‘senjata’ andalan karena fitur-fiturnya yang bisa mempermudah pekerjaan sehingga proses pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa formula Excel yang biasa digunakan oleh pekerja di bidang keuangan. Penasaran apa saja? Yuk simak bersama artikel ini sampai akhir!


1. Rumus IF Tunggal

Fungsi IF adalah fungsi logika Excel yang paling banyak digunakan, terutama berkaitan dengan pengolahan banyak data dan keputusan bercabang.


IF Tunggal adalah fungsi dasar yang kegunaannya sederhana, yaitu untuk memeriksa nilai sebuah logika kemudian mengambil tindakan jika benar dan tindakan lain jika salah.


Salah satu kegunaannya adalah untuk memeriksa nilai debit dan kredit di dalam neraca saldo. Neraca saldo adalah sebuah laporan yang berisikan informasi mengenai saldo dari seluruh akun yang melakukan transaksi dalam suatu perusahaan.


Total saldo di debit harus sama dengan total saldo di kredit. Untuk memeriksa dan memastikan bahwa saldo tersebut sudah benar-benar sama, maka cara sederhana dan mudahnya adalah menggunakan rumus Excel IF tunggal.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus PMT - Payment

Rumus PMT ini merupakan rumus Excel yang bisa kamu gunakan untuk menentukan berapa banyak uang yang perlu kamu tabung secara teratur baik mingguan, bulanan, atau tahunan di rekening berbunga untuk mencapai tujuan keuangan tertentu. Dana ini dapat berupa dana pendidikan untuk anak-anak, membeli rumah, membeli mobil, atau tujuan lainnya.


Rumus ini juga merupakan rumus yang bisa digunakan untuk menghitung berapa banyak uang yang harus kamu setor setiap periode untuk sebuah pinjaman yang harus membayar kembali dengan jumlah yang sama untuk menutupi bunga dan pokok pinjaman selama masa pinjaman. 


Sebagai contoh Pak Haris ingin menyiapkan dana pendidikan sebesar Rp. 100.000.000 untuk anaknya pada tahun 2030 (10 tahun mendatang). Berapa uang yang harus Pak Haris simpan dalam rekening tabungan atau investasi tahunan dengan suku bunga 15% per tahun?


Untuk menjawab pertanyaan ini, Pak Haris cukup menuliskan suku bunga, durasi waktu, dan target yang ingin dicapai pada tabel Microsoft Excel. Lalu ketik =PMT(Suku Bunga/Bulan dalam Tahun,Durasi Waktu (Tahun)*Bulan dalam Tahun,Besar Target)

=PMT(15%/12,10*12,100000000)


3. Rumus NPV - Net Present Value

Rumus ketiga ini adalah rumus biasanya digunakan dalam analisis kelayakan investasi yaitu NPV. NPV merupakan singkatan dari Net Present Value yang termasuk kedalam parameter kelayakan investasi. 


NPV digunakan untuk mengukur peluang suatu perusahaan dalam mengelola investasi hingga nilai mata uang berubah. Metode ini bisa dibilang sebagai salah satu metode terbaik dalam analisis kelayakan investasi. Sebab, perhitungan NPV didasarkan pada nilai di masa sekarang.


Bentuk umum Rumus NPV:

NPV =  PV dari Arus Kas di Masa Depan - Investasi Awal


NPV atau yang biasanya diterjemahkan menjadi nilai bersih di masa sekarang adalah nilai sekarang dari kas-kas yang telah dikurangi investasi awal yang diperlukan oleh suatu bisnis ketika seseorang memutuskan untuk melakukan investasi. NPV juga bisa diartikan sebagai tambahan kekayaan yang diperoleh pelaku bisnis ketika melakukan investasi.


Jika nilai NPV lebih besar daripada 0 alias NPV positif menunjukkan bahwa investasi yang didapatkan memiliki keuntungan (penerimaan lebih besar dibandingkan dengan nilai yang diinvestasikan.


Sedangkan nilai NPV lebih kecil dari 0 atau NPV negatif menunjukkan adanya kerugian dalam investasi yang kita jalankan. Hal ini sejalan dengan penerimaan lebih besar daripada keuntungan.


4. Rumus IRR – Internal Rate of Return

Fungsi Excel IRR adalah fungsi keuangan yang menghasilkan tingkat pengembalian internal (IRR) untuk rangkaian arus kas yang terjadi secara berkala.


Bentuk umum Rumus IRR: =IRR(values;[guess])

Argumen:

values – larik atau referensi ke sel yang berisi nilai.

guess – [opsional] perkiraan IRR yang diharapkan (default = .1 (10%).


Jika nilai Internal Rate of Return (IRR) yang tinggi akan menjelaskan bahwa sebuah proyek akan profitable alias menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan.


Sebaliknya, apabila nilai IRR rendah atau lebih kecil dari biaya investasi awal maka akan menunjukkan prospek buruk terhadap proyek kedepannya alias tidak menguntungkan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Banyak rumus Excel dasar yang bisa kamu pelajari lebih dalam. Sedikit banyaknya seperti rumus yang ada di contoh.


Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, yuk! 


Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan Excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. Sign Up sekarang dengan isi form di bawah ini yaa!

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :