Kumpulan Fungsi Excel yang Wajib Kamu Ketahui

Seiring perkembangan zaman saat ini telah banyak software yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berbicara mengenai software, tentu kalian tidak asing dengan microsoft excel.
Microsoft excel adalah suatu aplikasi pengolah spreadsheet yang terkenal dan telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Ragam fungsi excel yang tersedia menjadi salah satu kelebihan yang dipilih untuk berbagai permasalahan.
Microsoft excel merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa manfaat microsoft excel antara lain untuk menyelesaikan perhitungan aritmatika, untuk membuat grafik dan diagram, sebagai software akuntansi, dapat mengoperasikan data, menganalisis dan menyajikan data, serta dapat digunakan untuk menghitung dan mengelola catatan keuangan.
Untuk melaksanakan berbagai keperluan tersebut diperlukannya ragam fungsi excel sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut ragam fungsi excel yang perlu kamu ketahui!
1. Rumus UPPER
Upper adalah salah satu rumus atau fungsi dalam excel yang berfungsi untuk mengubah kata atau kalimat menjadi huruf besar. Rumus ini berfungsi bagi kalian yang mungkin sudah terlanjur mengetik teks huruf kecil yang panjang dan ingin mengubah teks tersebut menjadi huruf besar.
Tentu hal itu akan memakan waktu yang lama jika kita menulis ulang kembali teksnya bukan? Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan rumus excel yaitu Upper, dengan sintaks umumnya =UPPER(text).
Berikut contoh penggunaannya sebelum menggunakan rumus upper:
setelah di klik enter maka hasilnya sebagai berikut
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. Rumus LOWER
Jika pada bagian sebelumnya kita mengenali cara mengkonversi huruf kecil menjadi huruf besar, maka dalam excel juga tersedia cara mengubah huruf besar menjadi huruf kecil.
Caranya hampir sama dengan rumus upper. Hanya saja pengguna cukup mengetikkan sintaks umumnya yaitu =LOWER(text). Untuk memahaminya perhatikan contoh berikut
Sebelum menggunakan rumus lower
Setelah menggunakan rumus lower
3. Rumus SUM
Seseorang yang baru mengenali microsoft excel, pada umumnya mengetahui fungsi microsoft excel adalah untuk melakukan perhitungan dan memudahkan dalam membuat tabel-tabel. Hal tersebut memang benar walau sebenarnya excel juga memiliki beragam fungsi selain untuk perhitungan aritmatika.
Salah satu rumus matematika dalam excel yang perlu diketahui adalah rumus SUM. Rumus SUM ini berguna untuk menjumlahkan keseluruhan angka yang dipilih dengan mudah.
dengan mengetikkan rumus SUM tersebut maka akan diperoleh hasil 853.
4. Rumus AVERAGE
Selain rumus SUM yang sering digunakan banyak orang, terdapat juga rumus AVERAGE yang mana fungsinya adalah untuk menghitung nilai rata-rata. Dengan menggunakan rumus AVERAGE ini pengguna tidak perlu menghitung nilai rata-rata dengan cara manual seperti menjumlahkan total nilai lalu membaginya lagi.
Penggunaan rumus ini akan sangat memudahkan jika pengguna dihadapkan dengan data nilai yang sangat banyak. Berikut contoh penggunaan rumus AVERAGE.
dengan mengetikkan rumus AVERAGE tersebut maka akan menghasilkan nilai rata-rata yaitu 85.3
Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel
Microsoft excel termasuk salah satu software dasar yang perlu dikuasai. Software in telah banyak digunakan untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan. Penggunaan fungsi atau rumus di dalamnya pun perlu dikuasai untuk memudahkan pekerjaan.
DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.
Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab.
Penulis : Latifah Uswatun Khasanah
Editor : Annissa Widya Davita
Postingan Terkait
Pentingnya Machine Learning dalam Industri Bisnis
Menangkan Kompetisi Bisnis dengan Machine Learning
Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab
Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.