Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kumpulan Fungsi Excel yang Wajib Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 08-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-08-2023-11-09-103801_x_Thumbnail800.jpg

Seiring perkembangan zaman saat ini telah banyak software yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berbicara mengenai software, tentu kalian tidak asing dengan microsoft excel.


Microsoft excel adalah suatu aplikasi pengolah spreadsheet yang terkenal dan telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Ragam fungsi excel yang tersedia menjadi salah satu kelebihan yang dipilih untuk berbagai permasalahan.


Microsoft excel merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa manfaat microsoft excel antara lain untuk menyelesaikan perhitungan aritmatika, untuk membuat grafik dan diagram, sebagai software akuntansi, dapat mengoperasikan data, menganalisis dan menyajikan data, serta dapat digunakan untuk menghitung dan mengelola catatan keuangan.


Untuk melaksanakan berbagai keperluan tersebut diperlukannya ragam fungsi excel sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut ragam fungsi excel yang perlu kamu ketahui!


1. Rumus UPPER

Upper adalah salah satu rumus atau fungsi dalam excel yang berfungsi untuk mengubah kata atau kalimat menjadi huruf besar. Rumus ini berfungsi bagi kalian yang mungkin sudah terlanjur mengetik teks huruf kecil yang panjang dan ingin mengubah teks tersebut menjadi huruf besar.


Tentu hal itu akan memakan waktu yang lama jika kita menulis ulang kembali teksnya bukan? Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan rumus excel yaitu Upper, dengan sintaks umumnya =UPPER(text).


Berikut contoh penggunaannya sebelum menggunakan rumus upper:

Excel


setelah di klik enter maka hasilnya sebagai berikut

Excel



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus LOWER

Jika pada bagian sebelumnya kita mengenali cara mengkonversi huruf kecil menjadi huruf besar, maka dalam excel juga tersedia cara mengubah huruf besar menjadi huruf kecil.


Caranya hampir sama dengan rumus upper. Hanya saja pengguna cukup mengetikkan sintaks umumnya yaitu =LOWER(text). Untuk memahaminya perhatikan contoh berikut


Sebelum menggunakan rumus lower

Excel


Setelah menggunakan rumus lower

Excel


3. Rumus SUM

Seseorang yang baru mengenali microsoft excel, pada umumnya mengetahui fungsi microsoft excel adalah untuk melakukan perhitungan dan memudahkan dalam membuat tabel-tabel. Hal tersebut memang benar walau sebenarnya excel juga memiliki beragam fungsi selain untuk perhitungan aritmatika.


Salah satu rumus matematika dalam excel yang perlu diketahui adalah rumus SUM. Rumus SUM ini berguna untuk menjumlahkan keseluruhan angka yang dipilih dengan mudah.

Excel


dengan mengetikkan rumus SUM tersebut maka akan diperoleh hasil 853.


4. Rumus AVERAGE

Selain rumus SUM yang  sering digunakan banyak orang, terdapat juga rumus AVERAGE yang mana fungsinya adalah untuk menghitung nilai rata-rata. Dengan menggunakan rumus AVERAGE ini pengguna tidak perlu menghitung nilai rata-rata dengan cara manual seperti menjumlahkan total nilai lalu membaginya lagi.


Penggunaan rumus ini akan sangat memudahkan jika pengguna dihadapkan dengan data nilai yang sangat banyak. Berikut contoh penggunaan rumus AVERAGE.

Excel

dengan mengetikkan rumus AVERAGE tersebut maka akan menghasilkan nilai rata-rata yaitu 85.3


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel termasuk salah satu software dasar yang perlu dikuasai. Software in telah banyak digunakan untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan. Penggunaan fungsi atau rumus di dalamnya pun perlu dikuasai untuk memudahkan pekerjaan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login