DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 30 Menit 55 Detik 

Kumpulan Modul Favorit Kursus Data Science Online DQLab

Belajar Data Science di Rumah 12-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2d00014ac8ed3c33a3abf1c4f11f2dfb_x_Thumbnail800.jpg

Seiring berjalannya waktu, banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang dan kegabutan selama pandemi. Salah satunya adalah belajar skill baru melalui platform atau website penyedia kursus yang pastinya seru dan menantang untuk menggali ilmu dan insight baru tentunya. Pasalnya semenjak pandemi berlangsung, sebagian besar pekerjaan diselesaikan menggunakan teknologi. Tidak heran jika skill IT dan Analytics menjadi skill yang paling dibutuhkan di era saat ini. Kemunculan istilah-istilah dan alur kerja membuat semua harus beradaptasi sesuai dengan kondisi saat ini seperti meningkatnya tren remote working and work from home. Hal tersebut menuntut pekerjaan mulai serentak dilakukan dari rumah dan jarak jauh serta banyak perusahaan memanfaatkan teknologi untuk keperluan bisnisnya. Dilansir dari Glints, menyebutkan bahwa setidaknya ada 7 skill yang harus dipelajari dan dibutuhkan di tahun 2021 ini salah satunya adalah data science. Ahli data science sangat dibutuhkan dalam industri seperti keuangan, perbankan, dan perawatan kesehatan. Skill IT ini diperlukan perusahaan untuk dapat membuat keputusan yang lebih baik dan berdasarkan data di tahun 2021. Adapun keterampilan yang dibutuhkan mencakup dasar-dasar analisis data dan pengetahuan tentang bagaimana data dikumpulkan, disimpan, dianalisis dan diinterpretasikan. Dari data yang kita punya, secara langsung akan diterapkan pada domain knowledge sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Bagi kalian yang ingin berkarir menjadi seorang praktisi data, kursus data science online menjadi pilihan yang paling tepat untuk belajar data science. Apalagi di masa pandemi ini, kalian juga bisa untuk belajar skill baru yakni dengan mempelajari bahasa pemrograman melalui kursus data science online. Salah satu lembaga yang menyediakan kursus data science online adalah DQLab. DQLab sebagai salah satu online learning data science yang diinisiasi oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic. Tentunya dengan adanya DQLab dapat memberikan pengalaman belajar dengan sistem yang aplikatif dan terstruktur. DQLab hadir untuk mempersiapkan skill set guna menjadi seorang praktisi data yang kompeten. Dengan begitu, kamu bisa terapkan secara langsung untuk menghasilkan visualisasi dan machine learning dengan studi kasus yang sesuai dengan real case industri. DQLab tersedia dengan berbagai modul, baik modul gratis maupun berbayar. Tapi kalian juga bisa loh untuk memilih modul yang berisi studi kasus dari real case industry di berbagai bidang. Terkadang peserta kursus data science DQLab menguji kemampuannya melalui modul-modul tersebut dan biasanya menjadi favorit untuk belajar serta mengaplikasikannya dalam bentuk portofolio data. Kira-kira apa saja ya modul-modul favorit peserta kursus DQLab sebagai referensi belajar sahabat data? Pada artikel kali ini, kita akan membahas kumpulan modul favorit sahabat data yang ada di DQLab. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1.Introduction to Data Science with R and Python

Module "Introduction to Data Science with R" adalah modul gratis yang disediakan DQLab membahas penggunaan DQLab Live Code Editor dan dasar bahasa pemrograman R sebagai langkah awal menjadi data scientist. Modul ini terdiri dari 2 chapters dan 13 sub chapters. Kalian bisa akses modul gratisnya langsung di DQLab. Selanjutnya, kita akan bahas masing-masing chapter yang ada pada modul "Introduction to Data Science with R". Di chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemograman R. Mulai dari pentingnya penggunaan aplikasi R bagi seorang data scientist, kenapa harus R, praktik penggunaan angka dan perhitungan, dan penggunaan variabel dalam R. R adalah nama sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk pengolahan data dan grafik. R sangat popular saat ini karena tiga hal berikut yaitu Banyak pilihan pengolahan data dengan jumlah fitur yang sangat komplit - dari grafik sampai machine learning. Lebih cepat dipelajari dan dijalankan untuk mengolah data dibandingkan dengan bahasa lain. R bersifat gratis dan open source yang artinya, tidak perlu biaya lisensi yang biasanya sangat mahal untuk software pengolahan data. 


Selanjutnya, modul Introduction to Data Science with Python merupakan modul free yang disediakan oleh DQLab sekaligus menjadi favorit belajar sahabat data. Pada chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemrograman Python. Mulai dari list library pada python, struktur bahasa python hingga penggunaan variables dan comments dalam python. Adapun list library yang disediakan pada python yaitu pandas, numpy, scipy, matplotlib, seaborn dan scikit-learn. Masih banyak library lainnya yang memiliki kemampuan yang sama atau lebih dari yang telah dijelaskan. Tetapi list library ini adalah library dasar yang wajib dikuasai oleh pemula dalam Data Science sebelum menggunakan library lainnya. Sedangkan, pada chapter kedua modul ini lebih banyak membahas tentang tipe data pada Python dan menerapkan teknik memanggil library pada Python. Setelah belajar tipe data Python, di chapter ini kamu juga akan belajar cara menggunakan library python. Library python dapat diakses, kamu harus mengimport library-nya dulu. Ada dua cara untuk mengimport library yaitu  menggunakan perintah import nama_library atau import nama_library as alias.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Data Science in Finance: Credit Risk Analysis

Credit risk adalah risiko yang harus ditanggung oleh sebuah bank atau lembaga pembiayaan lain ketika memberikan pinjaman ke seorang individu atau lembaga lain. Risiko ini berupa tidak bisa dibayarkannya pokok dan bunga pinjaman, sehingga mengakibatkan kerugian yakni Gangguan aliran kas (cash flow) sehingga modal kerja terganggu. Untuk memperkecil risiko kredit ini, biasanya dilakukan proses penilaian risiko sebelum diberikan pinjaman yang disebut dengan credit scoring dan credit rating terhadap pihak peminjam.  Manfaat dari credit scoring ini adalah memperkecil risiko yang bisa terjadi pada lembaga peminjam, dimana berdasarkan hasil penilaian ini akan menjadi penentu apakah aplikasi pengajuan pinjaman diterima atau ditolak oleh lembaga finansial. Untuk menghitung credit risk ini biasanya lembaga pembiayaan menggunakan suatu perhitungan standar yang telah ditentukan. Namun, yang semakin menjadi tren adalah perhitungan dengan menggunakan metode machine learning berdasarkan data historis pinjaman. Course ini akan mempelajari penerapan metode machine learning di R dengan menggunakan algoritma decision tree bernama C5.0. Buat yang penasaran dengan data science dikombinasikan dengan finance bisa banget untuk cobain modul ini. Apalagi yang ingin bekerja di bidang keuangan, modul ini bisa menjadi pilihan untuk belajar data science sahabat data.


3. A Walk Into Sensory Science 

Selanjutnya, modul favorit sekaligus favorit penulis adalah sensory science. Sekilas mengenai ilmu sensoris dimana ilmu ini banyak diterapkan dalam berbagai bidang. Aplikasinya pun tidak hanya sebatas produk pangan, pewangi maupun kosmetik, namun juga pada berbagai produk lainnya juga. Sistem audio seperti earphone, headphone bahkan sistem audio pada mobil dan ruangan pun juga menggunakan riset sensoris. Bukan hanya itu saja, desain kemasan, warna kemasan, jenis font pada logo yang digunakan dalam merek produk juga menggunakan riset sensoris. Dalam modul ini menggunakan aplikasi R untuk menguji dan mendeteksi korelasi antar atribut sensoris dari produk cokelat. Selain itu, dalam modul ini juga dapat menganalisis peta persepsi dan kategorisasi produk cokelat sehingga akan diketahui karakteristik rasa, tekstur dan warna berdasarkan aspek sensoris produk cokelat. Buat kalian yang tertarik untuk belajar terkait sensory science dengan data science, boleh banget modul ini jadi wishlist kamu untuk belajar di DQLab pastinya seru dan menyenangkan loh sahabat data.


4. Analisis Data COVID19 di Indonesia

Siapa yang penasaran dengan kasus COVID-19 di Indonesia per harinya? Kalian bisa coba loh modul ini buat mengatasi rasa penasaran kamu. Modul ini tersedia juga di DQLab yang bisa menambah wawasan kamu seputar analisis data kasus COVID-19 di Indonesia. Kamu dapat melakukan implementasi pandas yang diaplikasikan menggunakan aplikasi Python dengan banyak cara salah satunya dengan melakukan pengambilan data pada API beberapa portal berita resmi Covid 19. Misalnya untuk Covid-19 di dunia kamu dapat men generate data API situs covid-19?atau jika di Indonesia kamu dapat melakukan akses dan mengenerate API di situs data covid indonesia. Sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan analisis data terkait kasus covid-19 baik angka positif, kasus sembuh dan meninggal.


Baca juga : Akses Kursus Data Science Gratis DQLab Selama Masa PPKM Darurat


5. Persiapkan Dirimu Menghadapi Rekrutmen Industri Data dan Praktisi Data yang Kompeten dengan Kursus Data Science Online DQLab!

DQLab sebagai salah satu online learning data science yang diinisiasi oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic menyediakan pembelajaran secara online dengan metode live code editor yang bisa diakses secara langsung oleh peserta. Selain itu, peserta kursus tidak perlu repot mengunduh instalasi software tambahan selama belajar di DQLab. DQLab juga melaksanakan event webinar bagi para member maupun umum, secara rutin dengan praktisi data dan perusahaan data membahas topik-topik menarik seputar data & teknologi dengan penerapan di Industri nyata. Mulai dari penggunaan algoritma machine learning untuk menyelesaikan permasalahan preferensi konsumen, membangun portofolio data, workshop dasar pemrograman menggunakan Python, data analyst dan tips interview untuk melamar kerja di industri data, dan topik insightful lainnya. Narasumber yang dihadirkan tentunya berasal dari data expert yang sangat berpengalaman dan mumpuni di bidang data. Seperti mendatangkan background dari data scientist, data analyst dari perusahaan terkemuka seperti Xeratic, PHI Integration, Traveloka, DANA, Shopee, BRI, dan lain-lain.


Jika kamu penasaran dengan data science serta ingin belajar secara langsung, DQLab solusinya. Caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id/signup atau bisa klik button dibawah untuk mulai belajar. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor anti ribet. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengunduh software tambahan saat belajar di DQLab. Kamu juga bisa cobain free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry yang berhubungan dengan Machine Learning. Ayo persiapkan dirimu untuk menghadapi rekrutmen industri data dan berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! 


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!