3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 37 Menit 52 Detik

Kumpulan Tempat Belajar Gratis untuk Asah Skill Python

Belajar Data Science di Rumah 15-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/banner-artikel-tambahan-2024-01-15-155229_x_Thumbnail800.jpg

Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer dan digunakan secara luas di berbagai industri. Dalam era transformasi digital yang terus berlangsung, Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat penting dan diminati oleh banyak profesional di berbagai bidang. Tidak hanya sebagai alat pengembangan perangkat lunak, Python juga menjadi kunci dalam membuka peluang karir yang cemerlang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Python sangat penting di dunia transformasi digital dan menjadi keterampilan utama untuk membangun prospek karir yang solid.

Untuk memahami dan menguasai Python, tidak selalu perlu belajar pada pendidikan formal. Berikut adalah kumpulan 20 tempat belajar gratis yang dapat membantu Anda asah skill Python, mencakup berbagai sumber seperti website, video YouTube, akun media sosial, dan podcast.  

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Python sangat penting di dunia transformasi digital dan rekomendasi tempat belajar untuk menunjang proses belajar Sahabat DQ!

1. Rekomendasi Website

Platform-platform belajar Python seperti Google's Python Class, Python.org, belajarpython.com, learnpython.org, dan Microsoft’s Introduction to Python memang sangat cocok bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa pemrograman Python. Pertama, Google's Python Class menyediakan materi dengan pendekatan praktis yang sangat sesuai untuk pemula. Materi disajikan secara jelas dengan fokus pada konsep dasar, struktur data, dan fungsi Python, sehingga mempermudah pemahaman bagi mereka yang baru memasuki dunia pemrograman. Platform ini memberikan kombinasi teori dan praktik yang memungkinkan pemula untuk langsung mengaplikasikan pengetahuan mereka.

Python.org, sebagai sumber daya resmi untuk Python, menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap. Hal ini sangat berharga bagi pemula karena mereka dapat mendapatkan panduan yang terpercaya dan akurat tentang penggunaan Python. Dokumentasi yang disediakan di Python.org mencakup tutorial, referensi, dan panduan pengembangan, semuanya dirancang untuk mendukung proses pembelajaran bagi pemula. Keberadaan forum dan komunitas di situs ini juga memungkinkan pemula untuk mendapatkan bantuan dari para pengembang berpengalaman, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung bagi mereka yang baru memulai perjalanan pemrograman Python. Dengan demikian, Python.org menjadi salah satu platform ideal bagi pemula untuk memahami dan menguasai Python.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python

2. Rekomendasi Youtube

Channel YouTube seperti Kelas Terbuka, Sekolah Koding, Indonesia Belajar, FreeCodeCamp, dan Tech With Tim menjadi pilihan yang sangat tepat bagi pemula yang ingin mempelajari Python melalui format video. Pertama, Kelas Terbuka menyajikan materi Python dalam Bahasa Indonesia dengan gaya pengajaran yang mudah dipahami. Video-video mereka mencakup berbagai topik, mulai dari dasar-dasar Python hingga konsep yang lebih kompleks, memberikan pemula pandangan yang komprehensif tentang bahasa pemrograman ini. Kehadiran konten berbahasa Indonesia juga membuat pembelajaran lebih akrab bagi pemula yang mungkin merasa lebih nyaman belajar dalam bahasa ibu mereka.

Sekolah Koding, Indonesia Belajar, dan Tech With Tim juga menawarkan tutorial Python dengan penjelasan yang jelas dan konten yang terstruktur. Sekolah Koding, khususnya, membagikan video dengan kurikulum yang dirancang untuk mengajarkan Python dengan cara yang terstruktur dan menyenangkan. Indonesia Belajar dan Tech With Tim memberikan variasi konten, termasuk tutorial tentang pengembangan web dan game menggunakan Python, memberikan pemula pandangan yang lebih luas tentang kemungkinan penggunaan Python dalam berbagai konteks. Kombinasi instruksi visual dan tutorial interaktif yang ditawarkan oleh channel ini sangat mendukung pemahaman dan pembelajaran aktif bagi pemula yang lebih suka belajar melalui video. Dengan demikian, channel YouTube ini cocok untuk pemula yang ingin memulai perjalanan pemrograman Python dengan dukungan visual dan praktik langsung.

3. Rekomendasi Media Sosial

Platform media sosial seperti Codingwithdeny, Kokocoding, Deeptech.id, Girlskodeofficial, dan Pythoncoder2.0 menawarkan pendekatan yang unik dan menarik untuk mempelajari Python bagi pemula. Pertama, Codingwithdeny dan Pythoncoder2.0, yang aktif di Instagram, menyajikan konten pendek dan informatif tentang Python. Mereka sering membagikan potongan kode, tips, dan trik dalam format visual yang mudah dicerna. Melalui Instagram, pemula dapat dengan cepat menyerap informasi esensial dan memahami konsep-konsep dasar Python dengan cara yang lebih terstruktur dan tidak membosankan. Konten visual ini dapat memotivasi pemula untuk terus belajar dan mengembangkan minat mereka dalam dunia pemrograman.

Di sisi lain, Kokocoding, Deeptech.id, dan Girlskodeofficial, yang aktif di Instagram, memberikan fokus pada keberagaman dan inklusivitas dalam dunia pemrograman. Mereka menyediakan konten yang memotivasi perempuan dan komunitas minoritas untuk terlibat dalam pemrograman Python. Platform ini menyajikan materi dengan pendekatan yang ramah dan mendukung, menciptakan lingkungan belajar yang positif dan merangsang pertumbuhan bagi pemula. Melalui Instagram, mereka juga membagikan sumber daya, proyek, dan wawasan yang dapat menginspirasi pemula untuk terus memperdalam keterampilan Python mereka. Dengan fokus pada inklusivitas, platform ini menciptakan ruang yang mendukung pemula untuk tumbuh dan berhasil dalam perjalanan belajar pemrograman.


4. Rekomendasi Podcast

Platform podcast seperti Kode Nol, Data Talks, Teaching Python, Talk Python To Me, dan Python Bytes menyediakan pendekatan yang mendalam dan terdengar untuk mempelajari Python, menjadikannya pilihan yang sangat cocok bagi pemula. Pertama, podcast ini membawa informasi dan wawasan tentang Python dalam format audio, memungkinkan pemula untuk mendengarkan dan belajar di mana saja, kapan saja. Hal ini memberikan fleksibilitas yang besar kepada pemula yang mungkin memiliki waktu terbatas untuk membaca atau menonton video. Melalui podcast, pemula dapat menggali topik-topik Python dengan cara yang lebih santai dan dapat diakses, membantu mereka memahami konsep-konsep secara mendalam tanpa tekanan.

Selain itu, podcast seperti Data Talks dan Talk Python To Me menampilkan wawancara dengan para ahli dan tokoh terkemuka dalam komunitas Python. Ini memberikan pemula pandangan yang berharga tentang berbagai aplikasi Python di dunia nyata dan mendengarkan pengalaman langsung dari mereka yang sudah berada di lapangan. Podcast ini juga sering membahas tren terkini, teknologi baru, dan perkembangan dalam ekosistem Python, membantu pemula untuk tetap terinformasi tentang perubahan terbaru dalam dunia pemrograman. Dengan kombinasi wawasan mendalam dan narasi yang menginspirasi, podcast ini membuat belajar Python menjadi lebih menarik dan merangsang minat pemula untuk terus menjelajahi dunia pemrograman.

Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL

DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 

Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :