3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 2 Jam 15 Menit 53 Detik

Kupas Tren Statistik untuk Data Analyst di 2024

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-03-2024-02-07-160525_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era digital yang kian berkembang, dunia data science memainkan peran sentral dalam membentuk arah bisnis, memberikan wawasan yang kritis, dan meningkatkan pengambilan keputusan. Di tengah deretan posisi penting di dalam bidang ini, peran seorang Data Analyst memegang kunci untuk mengurai kekayaan informasi dari data yang semakin kompleks.


Dalam perjalanan menuju menjadi seorang Data Analyst yang unggul, tidak hanya diperlukan keterampilan yang kokoh dalam menggunakan alat-alat analisis data, tetapi juga pemahaman mendalam terhadap tren terkini dalam dunia statistik.


Tahun 2024 menjadi masa yang menarik untuk menggali lebih dalam ke dalam dunia statistik terutama bagi seorang Data Analyst. Mengikuti dan memahami tren terbaru adalah bagian tak terpisahkan dari peningkatan kemampuan profesional di dalam analisis data. 


Dalam artikel ini, kita akan merinci beberapa tren statistik terkini yang perlu diperhatikan oleh setiap Data Analyst yang ingin terus berkembang dan menjadi pionir di lapangan kerja yang semakin kompetitif ini.


1. Teknik Statistik yang Lebih Canggih

Data Analyst

Pertama-tama, kita melihat arah kemajuan yang signifikan dalam teknik statistik yang diterapkan dalam analisis data. Keberhasilan seorang Data Analyst tidak hanya terletak pada penguasaan metode konvensional, tetapi juga pada kemampuan mengadopsi teknik-teknik yang lebih canggih.


Misalnya, teknik pengelolaan outlier yang lebih presisi, metode analisis regresi yang lebih kompleks, dan pendekatan bayesian yang semakin banyak digunakan. Seorang Data Analyst perlu memahami dan mengimplementasikan teknik-teknik ini untuk menjawab tantangan analisis data yang semakin kompleks.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Penggunaan Algoritma dalam Analisis Data

Data Analyst

Algoritma tidak lagi hanya menjadi fokus dalam dunia machine learning, tetapi juga menjadi elemen kunci dalam analisis data secara menyeluruh. Tren yang semakin menonjol adalah penggunaan algoritma dalam mendeteksi pola, meramalkan tren, dan menyederhanakan proses analisis data. Seorang Data Analyst yang memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai algoritma statistik memiliki keunggulan dalam menghasilkan solusi analisis data yang lebih akurat dan relevan.


Dalam konteks ini, Python dan R sebagai bahasa pemrograman untuk analisis data juga semakin menjadi pilihan utama karena menyediakan berbagai pustaka dan alat yang mendukung penerapan algoritma dengan lebih mudah.


3. Pendekatan Holistik dalam Pengolahan Data

Pendekatan holistik dalam pengolahan data menjadi lebih relevan dengan pertumbuhan volume data yang cepat. Data Analyst sekarang lebih cenderung melibatkan diri dalam pengelolaan data yang melibatkan teknologi big data. Penggunaan alat-alat seperti Hadoop dan Apache Spark telah menjadi norma dalam menangani dan mengolah data dalam skala besar.


Seorang Data Analyst perlu memiliki keterampilan untuk mengintegrasikan dan mengelola data dalam konteks ini, memastikan bahwa analisis yang dihasilkan tidak hanya akurat tetapi juga relevan dengan tujuan bisnis.


4. Interpretasi Data yang Kontekstual

Interpretasi data tidak lagi cukup hanya merujuk pada pemahaman angka-angka semata. Tren terbaru menggarisbawahi pentingnya interpretasi data yang kontekstual, artinya Data Analyst tidak hanya dapat menafsirkan data, tetapi juga dapat menempatkannya dalam konteks bisnis yang sesungguhnya.


Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang industri, pemahaman terhadap audiens yang dilayani oleh hasil analisis, dan kemampuan menyampaikan temuan dengan cara yang bisa dipahami oleh semua pemangku kepentingan.


5. Peran Penting Statistik dalam Pengambilan Keputusan

Data Analyst

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, adalah peran statistik dalam pengambilan keputusan. Statistik tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat untuk menggambarkan data tetapi juga sebagai dasar untuk kebijakan dan strategi bisnis. Seorang Data Analyst diharapkan untuk memberikan laporan yang tidak hanya informatif tetapi juga memberikan rekomendasi berdasarkan data. Kemampuan untuk menerjemahkan temuan statistik menjadi keputusan yang cerdas menjadikan seorang Data Analyst semakin penting dan strategis dalam tim pengambilan keputusan di perusahaan.


Menghadapi dinamika perubahan yang cepat dalam dunia statistik di 2024, seorang Data Analyst yang berambisi harus memastikan bahwa mereka tetap terkini dengan tren terbaru dan memperbarui keterampilan mereka sesuai kebutuhan. Hal ini dapat mencakup memperdalam pemahaman statistik, mempelajari teknologi baru, atau mengikuti kursus dan pelatihan terbaru yang mendukung perkembangan karir mereka di dunia data science.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Jadi, teman-teman, sekarang kalian tahu bahwa statistik adalah senjata rahasia yang digunakan oleh Data Analyst untuk memahami data dan membuat keputusan yang cerdas. Jangan takut untuk mempelajari lebih lanjut tentang statistik, karena ini adalah alat yang sangat berguna dalam dunia analisis data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :