PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 44 Menit 38 Detik 

Kupas Tuntas Pengertian Hingga Tujuan Teknik Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 22-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5b654e104e951f59474e00db40fac23a_x_Thumbnail800.jpeg

Analisis data mungkin sudah tidak asing bagi kita, karena hampir pada segala aspek pasti akan memakai analisis data ini untuk membantu pekerjaan kita. Jadi, kita harus memahami cara menganalisis dan mengekstrak data yang bertujuan untuk menghasilkan informasi berdasarkan data mentah yang berasal dari berbagai sumber yang sudah kita kumpulkan sebelumnya.


Ketika kita sedang menganalisis sebuah data, kita membutuhkan teknik analisis data didalamnya. Jadi ketika kita ingin mendapatkan hasil analisis data yang cukup memuaskan, kita memerlukan ketepatan dalam melakukan teknik analisis data.


Maka dari itu kita harus bisa memiliki teknik analisis data untuk dapat mengetahui bagaimana caranya kita mengumpulkan, mengatur, dan juga memahami semua informasi yang memiliki potensi untuk meningkatkan sebuah bisnis yang ingin atau yang sedang berjalan.


Jadi pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari teknik analisis data, jenis-jenis teknik analisis data, tujuan teknik analisis data, dan juga tahapan apa saja yang ada pada teknik analisis data.


1. Pengertian Teknik Analisis Data

Teknik analisis data adalah sebuah proses yang dimana data mentah akan diolah menjadi sebuah informasi baru yang utuh dan juga akurat. Proses ini memiliki tujuan agar karakteristik dari data menjadi lebih mudah dimengerti dan lebih berguna sebagai solusi bagi suatu permasalahan, seperti permasalahan yang kerap kita temui dalam hal penelitian.


Masalah yang akan diambil juga harus memiliki sifat yang mendalam dan memang benar menggambarkan jika masalah ini haruslah diselesaikan secara tepat, cepat, dan juga akurat. Melakukan analisis data ini juga memerlukan kerja keras dan juga kreativitas untuk menemukan sebuah jalan keluar didalam menyelesaikan masalah pada sebuah penelitian. Setiap penelitian juga pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing itu yang membedakannya. Teknik yang digunakan pun pastinya berbeda sesuai dengan karakteristiknya tadi.


Baca juga: 4 Cara Implementasi Teknik Analisis Data


2. Tujuan Analisis Data

Teknik analisis data ini pastinya memiliki sebuah tujuan untuk dicapai oleh peneliti untuk bisa menyelesaikan penelitiannya. Teknik analisis data ini sangatlah erat dan juga tergantung dengan desain dari penelitiannya dan juga masalah yang sudah ditentukan sebelumnya dan dikumpulkan menjadi satu. Bisa dikatakan teknik analisis data ini hanya dapat dilaksanakan ketika semua poin-poin yang dibutuhkan dan dikumpulkan terpenuhi semuanya.


Tujuannya adalah untuk bisa menentukan sebuah kesimpulan secara keseluruhan yang berasal dari data-data yang sudah dikumpulkan dan sudah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah informasi dan masuk kepada proses menentukan kesimpulan. Selain itu teknik analisis data juga bertujuan untuk bisa mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai data-data dari sebuah penelitian, sehingga dapat dengan mudah orang lain memahami hasil dari sebuah penelitian.


3. Jenis Teknik Analisis Data

Teknik analisis data memiliki 2 jenis teknik yaitu teknik analisis data kuantitatif dan juga teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif adalah sebuah teknik pengolahan data yang dimana datanya berbentuk data numerik atau data angka. Teknik ini biasanya berfokus kepada kuantitasnya dan tidak membutuhkan penjelasan dari jawaban pendek yang diberikan oleh responden. 


Sedangkan teknik analisis data kualitatif adalah sebuah teknik pengolahan data yang dimana data tersebut memiliki bentuk non numerik dan juga lebih berfokus kepada kualitasnya, jadi semakin lengkap sebuah penjelasan dalam data ini akan semakin bagus juga data yang akan terlampir.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Tahapan atau Langkah dalam Teknik Analisis Data

Teknik analisis data juga memiliki tahapan atau langkah didalamnya. Langkah-langkah ini perlu diperhatikan dalam teknik analisis data. Langkah-langkahnya ialah pengolahan data, penganalisisan data, dan penafsiran data. Pada tahap pengolahan data terdapat beberapa komponen didalamnya seperti proses editing, pengkodean atau coding, dan juga proses tabulasi. 


Selanjutnya ada langkah penganalisisan data, proses ini bertujuan untuk menyederhanakan data dan juga memudahkan data tersebut untuk dipahami. Pada tahapan teknik analisis data terdapat penafsiran data. Proses ini adalah proses dimana peneliti bisa membuat sebuah kesimpulan dari data yang sudah diolah dan dianalisis sehingga orang lain dapat dengan mudah memahami dari hasil penelitian tersebut.


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :