FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 8 Menit 10 Detik 

Kupas Tuntas String Split Python, Skill Wajib Pemula

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/69c91a1b9c2c68743cb2a6eaedc3be40_x_Thumbnail800.jpeg

Metode Split Python merupakan cara untuk membagi string menjadi daftar string setelah memecah string yang diberikan oleh pemisah yang sudah ditentukan. Kali ini DQLab akan membahas tentang serba serbi split Python serta cara menerapkannya. Mengingat python merupakan salah satu skill wajib yang harus dikuasai untuk menjadi seorang praktisi data. 


Bahasa Python juga cukup fleksibel dan juga sangat ramah terhadap user, hal inilah yang menyebabkan kenapa bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang cukup populer. Selain itu python juga memiliki syntax yang cukup mudah diingat dan juga mudah dimengerti oleh banyak orang.


Salah satu tipe data python yang akan sering kamu gunakan adalah string. String adalah jenis yang paling populer di bahasa pemrograman. Kita bisa membuatnya hanya dengan melampirkan karakter dalam tanda kutip. Python memperlakukan tanda kutip tunggal sama dengan tanda kutip ganda. Adapun split python yang juga akan kami bahas dalam artikel ini. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!


1. Split Python

Metode string python split() mengembalikan daftar semua kata dalam string, menggunakan str sebagai pemisah (pemisahan pada semua spasi jika dibiarkan tidak ditentukan), secara opsional membatasi jumlah pemisahan menjadi num. Jika Anda telah mengerjakan rangkaian string split Python yang digunakan untuk menggabungkan atau menggabungkan string yang berbeda menjadi satu, fungsi split akan melakukan kebalikannya. Fungsi memindai melalui string dan memisahkannya ketika menemukan pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, jika fungsi tidak menemukan pemisah yang ditentukan, fungsi tersebut menggunakan spasi putih secara default. Berikut adalah contoh split python:

Data Scientist


Baca juga : Tutorial Singkat Coding Python Simpel 2022


2. Mengapa Split Python?

Fungsi Split mengembalikan daftar kata setelah memisahkan string atau baris dengan bantuan string pembatas seperti karakter koma ( , ).Beberapa manfaat menggunakan fungsi Split dengan Python adalah sebagai berikut:

  • Metode ini berguna dalam situasi di mana Anda perlu memecah string besar menjadi string yang lebih kecil.

  • Jika pemisah tidak ada dalam fungsi split, spasi putih dianggap sebagai pemisah.

  • Fungsi split membantu untuk menganalisis dan menyimpulkan kesimpulan dengan mudah.

  • Split pada Python ini juga berguna dalam decoding string dienkripsi dalam beberapa cara.


3. Parameter String Split Python

Fungsi Split menganalisis melalui string dan memisahkannya setiap kali program menemukan pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. Hal itu tergantung pada tiga parameter berbeda untuk mengoptimalkan eksekusi program. Beberapa parameter yang digunakan di dalam metode split pada Python:


Parameter ini menginstruksikan Python di mana untuk memutuskan string. Ini berfungsi sebagai pembatas dan string dipisahkan tergantung pada pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. Ini opsional yang berarti jika pemisah tidak ditentukan dalam split, fungsi tersebut menggunakan spasi putih sebagai pemisah default. Namun, jika pemisah ditentukan sebagai nilai string, outputnya akan berupa string kosong.


Parameter ini menentukan berapa kali string dapat diputus. Parameter ini juga opsional dan nilai defaultnya adalah -1 yang menunjukkan bahwa tidak ada batasan berapa kali string dapat dipisah. Jika maxsplit tidak didefinisikan dalam fungsi split, seluruh string dipindai dan Python memisahkannya setiap kali pembatas ditemukan.


Parameter return berguna untuk mengembalikan daftar string setelah fungsi split memecah string dengan pemisah yang ditentukan.


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Contoh Penerapan String Split Python

Split() Method adalah suatu cara yang digunakan bahasa pemrograman Python untuk memisahkan string sehingga menjadi substring yang dipisahkan oleh karakter tertentu (“,”, “:”, “@”, “#”, dll.). Ada pun fungsi dari split() Method yaitu untuk mengembalikan atau meneruskan string yang telah terpisah ke dalam daftar. Sebagai contoh mari praktikkan code dibawah ini:

Python

Setelah kamu menjalankan code tersebut maka outputnya seperti dibawah ini:

Python

Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

 

 

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :