FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 53 Menit 14 Detik 

Kupas Tuntas Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 20-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/634fbaefb7419c39adc29c7e60848f62_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan sebuah metode yang dapat digunakan oleh peneliti atau praktisi data untuk mengubah sekumpulan data yang ada menjadi informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan. Informasi yang didapatkan dari hasil pengolahan data itulah yang kemudian nantinya akan digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada. Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat yang berbanding lurus dengan perkembangan dan kebutuhan akan data, teknik analisis data menjadi hal yang harus diperhatikan dan tidak bisa disepelekan begitu saja.


Secara umum, data dalam penelitian dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Setiap jenis data tentu akan menggunakan metode analisis data yang berbeda. Misalnya pada data kualitatif, salah satu teknik analisis data yang sering digunakan pada data tersebut adalah teknik deskriptif kualitatif. Metode ini cukup sering digunakan dalam penelitian yang melibatkan data kualitatif karena menggabungkan antara penelitian deskriptif dengan penelitian kualitatif.


Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai teknik analisis deskriptif kualitatif. Kira-kira apa saja sih yang harus diperhatikan pada teknik analisis ini? Yuk, simak artikelnya!


1.Sekilas tentang Penelitian Kualitatif

Teknik Analisis Data

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang akan berfokus pada data kualitatif. Sesuai dengan namanya, data kualitatif merupakan data yang tidak mementingkan jumlah kuantitas yang dimiliki, namun akan berfokus pada kualitas dari data. Penelitian ini akan menggunakan perspektif subjek, karena akan berfokus pada pendapat pribadi seseorang mengenai sebuah tema atau kejadian yang sedang diteliti. Pada penelitian kualitatif, peneliti akan lebih menekankan makna daripada generalisasi. Sehingga semakin dalam kamu bisa mendapatkan opini dari narasumber, maka data yang kamu miliki akan semakin berkualitas.


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data dengan 6 Langkah, Apa Saja Ya? 


2.Apa Perbedaan Penelitian Kualitatif dengan Kuantitatif?

Teknik Analisis Data

Jika dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, tentu saja penelitian kualitatif akan sangat jauh berbeda. Pada penelitian kuantitatif, peneliti akan berfokus pada kuantitas, bukan kualitas. Dalam proses pengumpulan datanya pun, penelitian kuantitatif tidak akan melakukan wawancara secara mendalam untuk mendapatkan opini yang lengkap. Responden hanya perlu mengisi angka tertentu pada kuesioner yang telah disediakan, dan peneliti tidak perlu menanyakan secara mendalam apa alasan responden menuliskan angka tersebut. Penelitian kuantitatif akan bersifat objektif dan lebih menekankan pada proses generalisasi.


3. Analisis Deskriptif

Teknik Analisis Data

Teknik analisis deskriptif merupakan salah satu teknik analisis data yang cukup sering digunakan. Analisis deskriptif bisa memberikan deskripsi atau gambaran umum terhadap data yang ada. Umumnya, analisis ini menjadi tahapan analisis yang paling awal untuk lebih mengenal data yang dimiliki. Setelah melakukan analisis deskriptif, baru lah peneliti mengetahui apakah terdapat pola tertentu, atau hal menarik lainnya yang bisa dijadikan insight dari data. Analisis deskriptif bisa dimanfaatkan untuk data kualitatif dan juga data kuantitatif.


4. Apa Itu Penelitian Deskriptif Kualitatif?

Teknik analisis deskriptif kualitatif merupakan jenis teknik analisis data yang menggabungkan penelitian deskriptif dengan penelitian kualitatif. Pada teknik analisis ini, kita akan memanfaatkan data kualitatif untuk dijelaskan secara deskriptif. Biasanya, jenis penelitian ini akan banyak digunakan untuk menganalisis fenomena, kejadian, atau keadaan sosial baik yang bersifat alami maupun rekayasa manusia sehingga peneliti bisa melihat gambaran dari kejadian yang sedang diamati tersebut. 


Teknik analisis ini juga akan melihat sikap, pertentangan, hubungan serta pandangan yang ada pada narasumber. Karena teknik analisis ini lebih menekankan pada makna, sehingga penelitian ini akan menggambarkan kondisi yang sebenarnya tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi pada variabel yang sedang diteliti.


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5.Tertarik Belajar Analisis Data tapi Tidak Memiliki Background IT?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar proses pengolahan data jika kamu sudah lulus dari background pendidikan non IT adalah dengan mengambil kursus. Salah satu lembaga kursus yang harus kamu coba adalah DQLab. Tenang saja, DQLab akan membantumu untuk belajar analisis data dari tahap dasar. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R.  Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun ini.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :