[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 42 Menit 45 Detik 

Kursus Belajar Data Mulai dari Package Visualisasi Bahasa R

Belajar Data Science di Rumah 08-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dd6c089c57b0a955981bdd443f2fa509_x_Thumbnail800.jpg

R merupakan bahasa pemrograman yang di desain untuk pengolahan data statistik. Dahulu R biasa digunakan oleh kalangan akademis tapi, kini R juga sering digunakan oleh kalangan pebisnis. Sebenarnya, bahasa R mirip-mirip dengan bahasa S atau yang biasa dikenal software SPSS. Tapi, bahasa R merupakan versi gratis dari bahasa S dan software berbayar yang sejenis. Ketika kamu memutuskan untuk kursus belajar data, bahasa R pasti akan menjadi list wajib yang akan kamu pelajari nantinya. Mengapa? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bahasa R merupakan bahasa yang memang didesain untuk keperluan pengolahan data statistik serta pemvisualisasian data dengan grafik-grafik yang menarik jadi, akan sangat penting mempelajari R.


Sama seperti python yang memiliki library, R juga memiliki package yang sangat powerful terutama untuk memvisualisasikan data. Namun berbeda dari python, R justru memiliki lebih banyak package. Jangan khawatir karena kita akan membahas beberapa package yang sering digunakan data scientist. Jadi, jangan beranjak dan simak terus artikel ini sampai selesai!


1. Package adalah?

Jika, python memiliki library maka dalam R library disebut package yang merupakan sekumpulan fungsi yang sama dengan tujuan untuk memudahkan kalian dalam membuat suatu aplikasi, tanpa harus menulis banyak kode. Sama seperti library dalam python, package juga memiliki sifat reusable atau dapat digunakan berkali-kali tanpa perlu menulis code yang sama secara berulang. Kita dapat langsung melakukan instalasi package R yang sudah ada di CRAN repository cukup dengan menuliskan perintah seperti dibawah ini:


install.packages(nama_package)


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. ggplot2

Beberapa dari kamu pasti sudah tidak asing dengan salah satu package yang sangat populer ini. ggplot2 merupakan package R yang didevelop oleh Hadley Wickham yang sangat powerful dan menjadi andalan para data scientist untuk membuat gambar grafik yang elegan dan kompleks. Popularitas ggplot2 di komunitas  R memang sudah tidak diragukan lagi karena sangat memungkinkan kamu untuk membuat grafik yang merepresentasikan data numerik maupun kategorik secara simultan. Karena memiliki detail dalam hal pengelompokan yang dapat diwakili oleh warna, simbol, ukuran dan ketebalan point. Selain itu, alasan lain mengapa ggplot2 sangat populer di kelasnya adalah karena memiliki banyak fungsi dan pilihan melakukan plotting.


3. lattice

Selanjutnya adalah package lattice yang merupakan package untuk sistem visualisasi data tingkat tinggi yang kuat dan elegan pada R, terinspirasi oleh trellis grafis. lattice dirancang dengan penekanan pada data multivariat dan khususnya memungkinkan untuk pengkondisian mudah untuk menghasilkan plot :small multiple". lattice cukup untuk membutuhkan grafis yang khas dan juga cukup fleksibel untuk menangani persyaratan paling tidak standar. Hal ini dikarenakan, lattice dibangun menggunakan grid package untuk implementasinya yang mendasarinya dan mewarisi banyak fitur grid. 


4. rCharts

Package terakhir dari R untuk membuat, menyajikan dan menampilkan visualisasi di JavaScript interaktif dari R menggunakan user interface antarmuka plotting dengan gaya ala lattice. rCharts menggunakan formula antarmuka untuk menentukan plot, sama seperti package lattice. rCharts mendukung beberapa library grafik JavaScript, masing-masing dengan keunggulannya sendiri. Masing-masing library ini memiliki beberapa opsi penyesuaian yang sebagian besar didukung dalam rCharts. Lebih banyak dokumentasi sedang berlangsung pada cara menggunakan rCharts dengan masing-masing library ini.


Baca juga : Kursus Data Science Online DQLab Solusi UpSkill Masa Pandemi


5. Yuk, Coba Modul dengan Kursus Belajar Data Science Bersama DQLab sekarang!

Kursus data science online lebih praktis dan fleksibel bersama DQLab sekarang juga. Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi. Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!