Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kursus Belajar Data: Pentingnya Data dalam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8e78db794525c14ce1c21ab30bf1ddd6_x_Thumbnail800.png

Data pada dasarnya adalah fakta yang dihasilkan dan dikumpulkan selama proses operasi bisnis. Data dapat digunakan untuk mengukur atau merekam berbagai aktivitas bisnis, baik internal maupun eksternal. Salah satu data yang sangat penting dalam bisnis adalah data pelanggan. Data pelanggan adalah matriks yang berhubungan dengan interaksi pelanggan, biasanya berisi jumlah pekerjaan, jumlah pertanyaan, pendapatan yang diterima, biaya yang dikeluarkan, dan lain sebagainya. Agar dapat berinteraksi dengan pelanggan, sebuah bisnis harus membutuhkan data-data mengenai pelanggannya. Data tidak bisa dianggap hal yang remeh karena data dapat memberikan dasar-dasar yang digunakan sebagai acuan untuk keberlangsungan bisnis. 

Apakah kamu tahu bahwa data dan informasi adalah dua hal yang berbeda? Data adalah fakta dan statistik mentah, sedangkan informasi adalah data yang akurat, spesifik, dan terorganisir untuk suatu tujuan tertentu. Pengertian lain dari informasi adalah data yang telah diinterpretasikan dan kemudian disajikan agar mudah dipahami dan digunakan oleh perusahaan untuk membuat suatu keputusan. Di era modern, data sangat penting, bahkan harganya bisa sangat mahal. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan bagaimana peran data dalam sebuah bisnis. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Di era sosial media seperti saat ini, suatu kejadian sangat mudah menjadi viral. Oleh karena itu, perusahaan harus hati-hati dalam melayani pelanggan dan benar-benar memperhatikan kualitas produk. Beberapa pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan atau kualitas produk dapat merusak reputasi brand yang telah dibangun bertahun-tahun. Lalu apa yang harus dilakukan oleh perusahaan agar kejadian tersebut tidak terjadi? Pertama, sebuah perusahaan harus mencari database pelanggan berdasarkan perilaku bisnis. Plotkan pilihan, trend, saran dan kritik, dan lain sebagainya untuk menemukan bagian mana yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Menurut pendiri PayPal Max, Levchin, dunia sekarang penuh dengan data, dan ia dapat melihat konsumen dengan lebih jelas. Artinya, perilaku pelanggan saat ini lebih mudah terlihat karena adanya sosial media dan platform review yang memudahkan perusahaan untuk memantau pelanggan. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab

2. Membuat Keputusan dan Menyelesaikan Masalah Lebih Cepat

Di era serba teknologi, hampir semua perusahaan memiliki website dan sosial media. Kedua teknologi ini merupakan sumber data yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Dengan data-data ini, perusahaan dapat menganalisis strategi pemasaran baru, menentukan waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk baru, menentukan waktu yang tepat untuk mengadakan diskon, menganalisis trend di pasar, dan lain sebagainya. Data-data ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil keputusan yang bijak yang didukung oleh angka dan informasi dari data-data tersebut. Hal ini akan mendorong terciptanya kebijakan yang tepat sasaran dan dapat meningkatkan laba perusahaan. 

2. Memahami Pengguna, Pasar, dan Pesaing

Data dan analisis dapat membantu perusahaan untuk memprediksi perilaku konsumen, meningkatkan pengambilan keputusan, menganalisis tren pasar, dan menentukan cara pemasaran yang terbaik. Semakin jelas perusahaan melihat target konsumennya, maka konsumen tersebut akan mudah dijangkau. Data desain produk dapat digunakan untuk menganalisis fitur apa yang sedang dicari konsumen, data dari survei pelanggan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menganalisis minat dan perspektif konsumen,  data trend industri dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memprediksi trend perilaku pelanggan dalam beberapa waktu kedepan, dan data dukungan konsumen dapat dimanfaatkan untuk menganalisis kesulitan yang dialami konsumen dan solusi apa yang bisa diberikan oleh perusahan. 

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Galuh Nurvinda

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!