Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kursus Data Science Jakarta : Pelajari Beberapa Package R untuk Data Science, yuk!

Belajar Data Science di Rumah 14-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fed931a8cc8d4f8d0da24c80705e9494_x_Thumbnail800.jpg

Kursus Data Science yang ada di Jakarta semakin bertambah jumlahnya dari hari ke hari. Hal ini berkaitan erat dengan jumlah perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi yang berhubungan dengan Data Science ini hampir sebagian besar berada di Jakarta. Tidak hanya orang yang ingin berkarir di bidang Data Science saja yang dapat melihat peluang yang lahir di bidang ini, lembaga kursus online maupun offline juga memanfaatkan peluang ini dengan sebaik mungkin.

Berbicara tentang kursus Data Science, ketika kita mempelajari bahasa pemrograman R ataupun Python, salah satu hal yang pasti akan diajarkan di tempat kursus adalah penggunaan package. Package atau library ini merupakan wadah yang membawahi berbagai fungsi. Jadi ketika kita ingin menggunakan function tersebut, kita harus memanggil package nya terlebih dahulu. Dalam artikel ini akan kita bahas beberapa package yang sangat erat kaitannya dengan Data Science yang ada di R. Penasaran kan? Check this out!

1. Package untuk Membaca Data

Ada banyak pilihan package yang dapat digunakan jika kita ingin membaca data. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan banyaknya format data yang ada, bisa berupa file .csv, .txt, excel, dari database nya langsung, atau bahkan dari website. Misalkan untuk data yang memiliki format .csv ataupun .txt kita dapat melakukannya dengan memanggil package "readr". Jika datanya berupa file excel, kita dapat membaca data dengan memanggil package "readxl". Selain itu, jika kita ingin mengimport data dari database, juga disediakan package nya. Kita bisa menggunakan package "RMySQL" jika database nya berada di MySQL, dan menggunakan package "RPostgres" jika database nya menggunakan PostgreSQL.

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab

2. Package untuk Visualisasi Data

Package "ggplot2" merupakan salah satu package yang dapat dimanfaatkan untuk visualisasi. Package ini dikembangkan oleh Hadley Wickham saat ia sedang kuliah di Lowa State University dan terus dikembangkan hingga saat ini. Package ini menjadi sangat powerfull karena dalam penggunaannya kita dapat menggabungkannya dengan package "dplyr" yang digunakan untuk memanipulasi data. Umumnya komponen yang digunakan untuk visualisasi dengan package ini terdiri dari data frame, aesthetic mapping atau dikenal dengan function aes(), geoms, facets, stats, scales, dan coordinate system.

3. Package untuk Market Basket Analysis

Market Basket Analysis merupakan salah satu metode pengolahan data yang digunakan untuk melihat hubungan antara rules yang satu dengan yang lainnya. Biasanya metode ini akan banyak digunakan untuk menganalisis data yang ada di supermarket untuk melihat kecenderungan customer dalam membeli barang. Misalkan ketika membeli barang A, maka akan membeli barang B juga. Hal ini akan berguna ketika supermarket ingin membuat paket diskon ataupun menentukan peletakan barang.

Package yang dapat dipanggil agar dapat mengakses metode ini adalah package "arules". Package ini memungkinkan kita untuk merepresentasikan, memanipulasi, dan menganalisis data serta pola transaksi dengan menggunakan frequent itemsets dan aturan asosiasi. 

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Gifa Delyani

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!