BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 24 Menit 4 Detik 

Kursus Data Science untuk Langkah Awal Menjadi Praktisi Data di 2022

Belajar Data Science di Rumah 30-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bceb31fcf3fd0beb613feaa606787f38_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang sedang naik daun saat ini. Banyak manfaat yang diberikan ketika menerapkan data science. Sesuai dengan namanya, data science akan selalu terkait dengan data. Singkatnya data science adalah ilmu yang memudahkan proses pengolahan data dengan mengkolaborasikan tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistik, dan komputer (pemrograman). Pengolahan data dalam data science terdiri dari pengumpulan data, manipulasi data, pengolahan data menggunakan metode tertentu, analisis data, dan penyajian data yang umumnya dalam bentuk grafik. Ketika menyajikan data, sesuaikan data dengan grafik agar mudah dimengerti oleh orang lain.


Tertarik menjadi praktisi data? Salah satu tipsnya yaitu mengikuti kursus data science. Ada banyak kursus data science yang dapat kamu ikuti mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Kamu tinggal memilih lembaga kursus sesuai kebutuhanmu karena cara belajar setiap orang tentu berbeda. Ada yang suka belajar melalui video, ada yang lebih suka melalui tulisan, praktik langsung, dan lainnya. Sebelum itu, sudah tahu belum skill apa saja yang dibutuhkan praktisi data? Mengenal skill yang dibutuhkan akan membuat kamu lebih fokus mempelajari materi-materinya. Kali ini kita akan bahas apa saja skill yang dibutuhkan dan tips memilih lembaga kursus data science. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


1. Kuasai Skill yang Dibutuhkan

Jika kamu ingin menjadi praktisi data handal, pastikan kamu menguasai skill matematika dan statistika. Kedua ilmu ini akan sering digunakan dalam data science untuk mengolah data. Pada proses analisa data, kita perlu menerapkan metode-metode yang sesuai dengan tujuan pengolahan data tersebut. Sehingga akan menghasilkan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kesimpulan atau penarikan keputusan kedepannya. Minimal kamu menguasai Excel untuk keperluan analisis data karena di Excel banyak formula-formula dan fungsi-fungsi untuk analisis data. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, data science terdiri dari salah satunya yaitu ilmu komputer yaitu pemrograman. Oleh karena itu wajib hukumnya menguasai konsep pemrograman dan bahasa pemrograman yang biasanya digunakan dalam data science seperti SQL untuk pengelolaan database, serta Python dan R untuk proses pengolahan data hingga membangun machine learning. Kamu harus terus upgrade skill pemrograman agar mengimbangi perkembangan teknologi yang sangat cepat. Bisa dengan mengikuti webinar, workshop, atau pelatihan terkait data science.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pilih Kursus yang Menunjang Pembelajaran

Mengikuti kursus data science bisa banget untuk menunjang proses pembelajaranmu. Pastikan kursus yang kamu ikuti cocok dengan cara belajarmu sehingga kamu bisa dengan cepat memahami materinya. Sekarang ini banyak sekali kursus-kursus data science yang secara online, jadi bisa dipelajari dimana saja dan kapan saja. Pelajar, karyawan, dan lainnya bisa belajar dengan waktu yang fleksibel dan tidak mengganggu pekerjaan utama. Bagaimana memilih yang tepat? Kamu bisa menentukan dulu tujuan belajarmu mau ke arah mana. Misalnya kamu ingin belajar data khususnya skill untuk data analyst. Nah, carilah lembaga kursus yang menyediakan modul-modul yang fokus mengasah skill untuk data analyst. Apakah tidak perlu belajar modul yang lainnya? Tentu masih perlu untuk menambah wawasan atau skill lainnya. Hanya saja kamu jadi bisa fokus terlebih dahulu untuk skill data analyst. 


3. Keuntungan Kursus di DQLab

DQLab adalah lembaga kursus data science di Indonesia yang dengan biaya kursus yang bersaing. Masih mau coba-coba dan tidak mau rugi di awal? Kamu bisa coba modul gratisnya yang membahas pengenalan Python dan R untuk data science. Setelah menyelesaikan modul, kamu akan mendapatkan sertifikat completion secara gratis dan bisa kamu upload di media sosial seperti Instagram, LinkedIn, atau Medium. Selain itu DQLab juga sering mengadakan webinar, bedah modul, workshop, challenge, dan lain sebagainya untuk menambah wawasan teman-teman data. Kegiatan ini bisa diikuti oleh member DQLab maupun umum. Di DQLab terdapat fitur Job yang berisi job opportunity untuk teman-teman member DQLab. So, jangan lewatkan kesempatan emas menjadi praktisi data.


4. Apa Saja yang Akan Dipelajari?

Apa saja yang dipelajari di DQLab? Mungkin ini menjadi pertanyaan sebagian teman-teman yang sedang mencari kursus data science. Di DQLab kamu akan mempelajari SQL, Python, R, dan Excel untuk data science mulai dari dasar hingga pembahasan yang lebih mendalam dengan kasus nyata di dunia data. Modul-modulnya disusun sedemikian rupa oleh praktisi data agar mudah dipahami dan dipelajari oleh pemula. Kamu akan belajar pengenalan bahasa pemrogramannya, bagaimana penggunaan package dan librarynya, latihan menggunakan bahasa pemrograman untuk pengolahan data, manipulasi data, dan penyajian data, penerapan machine learning, dan masih banyak lainnya terkait data science. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Mulai Bangun Portofolio Data, Yuk!

Sudah menguasai skill data science? Lanjutkan dengan mulai membangun portofolio datamu, yuk! Hal ini cukup penting bagi perusahaan ketika merekrut praktisi data baik itu Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan profesi terkait data lainnya. Portofolio data dapat menjadi bukti bahwa kamu memang mampu mengolah data dengan baik dan dapat memberikan insight yang berguna. Portofolio data dapat kamu buat dalam format file pdf, tulisan di Medium, upload project di Github atau dalam bentuk presentasi yang di upload di LinkedIn. Data bisa kamu ambil melalui web scraping, Kaggle, atau sumber lainnya. Modul yang kamu kerjakan di DQLab juga bisa jadi bahan portofolio datamu atau dari project dan challenge yang kamu ikuti. So, daftar sekarang di DQLab.id untuk jadikan langkah awal karir datamu!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :