MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 22 Menit 22 Detik 

Kursus Teknik Belajar Data Science: Tips Belajar Python untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e206ab503ff4931cf3e4014c9bd8298_x_Thumbnail800.png

Data science saat ini sedang menjadi spotlight. Hal ini karena ilmu ini dapat diterapkan hampir di berbagai sektor industri. Di era big data, muncul istilah perusahaan yang "melek data", artinya perusahaan sudah mulai menyadari dan memahami betapa pentingnya big data untuk perkembangan perusahaan. Data tersebut dapat dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan. Untuk memperoleh informasi yang berguna bagi keberlangsungan perusahaan, mereka harus mengolah data-data tersebut menggunakan tools khusus karena tidak semua tools olah data dapat mengolah data berukuran besar seperti big data. Salah satu tools powerful untuk mengolah big data adalah python.

Salah satu profesi yang bertugas untuk mengolah data menjadi informasi yang insightful adalah data scientist. Di era big data, peluang pertumbuhan karir data scientist sangat terbuka lebar dengan gaji yang relatif tinggi. Menurut Indeed.com, gaji rata-rata seorang data scientist adalah 121.583 dollar dan akan terus meningkat karena diperkirakan rekrutmen data scientist akan terus menanjak. Buktinya, menurut Quantum, pada tahun 2020 postingan terkait pekerjaan di bidang data science meningkat tiga kali lebih banyak dari tahun sebelumnya. Meningkatnya peluang karir sebagai data scientist menyebabkan persaingan antara pencari kerja di bidang data science semakin ketat, oleh karena itu kita membutuhkan nilai tambah dan kemampuan lebih agar dapat bersaing dengan kandidat-kandidat yang lain. Salah satu added value yang sangat diperhitungkan oleh recruiter saat mencari kandidat calon data scientist adalah kemampuan menggunakan tools data science, seperti python. Belajar python sendiri sebenarnya gampang-gampang susah, namun DQLab punya tips-tips jitu dalam belajar python untuk data science. Penasaran? Let"s get started!

1. Mulai dengan Belajar Dasar-Dasar Python

Sebenarnya tidak ada pakem-pakem khusus untuk belajar python. Namun, belajar akan lebih mudah jika dimulai dengan belajar dasar-dasarnya terlebih dahulu, bukan? Sama halnya dengan belajar python, karena tidak semua orang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman, maka akan lebih mudah jika kita mempelajari dasar-dasar python terlebih dahulu. Salah satu tools penting yang harus kita mulai gunakan di awal pembelajaran adalah Jupyter Notebook. Tools ini sudah dikemas dengan packages-packages pada python sehingga kita akan lebih mudah mempelajarinya. 

Sebagai seorang begginer, tidak ada salahnya jika kita banyak bertanya kepada seseorang yang lebih berpengalaman, sesuai pepatah "malu bertanya sesat di jalan". Salah satu cara agar dapat sharing dan bertanya mengenai data science dan python adalah bergabung dengan komunitas. Selain mendapatkan insight dari senior dan bertemu "teman seperjuangan", bergabung dengan komunitas juga dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Menurut Society for Human Resource Management, hampir 30% karyawan berasal dari rekomendasi teman satu komunitas. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Belajar Mengerjakan Mini Project

Salah satu metode belajar yang efektif adalah metode learning by doing. Beberapa ide mini project yang dapat kamu terapkan adalah menganalisis belanja bulanan kamu di e-commerce. Project ini akan membantumu untuk mempraktekkan dasar-dasar python sekaligus memberi gambaran mengenai keuangan dan pengeluaran bulanan yang kamu habiskan. Dari analisis ini, kamu bisa memutuskan apakah kamu termasuk boros atau tidak. Dengan mengerjakan mini project, kamu akan lebih mudah mengenali bahasa pemrograman. Project seperti ini adalah standar untuk semua bahasa dan akan memperkuat pemahamanmu mengenai dasar-dasar python. 

Jika kamu sudah merasa memahami dasar-dasar python, kamu bisa mulai mencoba project menggunakan API dan memulai web scraping. Selain bermanfaat untuk menguatkan kemampuan bahasa pemrograman, project web scraping juga akan berguna untuk mengumpulkan data nantinya, khususnya data tidak terstruktur dari internet. Kamu bisa mulai dengan project web scraping pada akun sosial mediamu, seperti menganalisis kata apa saja yang sering kamu gunakan di twitter.

3. Mulai Bangun Portofolio

Bagi calon data scientist, portofolio is a must! Portofolio berisi project yang telah kamu selesaikan dan harus mencakup project dengan beberapa kumpulan data yang berbeda dan memberikan wawasan menarik kepada pembaca. Beberapa rekomendasi project yang bisa kamu terapkan pada portofolio-mu adalah project data cleaning. Project ini berisi data kotor atau data tidak terstruktur yang harus kamu bersihkan dan analisis. Project ini bisa menjadi nilai tambah saat kamu melamar pekerjaan karena sebagian besar data di dunia adalah data kotor dan tidak terstruktur. Dengan begitu, kamu bisa membuat recruiter terkesan.

Rekomendasi project selanjutnya adalah visualisasi data. Membuat visualisasi data yang menarik dan mudah dibaca merupakan sebuah tantangan, tetapi jika kamu berhasil membuat visualisasi data yang tepat, analisismu akan jauh lebih menarik. Grafik yang baik dan cantik akan membuat portofolio-mu lebih menonjol. Rekomendasi selanjutnya adalah project machine learning. Jika kamu bercita-cita menjadi data scientist, kamu sudah pasti harus memiliki portofolio project yang berhubungan dengan machine learning dengan berbagai tujuan yang berbeda. Tips untuk kamu yang ingin membangun portofolio machine learning adalah selesaikan project menggunakan algoritma-algoritma yang populer di dunia industri.

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Data Science dan Bangun Portofolio-mu Bersama DQLab!       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!