GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Kursus Teknik Belajar Data Science: Memahami Teknik Machine Learning Dalam Belajar Data Science

Kursus Teknik Belajar Data Science: Memahami Teknik Machine Learning Dalam Belajar Data Science

Belajar Data Science di Rumah 20-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/09e621a6ba3d4adef60e08311999a4c3_100_persen.png

Data science merupakan bidang ilmu yang terdiri dari gabungan ilmu matematika, statistik, dan komputer yang bertujuan mengolah data untuk memperoleh informasi yang berguna. Era kini juga disebut era big data. Hampir seluruh aktivitas kita lakukan sehari-hari melibatkan data seperti berbelanja, konsultasi dokter, dan sebagainya. Banyak perusahaan mulai melek data dan menerapkan data science sehingga data yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnisnya. Oleh sebab itu profesi sebagai praktisi data menjadi profesi yang paling banyak dicari saat ini. Banyak orang mulai mengikuti kursus teknik belajar data science.


Salah satu teknik yang dipelajari dalam kursus teknik belajar data science adalah machine learning. Teknik ini mulai banyak diterapkan di berbagai bidang karena memudahkan dalam mengolah data. DQLab menyediakan modul pembelajaran yang terstruktur untuk kamu yang ingin kursus teknik belajar data science. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas tentang kursus teknik belajar data science yaitu teknik machine learning. Yuk, simak dibawah ini.


1. Apa Itu Machine Learning?

Machine learning merupakan bagian atau cabang dari Artificial Intelligence (AI). Machine learning merupakan gabungan dari ilmu statistik, matematika, dan data mining yang dikembangkan untuk dapat belajar sendiri tanpa perlu diprogram ulang. Machine learning bekerja dengan algoritma yang dapat mempelajari data yang ada untuk menemukan pola dan menghasilkan prediksi dari kumpulan data tersebut. Terdapat empat teknik belajar machine learning yaitu supervised learning, unsupervised learning, semi-supervised learning, dan reinforcement learning. Beda teknik yang digunakan, berbeda pula cara kerja machine learning. Namun secara umum tahapan kerja machine learning adalah pengumpulan data, memilih data menjadi training test, validasi data, dan test data, menentukan model data yang sesuai, validasi model, dan test model. 

Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab

2. Bahasa Pemrograman Untuk Membangun Machine Learning

Bahasa pemrograman yang populer digunakan dalam membangun machine learning adalah R dan Python. Kedua bahasa pemrograman ini mudah dipelajari dan memiliki banyak library yang mendukung dalam mengembangkan machine learning. Selain itu banyak komunitas yang membahas tentang penggunaan Python atau R sehingga bisa lebih cepat belajar. Jika memerlukan referensi atau saat kesulitan saat mengerjakan project, kita juga dapat menemukannya dengan mudah di beberapa situs yang biasa digunakan untuk berbagi hasil code seperti Github. Dalam membangun machine learning, tidak menutup kemungkinan penggunaan bahasa pemrograman lainnya seperti C++ dan Javascript.


3. Pemanfaatan Machine Learning 

Machine learning dapat diimplementasikan di berbagai bidang industri dan pemerintahan. Dengan menerapkan machine learning akan memberikan dampak positif bagi penggunanya untuk terus mengembangkan teknologinya. Pekerjaan manusia juga menjadi terbantu dengan adanya machine learning. Tidak bisa dipungkiri seringkali terjadi kesalahan saat bekerja seperti mengecek data atau memfilter data yang lengkap. Dengan machine learning pekerjaan tersebut akan lebih cepat selesai. Selain itu karena machine learning dapat memprediksi masa yang akan datang berdasarkan data, hal ini sangat menguntungkan bagi penggunanya misalnya untuk bisnis dalam menentukan strategi marketing kedepannya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Bagi perusahaan penyedia layanan,machine learning juga bermanfaat untuk perusahaan meningkatkan pelayanannya dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggannya. 

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!