PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 4 Menit 42 Detik

Langkah Mudah Chat GPT untuk Membuat Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 03-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2023-10-03-175057_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi salah satu basic tools yang saat ini menjadi sebuah standar dalam mengolah data di dunia industri saat ini. Tetapi masih ada banyak orang yang tidak ahli menggunakan excel dengan ribuan fitur dan juga formulanya.


Nah, sekarang sudah tidak menjadi masalah kembali karena saat ini teknologi human assistant atau Artificial Intelligence sudah berkembang dan menjadi pembantu pekerjaan manusia, seperti membuat rumus untuk excel


Ketika menuliskan rumus excel sudah tidaklah sulit, karena kita bisa menggunakan teknologi tersebut. Teknologi ini dikenal dengan ChatGPT, chat bot ini diperkenalkan oleh perusahaan AI yaitu OpenAI.


Dengan teknologi ini, kita bisa mencari informasi-informasi dan juga bisa menuliskan rumus excel. Nah, pada artikel kali ini, DQLab akan membahas cara menggunakan ChatGPT untuk menuliskan rumus excel yang kita butuhkan dan inginkan. Mari kita simak!


1. Siapkan Data Pada Excel

Kita dapat mengambil contoh jumlah pengeluaran dalam empat bulan terakhir. Untuk datanya berisikan empat bulan terakhir dengan index minggu pertama sampai minggu keempat. Dengan menggunakan rumus Excel kita bisa menghitung jumlah pengeluaran dalam satu bulan. Untuk contoh datanya adalah seperti berikut ini.


Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


2. Memasukkan Pertanyaan pada ChatGPT

Selanjutnya, kita perlu membuka website dari ChatGPT ini yaitu https://chat.openai.com/ . Jika kalian belum mempunyai akun, kalian bisa mendaftarkan akun kalian terlebih dahulu, Jika kalian sudah memiliki akun, kalian bisa langsung masuk dan akan langsung melihat screen new chat pada website ChatGPT ini.


Pada new screen chat, kalian bisa mengetik pada kolom send message pada bagian bawah. Untuk contoh kali ini kita akan mencari jumlah atau total pengeluaran dalam satu bulan. Kalian bisa ketikkan “rumus penjumlahan dalam excel untuk B3 sampai E3”. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh di bawah ini!


Excel


3. Memasukkan Rumus ke Excel

Setelah kalian mendapatkan jawabannya, kalian bisa langsung memasukkan rumus tersebut ke dalam excel kalian. 

Excel


Pada excelnya seperti berikut ini:

Excel


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Mengisi Semua Kolom

Untuk langkah terakhir adalah kalian bisa mengisikan nilai pada kolom F. Caranya adalah kalian bisa mengcopy formula sebelumnya, lalu rubah cell mana yang ingin kalian jumlahkan, lalu nanti akan muncul hasil penjumlahan dari cell lainnya.


Untuk hasilnya seperti berikut ini:

Excel 


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Data Analyst with Excel!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login