PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 11 Menit 11 Detik 

Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 13-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ad30bcf92606d4da2b9761a64637277e_x_Thumbnail800.jpeg

Era digitalisasi bisnis atau transformasi digital seperti saat ini, jumlah data yang perusahaan miliki akan semakin meningkat dalam skala besar (big data). Keberadaan big data ini yang kemudian membutuhkan machine learning dan artificial intelligence untuk meningkatkan value dari perusahaan/organisasi. Keduanya memegang peran penting dalam proses data management maupun data analytics yang menjadi pilar penting bagi pertumbuhan bisnis


Machine learning dan artificial intelligence adalah istilah yang sangat populer di dunia teknologi. Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian. Sehingga tidak jarang machine learning dan artificial intelligence dianggap sesuatu yang serupa. Meskipun tidak dapat dipungkiri machine learning dan artificial intelligence merupakan 2 hal yang saling berhubungan.


Lalu apa perbedaan antara machine learning dan artificial intelligence? Simak artikel ini hingga selesai ya.


1. Definisi Artificial Intelligence

Machine Learning

Photo by Arseny Togulev on Unsplash


Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Menurut John McCarthy, 1956, artificial Intelligence : untuk mengetahui dan memodelkan proses–proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. Cerdas, berarti memiliki pengetahuan ditambah pengalaman, penalaran (bagaimana membuat keputusan dan mengambil tindakan), moral yang baik. 


Implementasi  AI  dalam  berbagai  sektor  kehidupan memberikan  dampak  yang positif,  AI  mampu  menjawab  berbagai  masalah kondisi terkini  namun  disisi  lain  AI  juga  merupakan  ancaman  bagi  sumber  daya  manusia karena  banyak  pekerjaan  manusia  perlahan-lahan  mulai  digantikan  AI.  


Di Masa  depan perkembangan AI akan semakin super canggih oleh karena itu  masyarakat harus terus mengupgrade dirinya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang teknologi  serta  mengcreate  dirinya  sekreatif  mungkin sehingga  sulit  digantikan  AI. Pada  hakikatnya  AI  memang  bisa  menggantikan  beberapa  pekerjaan  manusia  namun AI  tidak  akan  pernah  bisa  menggantikan  sisi  emosional  manusia.


2. Definisi Machine Learning

Photo by Scott Graham on Unsplash


Machine Learning adalah ilmu dari Artificial Intelligence yang akan membuat komputer memiliki kemampuan untuk belajar tanpa perlu diprogram lagi. Machine learning menggunakan algoritma yang akan membuat komputer untuk belajar dan melakukan tugasnya tanpa harus adanya instruksi dari pengguna. Bidang machine learning berkaitan dengan pertanyaan tentang bagaimana membangun program komputer agar meningkat secara otomatis dengan berdasar dari pengalaman. 


Telah banyak  penelitian mengenai aplikasi machine learning   untuk    memecahkan    berbagai permasalahan     diantaranya     dalam     bisnis     untuk memprediksi   kebangkrutan   yang   tujuannya   untuk menilai  tingkat  risiko  dan  kegagalan,  selain  itu  dalam dunia  digital  yang  membuat  sistem  komputer  seperti hidup, dapat berpikir dan memiliki intelegensi. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning


3. Tipe Artificial Intelligence

Machine Learning

Photo by Ali Shah Lakhani on Unsplash

Tipe-tipe Artificial Intelligence saat ini terbagi menjadi beberapa jenis sesuai penerapannya di bidang ilmu teknologi. Diantaranya:

  • Machine learning, pada dasarnya machine learning adalah salah satu tipe dari artificial intelligence. Seperti yang dikemukakan di atas, machine learning menggunakan algoritma yang akan membuat komputer untuk belajar dan melakukan tugasnya tanpa harus adanya instruksi dari pengguna

  • Natural Language Processing (NLP). NLP adalah disiplin ilmu komputer yang bertujuan untuk memahami konsep dan maksud dari bahasa manusia. Tahapan Natural Language Processing dilakukan dengan tiga tahapan. Tahap tokenizing digunakan untuk pemecahan kalimat menjadi kumpulan kata. Filtering untuk menghapus kata depan dan kata sambung dari kumpulan kata yang masuk. Sedangkan stemming digunakan menghapus imbuhan. Sedangkan analyzing digunakan untuk analisa tingkat keterhubungan antar kata untuk memahami kumpulan kata yang dimaksud. 

  • Computer Vision adalah sebuah kemampuan sebuah aplikasi agar mampu melihat sebuah object merubahnya dalam format digital dan menampilkannya dalam bentuk visual. visual komputer bisa melakukan beberapa pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia:  

  • komputer mampu melihat data dalam bentuk pixel bahkan dalam warna yang berbeda. 

  • komputer mampu membandingkan dua object gambar yang sama persis.  

  • komputer mampu melihat sebuah object data selama berjam-jam bahkan berhari –hari. Vision itu sendiri adalah suatu proses evaluasi sebuah data yang bersumber dari image umumnya camera, dengan teknik ekstraksi menggunakan algoritma tertentu


4. Tipe Machine Learning

    Machine Learning

    Photo by Arif Riyanto on Unsplash

    Machine learning dalam pengembangannya ada tiga hal kategori utama di dalamnya, yaitu:

    • Reinforcement Learning

    Reinforcement learning merupakan pembelajaran terhadap aksi yang dilakukan untuk memperoleh reward yang maksimal.Dalam proses pembelajarannya tidak akan diberitahu aksi mana yang diambil, tetapi lebih pada menemukan aksi yang dapat memberikan reward maksimal dengan cara menjalankan aksi-aksi tersebut

    • Supervised Learning

    Supervised learning merupakan data yang ada pada machine learning dilengkapi dengan kelas/label yang menunjukkan klasifikasi dari data tersebut. Dalam kategori ini model yang dihasilkan adalah model prediksi dari data yang telah diberi kelas/label.

    • Unsupervised learning

    Unsupervised learning ini merupakan kebalikan dari supervised learning, dimana data yang dimiliki tidak dilengkapi dengan kelas/label.


    Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


    5. Belajar Lebih Lanjut Artificial Intelligence dan Machine Learning

    Photo by Possessed Photography on Unsplash

    Kinerja artificial intelligence dan machine learning yang canggih pada perkembangannya bisa diaplikasikan di berbagai bidang, termasuk bisnis. Kehadiran machine learning memberikan dampak signifikan pada dunia bisnis. Tentu menjadi spesial jika sahabat DQ mampu mengimplementasikan kedua teknologi di dunia kerja. Kemampuan artificial intelligence dan machine learning juga bisa menjadi sahabat DQ untuk berkarir di bidang data science.


    Sahabat DQ bisa memulai atau menambah ilmu data science melalui DQLab. Beberapa modul bertema machine learning di DQLab diantaranya:

    • Machine Learning With Python for Beginner

    • Basic Feature Discovering for Machine Learning

    • Customer Churn Prediction using Machine Learning


    Bagi sahabat DQ yang belum memiliki pengetahuan data science atau machine learning, atau berasal dari background non IT, tenang saja. Karena DQLab punya modul gratis yang bisa kamu coba loh seperti Introduction R dan Python.


    Tunggu apa lagi? Yuk, Sign Up di DQLab.id sekarang!


    Penulis: Ashari Ramadhan






    Mulai Belajar
    Data Science Sekarang
    Bersama DQLab

    Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
    Kecilmu Mengenal Data Science.

    Buat Akun Gratis Dengan :

    https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

    https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

    Atau Buat Dengan :