PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 27 Menit 7 Detik 

Langkah Mudah Membuat Grafik Excel Dengan Berbagai Variabel

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b98607ebc8b05e232ba21e53ba946f46_x_Thumbnail800.png

Membuat Grafik adalah salah satu fungsi Excel sebagai aplikasi untuk mengolah data. Pada umumnya, software ini bisa membantu kamu untuk dari mulai mengolah data yang menggunakan perhitungan dasar hingga penggunaan fungsi yang lebih kompleks. Berbagai fungsi bisa sahabat data dapatkan melalui software ini, termasuk membuat grafik dengan berbagai variabel. Ada banyak jenis grafik yang bisa kamu gunakan pada Excel dan membuat tampilan grafik milikmu menjadi lebih menarik.


Bagi sahabat data yang baru ingin mulai belajar membuat grafik Excel dengan berbagai variabel, DQLab akan membantuk memberikan gambaran umum hingga langkah membuatnya. Yuk, belajar buat grafik bareng DQLab!


1. Tujuan Pembuatan Grafik

Grafik memiliki fungsi yang beragam seperti menjabarkan data yang ada pada suatu tabel sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan analisa. Tujuan utama pembuatan grafik adalah membuat data-data yang berupa angka menjadi gambaran dengan bentuk yang lebih sederhana, namun tetap detail, singkat dan jelas. Melalui grafik, sahabat data juga bisa menerangkan atau mengamati perkembangan, melakukan perbandingan atau peristiwa sebuah objek yang saling berkaitan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Komponen Penting Grafik Excel

Dalam menjalankan fungsinya, Excel memiliki jenis grafik yang berbeda-beda. Penggunaan grafik dapat dilakukan secara efektif apabila sahabat data paham mengenai jenis grafik yang tepat untuk digunakan. Ada beberapa grafik yang sering digunakan pada Excel, yaitu Bar Chart, Column, Line and Area Chart, Pie Chart, Scatter dan sebagainya. Beberapa komponen dalam grafik Excel yang harus kalian pahami adalah sebagai berikut :


  • Chart Title atau yang biasa disebut sebagai judul pada grafik yang ingin digambarkan.

  • Vertical Axis atau yang biasa disebut sebagai sumbu y (vertikal) dari grafik. Sumbu ini akan membantumu dalam mengukur nilai dari kolom.

  • Horizontal Axis atau yang biasa disebut sebagai sumbu x (horizontal) dari grafik. Sumbu ini berguna untuk melakukan identifikasi kategori pada grafik.

  • Data Series, terdiri dari titik-titik data yang terkait pada grafik.

  • Legend, komponen yang melakukan identifikasi pada setiap serial data yang mewakili warna masing-masing grafik.


3. Cara Membuat Grafik Excel Dengan Beberapa Variabel

Pada artikel kali ini, sahabat data akan diberikan langkah-langkah untuk membuat grafik Excel yang terdiri dari beberapa variabel. Yuk, langsung simak contoh dibawah ini!


Tabel diatas berisikan data yang membandingkan pendapatan perkapita dan pertumbuhan ekonomi dengan rentang waktu yang sama yaitu selama setahun. Dari kedua data yang berbeda diatas, kita akan membuat grafik yang berbentuk garis atau Line Chart. Langkah-langkahnya adalah :



  1. Blok semua data yang ingin divisualisasikan. Pada contoh diatas, kita akan melakukan blok dari sel A1 sampai C13.



  1. Setelah itu, silahkan membuat grafik Chart Line yang memiliki fungsi sebagai perbandingan data antara pendapatan perkapita dan pertumbuhan ekonomi. Langkahnya adalah klik INSERT > klik gambar Line Chart > silahkan pilih salah satu model dari Line Chart tersebut



  1. Gambar diatas merupakan hasil dari grafik garis atau Chart Line


Bagaimana sahabat data? Ternyata, membuat grafik Excel dengan beberapa variabel akan terasa lebih mudah jika kita sudah mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam membuatnya.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Alasan Mengapa Kamu Wajib Menguasai Cara Pembuatan Grafik Excel!

Menguasai cara membuat grafik di Excel akan membantumu dalam berbagai proses pengolahan data. Banyak praktisi data yang telah mengungkapkan bahwa menguasai Excel sudah menjadi syarat mutlak untuk berkarir di industri data. Membuat Grafik pada Excel merupakan hal dasar yang wajib kamu pelajari setelah rumus dan pembuatan tabel. Selain itu, kamu bisa membuat hasil olahan data milikmu tersebut menjadi lebih berwarna dan menarik


Yuk, sahabat data coba untuk membuat grafik di Excel.Pasti akan menemukan alasan-alasan pentingnya menguasai cara pembuatan grafik tersebut!


5. Belajar Visualisasi Data Dengan Excel Bersama DQLab!

Skill visualisasi data perlu banget loh kamu kuasai, apalagi jika tertarik menggeluti karir pada profesi Data Analyst, Data Engineer dan Data Scientist. Sebagai salah satu pondasi dari praktisi data, menguasai Excel juga akan membantu kamu untuk terbiasa dalam menghasilkan informasi yang berasal dari data mentah.

Bagu sahabat data yang baru akan mulai belajar Excel, tidak perlu takut dan khawatir! Kamu bisa belajar bersama DQLab. Cobain basic test nya dulu aja, terus lanjutin deh proses belajarmu dengan modul platinum yang ada!


Selain itu, ada mini quiz yang bisa kamu kerjakan secara gratis dengan cara sign up di DQLab.id! Yuk, belajar Excel secara fun, praktis dan aplikatif bersama DQLab!

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :