3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 13 Menit 40 Detik

Langsung Paham, Berikut Pelatihan Pivot Table Excel

Belajar Data Science di Rumah 04-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-2023-12-04-164138_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi tool dasar yang banyak digunakan di berbagai industri. Sehingga tidak heran jika apapun posisi atau pekerjaannya, kemampuan menggunakan Excel adalah skill dasar yang harus dimiliki karyawan. Begitu juga bagi para data analyst entry level. Penggunaan tools ini akan memudahkan kalian untuk melakukan proses analisis dan membuat laporan yang akurat.


Salah satu fungsi pada Excel yang perlu dikuasai ketika membuat laporan analisis data adalah pivot table. Secara umum, fungsi ini akan mempercepat pembuatan ringkasan terkait informasi data yang ada dalam dataset yang justru memakan waktu jika dilakukan dengan rumus dasar.


Penasaran bagaimana cara membuat pivot table? Pelajari selengkapnya di sini!


1. Apa itu Pivot Table?

Excel

Pivot table di Excel adalah tool analisis yang memudahkan kalian untuk menyusun dan merangkum data dengan cepat dan efisien. Dengan ini, kalian dapat dengan mudah mengatur dan menyajikan informasi, melakukan perbandingan, serta mengidentifikasi pola dan tren dalam data.


Proses pembuatan Pivot table melibatkan pemilihan kolom data yang ingin diolah, kemudian menentukan bagaimana data tersebut akan dikelompokkan, disusun, dan dihitung. Selain itu, Pivot table juga dapat diubah dengan mudah, memungkinkan proses analisis yang dinamis terhadap dataset yang besar.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pentingnya Memahami Pivot Table

Pivot table memungkinkan kalian untuk menyusun data dengan cepat dan efisien, membuat tampilan yang terstruktur dan mudah dipahami. Jadi, kalian bisa mengidentifikasi pola, tren, dan perbandingan dalam data tanpa harus membuat rumus-rumus rumit secara manual.


Pivot table juga memberikan fleksibilitas dalam mengubah tampilan data dengan mudah. Kalian dapat mengganti kolom, baris, atau nilai yang dihitung dengan cepat untuk mendapatkan perspektif yang berbeda, tanpa harus mengedit data mentah.


Dengan pivot table, kalian dapat membuat ringkasan data yang jelas dan terstruktur. Tentu akan lebih memudahkan kalian untuk mencari insight langsung dari data yang mungkin awalnya rumit atau tidak teratur. Jika ada update dari dataset, pivot table dapat diperbarui dengan cepat dan otomatis menyesuaikan perubahan tersebut. Hal ini memungkinkan analisis yang dinamis dan responsif terhadap perubahan data.


Menguasai pivot table akan membuat proses analisis data lebih efektif, menghemat waktu, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan insight yang diperoleh dari data. Oleh karena itu, pemahaman ini menjadi keterampilan kunci untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pengolahan data.


3. Cara Membuat Pivot Table

Misalkan kalian bekerja di perusahaan perhotelan dan memiliki ribuan baris data reservasi seperti berikut ini.

Excel

Selanjutnya, kalian diminta untuk menghitung total penjualan dari masing-masing tipe kamar dan kelasnya. Tentu proses ini akan cukup lama jika dilakukan menggunakan rumus dasar. Nah, kalian bisa menggunakan pivot table. 


Pertama, klik salah satu sel atau range data yang akan kita buat pivot table. Kemudian pilih insert → Pivot table. Sehingga muncul kotak dialog berikut.

Excel


Selanjutnya pilih range data yang akan kita buat sebagai sumber data pivot table. Supaya memudahkan analisis data, pilih New Worksheet. Kemudian klik OK. Maka akan muncul halaman pivot table seperti berikut.

Excel


Kalian cukup drag nilai-nilai yang bersesuaian dengan kebutuhan. Sebagai contoh, table yang ingin dihasilkan akan dibagi menjadi beberapa baris yang dikelompokkan terhadap tipe kamar. Sedangkan secara kolom dikelompokkan berdasarkan kelas kamar. Nilai yang akan dihitung adalah total penjualan, artinya tarif yang harus dibayar oleh penginap. 

Excel

Jika kalian drag nilai-nilai tersebut dengan benar, akan diperoleh tampilan seperti berikut ini:

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


4. Pelajari Lebih Lanjut di DQLab!

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara membuat pivot table dan bahkan cara update table tersebut ketika ada data baru? Pelajari selengkapnya di DQLab! Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri.


Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :