SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 31 Menit 2 Detik

Lengkapi Skill Datamu dengan SQL Join Table

Belajar Data Science di Rumah 28-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-06-2024-05-28-212319_x_Thumbnail800.jpg

Skill paling utama dari seorang praktisi data adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini ada beragam jenisnya, salah satu jenis bahasa pemrograman yang bisa mengelola database, membuat database, dan mengubah database adalah SQL. SQL atau Structured Query Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses dan melakukan manajemen database relasional. 


Database relasional ini adalah kumpulan item data yang sudah ditentukan hubungannya yang kemudian bisa disusun kembali menjadi sebuah tabel baru yang berisikan kolom dan baris. Pada umumnya, database ini memiliki banyak sekali tabel dan kolom, nah untuk memperoleh data yang hanya dipilih sesuai dengan kebutuhan para praktisi data ini memakai fungsi SQL yang bernama fungsi JOIN. Sebenarnya apa itu SQL JOIN? Dan bagaimana cara menggunakan SQL JOIN ini? Mari kita lihat pembahasan berikut ini!


1. Apa itu Fungsi JOIN Table?

SQL memiliki banyak sekali perintah dan fungsi yang memiliki kegunaan untuk memanajemen data sampai dengan menganalisisnya. Pada umumnya analisis data menggunakan banyak sekali data sehingga harus mengambil beberapa data dari sekian banyak tabel yang memiliki keterkaitan.


Salah satu perintah SQL yang dapat melakukan hal tersebut adalah SQL JOIN. SQL JOIN adalah sebuah fungsi yang sudah disediakan oleh SQL yang digunakan untuk menggabungkan tabel melalui kolom tertentu yang memiliki keterkaitan untuk bisa memperoleh sebuah set data dengan informasi yang lengkap.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. SQL INNER JOIN

Dalam SQL JOIN Table ini memiliki beberapa macam perintah, yang pertama adalah INNER JOIN. INNER JOIN adalah salah satu perintah JOIN yang memiliki fungsi untuk menampilkan dua buah tabel atau lebih yang memiliki nilai sama. INNER JOIN ini akan membandingkan record yang ada di setiap tabelnya apakah nilainya sama atau tidak. Jika sama, nantinya akan terbentuk sebuah tabel baru yang akan menampilkan nilai tersebut. Untuk sintaksnya seperti berikut ini:


SELECT Customers.customer_id, Orders.item
FROM Customers
INNER JOIN Orders
ON Customers.customer_id = Orders.customer_id;


SQL



3. SQL LEFT JOIN

Perintah JOIN lainnya adalah LEFT JOIN. LEFT JOIN adalah perintah JOIN yang memiliki fungsi untuk menampilkan keseluruhan data yang ada pada tabel database sebelah kiri dan tabel database sebelah kanan yang sudah memenuhi kondisi JOIN. Jika ada data yang pada tabel kiri tidak memiliki nilai yang sama, maka pada tabel kanan akan menampilkan nilai NULL. Untuk sintaksnya sendiri seperti di bawah ini.


SELECT Customers.customer_id, Customers.first_name, Orders.item
FROM Customers
LEFT JOIN Orders
ON Customers.customer_id = Orders.customer_id;


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. RIGHT JOIN

Perintah dari JOIN Table selanjutnya adalah RIGHT JOIN. Untuk konsep dari perintah RIGHT JOIN ini mirip dengan LEFT JOIN, perbedaan kedua perintah ini adalah tabel yang akan ditampilkan. Jadi, tabel yang akan ditampilkan adalah tabel yang ada di sebelah kanan.


RIGHT JOIN adalah perintah JOIN yang memiliki fungsi untuk menampilkan seluruh data pada tabel sebelah kanan dan tabel sebelah kiri yang sudah memenuhi kondisi JOIN. Ketika terdapat sebuah data yang ada di tabel sebelah kiri yang tidak memiliki nilai yang sama, maka pada tabel kiri akan ditampilkan nilai NULL. Untuk sintaksnya seperti berikut ini.


SELECT Customers.customer_id, Customers.first_name, Orders.item
FROM Customers
Right JOIN Orders
ON Customers.customer_id = Orders.customer_id;


SQL


Belajar SQL (Structured Query Language) adalah langkah penting bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia data dan teknologi. SQL adalah bahasa standar untuk mengelola dan memanipulasi database, dan menjadi keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan di banyak industri.


Menguasai SQL memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai tugas penting, seperti mengambil data spesifik dari database, memperbarui dan menghapus data, serta membuat dan mengelola tabel dan database itu sendiri. Ini berarti Anda dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan untuk analisis bisnis, laporan, atau pengambilan keputusan strategis.


Tidak hanya itu, kemampuan SQL juga sangat dihargai oleh para pemberi kerja. Banyak posisi pekerjaan di bidang data analysis, data science, dan pengembangan perangkat lunak yang mensyaratkan atau mengutamakan keterampilan SQL. Belajar SQL juga relatif mudah dan cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Banyak sumber belajar online yang tersedia, dari tutorial gratis hingga kursus bersertifikat.


Jadi, mulailah belajar SQL sekarang dan tingkatkan nilai profesional Anda. Dengan SQL, Anda membuka pintu menuju berbagai peluang karir yang menjanjikan di era digital ini. Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login